one day trip to Baubau, Southeast Celebes, Indonesia

Ceritanya.... saya dan teman-teman sudah berniat akan turun ke kota Bau-Bau pada malam Natal, alesannya klise pengen jalan-jalan! hahahahaha kebetulan saya dan sebagian teman-teman ini merupakan pindahan dari salah satu lokasi tambang di Lombok...(nih geologist kayak Tentara juga lama lama, dilempar kesana kemari). yep! We should explore our new town... :)

Ramean lah kita brangkat dari camp yang ada di tengah hutan Sorawolio, lewatin jalan hauling (tambang), sedikit becek, ujan pula (kesian temen-temen yang dibelakang/dibak, pada basah kuyupppp). Jarak tempuh dari camp ke Bau-bau sih kalo normal cuman 1 jam  tapi mengingat banyak muatan di bak belakang si driver agak agak kalem bawa mobilnya...wkwkwk dan temen yang mo Kebaktian di malam natal udah gelisah gundah gulana takut telat.

Malam Natal kali ini kita cuman nongkrong di Kamali (sambil nunggu yang Kebaktian kelar), mimik Saraba + pisang dikasi sambel dabu-dabu (ga ada yg bawa kamera,, jadi tetoooot deh foto2annya), trus pulang ke Mess dan susun rencana buat besok!

25 Desember 2012
Kita start jalan jam 11.00 WITA, nunggu yang Kebaktian Natal pulang dari gereja dulu and the journey begin... *Thx God, di mess ada 2 mobil jadi cukup deh buat kita yang totalnya ada 10 orang.. tanpa ada yg harus nongkrng di bak belakang (gini deeeh mobil tambang 4WD semuaaa)

Tujuan pertama kita adalah Keraton Bau-Bau, ya udahlah yaaa dia jadi icon maskot Bau-bau, jadi kudu didatengin... dan lagi pula ni keraton dikelilingin Benteng terluas di dunia (kata-kata di plangnya gitu ;p).


  Benteng Wolio, Baubau


Benteng Wolio panjang kelilingnya aja 3 km dengan tinggi benteng rata-rata 4 m, dengan luas 401.991 meter persegi (sumber; Kompas), disusun dari batugamping dan agar-agar + putih telur sebagi perekatnya (yep! ga pake semen meeen! dan masih kokoh). di dalam area benteng ini, masi terdapat beberapa situs peninggalan Keraton Buton, seperti Mesjid, Makam para Raja, tempat tinggal keturunan Keraton, bombastisnya sih ada jangkar gede bangeeet cyiinn,,,


komplek makam Raja Buton


puas narsis-narsisan di spot ini, kita lanjut ke area Mesjid di dalem Keraton, di dalem sini ada tiang Bendera yg terbuat dari kayu jati dengan tinggi 21 m , disebut juga 'Kasulaana Tombi" ( Tiang Bendera), trus jangkar jyang gede gilaaak (kebayang kapalnya segede apa), terus ada "Batu Popaua" yaitu batu tempat pengambilan sumpah Jabatan Sultan Buton, Beruga (semacam gazeeboo untuk rapat) dan Mesjid Tua, di mesjid ini terdapat gua yang terletak di belakang mimbar tepat pada posisi diujung kepala imam klo posisi sujud, gua ini sudah diperkecil ukurannya. Konon katanya, dari gua ini terdengar suara azan, ada juga yang bilang dari gua ini bisa berkomunikasi sama orang orang yang sudah meninggal (brasa Ruang Misteri di Kantor Kementrian Sihir di film Harry Potter).

