Pantai Nirwana dan Air Terjun Tirta Rimba


Keliling Bau-Bau seharian pake ojeg why not!?  itulah yang saya lakuin selama ini dalam mengisi "jeda waktu" untuk menunggu jadwal penerbangan saya (biasanya saya transit di Bau-Bau selama sehari sebelum penerbangan saya). sepertinya memang hanya ojeglah yang cukup efisien untuk kemana- mana.

Perjalanan saya kali ini adalah ke Pantai Nirwana, Kamali dan air terjun Tirta Rimba, saya menggunakan ojeg yang merupakan kerabat dari ibu mess penjaga mess di perusahaan tempat saya bekerja (beliau sedikit khawatir kalo saya secara random milih ojeg). Jadilah saya dan si mang ojeg ini "kencan".

Tujuan pertama saya adalah Pantai Nirwana, pantai yang kata bos saya pantai buat haha hihi, buat keluarga, dan gitu-gitu doang (bos saya memiliki pekerjaan sampingan sebagai travelling journalist-dari beliau saya banyak mendapatkan info lokais lokasi menarik di Kep. Buton ini) cukup membuat perut saya jungkir balik waktu ngeliatnya(padahal masih jauh hahaha). Pasirnya putiiihhhhhh bangeeeeetttt, gradasi warna airnya juga ciamik....  bolak balik saya ecxited sendiri sampe si mang ojegnya ketawa ketawa liat tingkah saya.  Oh iya si mang ojeg saya ngelewatin jalur warga lokal, jadi agak ngelewatin jalan setapak dan sedikit menyusuri pantai yag menurut saya "hotspot buat orang pacaran" yahahahahaha! alasannya sih "kalo lewat pintu masuk yang satu lagi harus bayar mbak" (belakangan saya tau bayarnya per kendaraan cuman 5000 doang wew..)

 foto pake BB aja warnanya bagus begini



 sempet juga ngelewatin beberapa "goa" yang ada mata airnya. okay agak ilmiah dikit yaah... kalo bahasa geologinya siih itu "dolina" atau kolam pada batugamping, yep! batugamping memiliki sifat yang gampang larut jika ada kontak dengan air (secara terus menerus yah) makanya pasti ada lubang atau rongga pada batugamping makin lama makin gede,, jadilah "dolina" tersebut. . Gua yang saya lewatin adalah "Gua Moko", ada mata airnya juga sih,,, saya kira bakalan ada adegan caving gitu ternyata pemandangan gua_nya sebatas batu berongga yang memiliki mata air. airnya jernih lho.....
 

 "Goa Moko"


 Nyampe ke lokasi Pantai Nirwana, saya langsung speechless, dari jauh aja bagus, dideketin yha makin bagus dong, saya datang disaat matahari lagi terik-terinya, jadi makin bagus aja warna air lautnya, dan airnya lagi surut jadi antara lokasi tempat nonkrong rada jauh ke bibir pantainya.... tapi bikin jadi bagus keliatan area pasir putihnya yang owsom itu. Di lokasi ini (pusat kegiatan Pantai Nirwana) seperti biasa banyak warung berjejeran dan penjaja jagung rebus yang keliling nawarin dagangnya dan di sepanjang area ini ada gubug2 / berugak tempat para wisatawan duduk. 1 gubugnya dikenakan biaya Rp. 10.000- Rp. 20.000. Pantai ini bener bener tempat wisata/piknik keluarga, biasanya sih pada bawa bekel ato malah bahan mentah seperti ayam or ikan buat dibakar-bakar di lokasi (alat pembakaran sudah tersedia di setiap gubug_nya).

 "Pantai Nirwana"


 "great combination of colour"



ada juga yang lagi ambil ambil rumput laut di sini buat dijual, berhubung saya ga tau cara ngolahnya kalo bener-bener yang baru diambil dari laut jadi saya ga beli deh hahahaha.
 
 dua anak ini lagi bantuin bapaknya ambilin rumput laut dari jaring


Lokasi kedua yang saya datengin adalah 'Air Jatuh Tirta Rimba" , air jatuh tidak lain adalah air terjun, saya sih mikirnya "air jatuh" diambil dari arti per kata dar "water fall" (ya kali maaak...). Lokasi dari kota kira-kira 20 - 30 menit, dan sepanjang perjalanan kita bakalan lewatin pesisir dari pulau bau-bau yang keliatan banget di seberangnya ada pulau - pulau kecil seperti Pulau Makasar. Yep!! pulau makasar, pualu yang kecil ini bakal keliatan banget kalo dari Kamali dulu sih saya sempet bingung juga "bukannya Makassar, jauh yah dari sini?" tapi bos saya bilang Makasar yang ini 'S" nya satu bukan dua... hahaahaha..

Ga tau emang bayar atau emang lagi ga ada petugas, yang jelas saya dan teman kencan saya hari itu (mamang ojeg) lempeng-lempeng aja masuk sana :D. Kebetulan deh pas kesana lagi sepi, brasa deeeh aer terjun pribados. Kata mang ojeg sih,kalo lagi musim liburan banyak yang berenang...apalagi kalo pas musim ujan (aernya rada "banyak" dan "happening ;p . Temen saya pernah menceritakan "aibnya" kalo pas dateng aer terjun ini, aernya bener-bener kering kerontang :D :D :D

 
 " Air Terjun Tirta Rimba"



setelah dari lokasi ini saya sempatkan keliling sebentar ke Pasar Lailangi dan Kamali untuk membeli oleh-oleh hasil olahan kacang mete. Toko oleh-oleh yang cukup terkenal disini adalah "Sinar Kabaena" di pasar Lailangi dan "Bravo" persis di sebelah KFC Kamali.


every journey has their own story :)



Comments

Post a Comment

Popular Posts