Kunau alias Tuak




Saya tau, kalo TUAK itu dari tumbuhan yang ngehasilin buah yang happening pas bulan puasa yaitu kolang-kaling. Tapi untuk prosesnya sendiri saya belum pernah liat langsung, jadilah di suatu sore yang kurang kerjaan saya diajak teman dan beberapa crew drilling untuk “panen” kunau.  Masyarakat lokal (Kabupaten Bau-bau, Sultra) nyebut minuman ini adalah kunau, sesuai dengan nama pohonnya, kalo di Jawa kita sebutnya pohon aren yang bisa juga diolah jadi gula aren.


ini nih pohonnya



Menuju pohon Kunau ini agak blusuk blusuk dikit dan tersembunyi, soalnya kan ini dianggap minuman keras (kalo kebanyakaaaan).  Well, gitu nyampe di lokasi, crew saya udah dengan lincahnya manjat tu pohon, saya udah ada niat sih mo ikutan manjaat tapi keburu jiper liat pohonnya yang tinggi( ha!). Sempet liat kalo crew saya itu ambil satu jerigen dari pohon kunau itu. Jadi, ceritanya batang yang dianggap udah “ada airnya” di potong (lebih tepatnya disayat, arah sayatan katanya juga berpengaruh sama kuantitas air yang akan diambil) nah dari situ ditampung di bamboo dan dari bamboo dibikin saluran untuk disambung ke jerigen, lhaaa jerigen itulah yang lagi diambil kalo udah penuh. Oh iya disarankan sih pisaunya yang tajem banget pas nebas batang dari pohon kunau ini, jadi sekali tebas langsung putus batangnya dan hasil dari tebasannya tidak terlalu berserat ntar air kunaunya keluarnya banyak.

gini nih perjalanan menuju lokasinya


ini nih driller yang lincah abis manjatna




Setelah diambil jerigen yang penuh itu, nongkrong lah kita dideket-deket situ… yang ternyata udah ada lokasi kheseees mereka tiap ambil kunau, udah ada gelas segala (walopun ala kadarnya). Sambil cerita –cerita lah, produk-produk dari pohon kunau atau aren ini. Jadi, “air pertama” yaitu air yang pertama sekali keluar setelah batang pohon kunau disayat/ditebas, dan air ini manis banget! Kalo orang Bandung sih bilangnya “Lahang”  rasanya manis tapi kaya ada sensasi sodanya dikit. Kalo air selanjutnya udah banyak alkoholnya dan rasanya udah agak asem. Nah! Kadaaang… air kunau ini diolah lagi jadi arak, arak itu hasil dari sulingan kunau. Katanya arak ini lebih “jreeeng” di banding minuman branded luar… .
 
gini nih posisinya

ini nih hasilnya....           
 

                                                                                    

Sambil ngobrol -ngobrol ngalor ngidul, si crew ngajakin saya ke pohon satu lagi “sapa tau ada airnya, mbak” katanya. Jadilah saya ngintilin dia, pas nyampe di pohon yang dimaksud saya ga ragu-ragu buat naek (soalnya pohonnya pendek kyahahahahhaa). Setelah liat dari deket baru lah saya ngeh segala proses-proses air kunau ini (yihaaawwww). Sayangnya, di pohon ini keduluan ama temen-temen lain, keduluan udah diambil air kunaunya.

yang diatas itu batang yang udah ditebas, dimasukin ke bambu dari bambu ditampung di jerigen

ini adalah buah dari batang yang ditebas, sering diolah jadi kolang kaling
Masyarakat sini percaya kalo Kunau itu bisa buat nambah stamina ato penyakit ringan seperti pusing or pegel-pegel, tapi tetep yaaaah kalo kebanyakan bisa mabuk, heeeee....

               

Comments

Post a Comment

Popular Posts