Kasulaana Tombi" ( Tiang Bendera)

Masjid Agung Keraton (Masigi Ogena)


suasana dalem Masjid Agung Keraton (Masigi Ogena)


"Meriam"


 "Jangkarnya gede yah maaak ..."

okeh sip... kita lanjut ke lokasi kedua, ke Nirwana, perjalanan dari Keraton Buton ke Pantai Nirwana, butuh 30-45 menit menuju lokasi ini. Bayar tiket Rp.5000 saja per mobilnya. Pas kita dateng cuaca lagi ga mendukung, hujan plus aer pantainya pasang tapi teteeeeeuuppp aernya bergradasi. Ajaibnya walaupun hujan.. banyak juga yang lagi piknik disini, pada bawa peralatan dan bahan bahan barbeque_an rame juga yang berenang. Kalau dalam keadaan cerah ceriaaaa, pantai ini bakal nunjukin gradasi warna dari putih ke biru yang cukup bagus (next time yeeeh ane post fotonya). Pokoknya Pantai Nirwana pantai yang bertemakan "family" ini, pasir bagus, ombak bersahabat, dan disepanjang pantai banyak bale-bale yang bisa kita sewa untuk nongkrong, setiap bale-bale dikenakan biaya Rp.10.000 - Rp.20.000. Biasanya sih baik kaum muda mudi maupun rombongan keluarga yang datang ke tempat ini udah bawa perbekalan dari rumah, jadi nyampe di Pantai Nirwana langsung pasang aksi bakar bakaran ( disediain alat pemanggang ikan, bisa juga beli on the spot ikannya).


Pantai Nirwana kondisi mendung



Nah! spot ketiga ini nih.... bener bener lokasi yang sama-sama baru kita datengin, Goa Lakasa, saya lah pencetus kalo kita kudu ke lokasi ini setelah baca-baca blog sana sini (hahahha bangga!). Lokasi Goa Lakasa tidak terlalu jauh dari Pantai Nirwana, ada papan petunjuk di sisi kiri jalan (jika dari kota) bertuliskan "GOA LAKASA 600m). Well, dinamakan Goa Lakasa soalnya si penemu goa ini namanya La Kasa (La merupakan nama yang disematkan pada laki-laki Buton) dan beruntungnya saya berkesempatan bertemu dengan Pak La Kasa.

 
niiih yang namanya Pak La Kasa :) 

Jadi ceritanya Pa La Kasa  ini lagi nyari-nyari batu buat pondasi nah pas lagi asik asik nyari ketemu  lobang (yang sekarang jadi pintu masuk Goa Lakasa) trus beliau susurin deh ni Goa (emag niat nih bapak atu) sampeeee diujung Goa beliau nemuin mata air yang jernih banget. Yep! cerita dari mulut ke mulut bikin Goa ini makin iyeh dan kece, mulailah banyak orang berdatangan. Untuk masuk ke Gua ini dikenakan biaya Rp.5000 per orangnya dan akan dipinjamkan headlamp dan senter seadanya ajah. Bagi yang pengen safety trip, disarankan banget pake sepatu, bawa helm dan senter. Sebenernya ada sih penerangan sepanjang goa ini tapi apa daya pas kita dateng gensetnya rusak, jadi deh kita pake senter, headlamp, temen -temen lain malah ada yang pake senter dari korek api (yasalam) dan hapae yang ada senternya hehehe. Oh iya waktu itu kebetulan cuman kita doang....ihiiwww, brasa deh private trip! 


mulut goa lakasa, eksis dulu doong,,,




 so.... lets the journey begin ^^.

butuh sekitar kurang lebih sejam buat nyusurin gua ini, medan yang licin, naik turun bebatuan yang  terjal dan penerangan yang seadanya cukup bikin seru, berhubung kita-kita pekerja lapangan semua jadi biasa aja sama adegan trekking beginian (maenan hari hari meeen *sombong), lama tidaknya perjalanan bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan faktor utama adalah sesi dokumentasi narsis2an, hahahahaha. Sepanjang gua dipenuhi stalaktit dan stalagmit, kudu ati-ati sama batu mana yang kudu kita jadiin pegangan, ga jarang bisa patah :( dan butuh berapa puluh tahun lagi buat tumbuh (tumbuh? well actually agak merasa bersalah kalo pake kata-kata "tumbuh" ini , jadi sifat dari Batugamping yang paling utama adalah solusional atau "larut" jika terkena air, makanya suka ada ada Gua ataupun celah celah pada gamping, ini terbentuk sebagai efek dari "kegiatan air" baik yang udah berlalu maupun yang masih berproses sampai sekarang, selama ada air mengalir pada stalaktit maka masih ada kemungkinan stalaktit tersebut akan bertambah panjang, tetesan tetesan air lah pelaku dari semua ini - hayaaaah). Kudu nurut nurut ama guide-nya juga yahhh... soalnya ada beberapa spot yang berbatasan langsung dengan jurang. Walaupun kegiatan trekking ini sempet di shock_an dengan jatuh, kebanting plus ngegelindingnya kamera salah satu temen kita (beware of your camera guys!) dan untungnya "cuman" UV_nya doang yang pecah selebihnya aman (horeeeh dokumentasi tetap berjalan), pengalaman ini bener bener seru!!!. Diujung perjalanan ini kami berhenti pada sumber mata air, airnya dingiinnnn bangeeet.... berhubung gelap kita belom ngeh sama warna airnya, pas udah kena jepretan kamera yang udah kebanting tadi... baru deh ngeh kalo airnya ijo ijo tosca, bagus kaaaakaaa !!. 




nunduk-nunduk dikit abis itu manjat2 trus turunan , fiuhhh deh




Stalaktit on the cave 

 
 akhirnyaaaa..... nyampe ke mata airnyaa!!!


spot kita yang keempat adalah Pasar Wameo, pasar ini semacam pasar Gede Bage lah kalo dibandung mah...eaaak, pusatnya baju-baju ato barang bekas di Baubau. Kalo mau murah dan stok barang banyak, kudu dateng hari minggu pagi, soalnya hari minggu barang-barang baru banget dateng dari kapal, katanya sih barang- barang disini kebanyakan dari Singapore dan Cina. Tips dari saya, cari yang obralan atau "cakar"  biasanya suka dihamparin gitu aja barang dagangannya dan kita bakal ngais-ngais (cakar) kayak ayam lagi nyari cacing di tanah. Barang - barang ala "cakar" ni harganya bisa banting banget... start from Rp. 1000,- sempet iseng liat gitu gitu ada juga yang merk Zara (huahahaha, Zara ciiinnnnnnn Zaraaaa serebuan aja, brasa beli cilok dah!). Ga ada sesi dokumentasi di spot ini soalnya pas gitu dateng kita langsung nyebar cari buruan masing masing hahahha....

Pas pulang kita ngelewatin icon_nya kota Bau-bau yang lain, yaitu Patung Naga di  Kamali. Kamali merupakan tempat kongkow masyarakat Bau-bau, banyak jajanan lokal disepanjang jalan. Dua tahun lalu waktu saya kesini sih kalo malem jadi pasar malem, tapi sekarang udah enggak dan diseberang kKmali mulai banyak hotel dan KFC (yep!! KFC baru ada taon 2011 lalu....). Patung yang ada di Kamali itu cuman kepala naganya doang, ekornya ada di Kantor Walikota yang lokasinya cukup jauh dari Kamali (4 km).




patung Kepala naga di Kamali


Yak... itulah trip saya dan teman - teman dalam mengisi liburan Natal, setelah dua jam istirahat di Mess Bau-Bau kami berangkat lagi menuju Sorawolio tempat dimana kami bekerja. Benar - benar liburan yang menyenangkan...

"the best thing as a geologist is you become a traveller too"



NB;
Anw this my very very first blog :) it takes 2 days to make it hahaha....
 









Comments

  1. haloooooooooo kak widya
    goodluck buat blognya. hihihi
    ga bilang2 deh ke Bau-bau :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh makasih Kaz....:)
      ini juga waktu itu antara iye dan ga iye perginya wakakakak

      Delete

Post a Comment

Popular Posts