Pulau Seram yang tak SERAM (goes to ORA BEACH)

Pertama kali tau Ora itu dari blogger kece superbadai Marischka Pruedence beberapa tahun lalu apalagi beberapa bloger ternama dan buzzer buzzer di dunia instagram heboh banget promoin hesteg Baronda Maluku, siapa yang ga ngilerrrrrr. Setelah taon lalu gue gagal ama temen temen kesini soalnya full trus nelepon Lisar Bahari (penginapan di Desa Sawai) juga full gue hopeless dan mengurungkan niat kesini.

BUT! Something happen this year hahahhaahaha… jadilah gue dapet dines ke dareah Maluku Tengah dan tentu saja niat busuk gue buat mlipir ke Ora Beach harus terlaksana ahahahahahaa.

So here is the story

Gue brangkat menuju Maluku Tengah start dari Ambon, naek kapal dari Pelabuhan Tulehu yang ditempuh kurang lebih 1 jam dari pusat kota Ambon, semua taksi (mobil avanza) pukul rata dari Ambon ke Pelabuhan dipatok Rp200.000. Jadwal Penyebrangan Pelabuhan Tulehu menuju Pelabuhan Amahai ( Maluku Tengah) hanya ada dua kali dalam sehari, yaitu pukul 8.00 WIT dan 15.00 WIT kecuali Jumat jadwal yang siang agak geser jadi jam 14.00 WIT.

loket dan penampakan kapal "torpedo"hahahaha

Gue berangkat pagi dan langsung beli tiket penyebrangan dengan tujuan Amahai sempet liat juga jadwal penyebrangan ke Banda Neira (duhhh pengen) ada dua tipe kelas di Kapal yaitu yang Ekonomi Rp.125.00 dan VIP Rp.250.000 yang VIP pastinya lebih nyaman dan lebih dingin ahahahahaha. Kapal yang kita naikin itu namanya “Cantika Torpedo” lama perjalanan dari Tulehu ke Amahai sekitar 3 jam. Di kapal suka ada yang jualan (sebelum kapal berangkat) jadi ga usah khawatir kalo belom sarapan, ada tukang nasi kuning keliling sliweran stiap saat di kapal.

suasana VIP (kiri) dan ekonomi (kanan)

nongkrong di dek

Nyampe di Pelabuhan Amahai bakalan riweuh dikerubutin sama tukang ojeg dan taxi hahahahaha… akhirnya kita random ambil taksi buat ke Kota Masohi harga dipatok rata permobil Rp.100.000 kita makan siang di kota Masohi di “Bambu Kuning” lanjut nego-nego buat rental mobil dengan tujuan Desa Saleman, setelah deal Rp.500.000 sekali jalan kita langsung lanjutin perjalanan. Oh iya gengs, kalo lo mo blanja blanja, ambil duit cash or camilan de el el lakukan semuanya di Kota Masohi soalnya perjalanan dari Masohi menuju Saleman kagak ada alfamart apalagi circle K hahahahahaha. Pemandangan sepanjang jalan ciamik, jaannya memang rada berliku kek kehidupan gitu... tapiiii percaya deh udaranya adem, apaagi masi asri gitu.

disuguhin beginian sepanjang jalan

driver kita mah pengertian dikasi tau spot foto uyeh hahahahaha....cucok!

Setelah bokong tepos 5 jam di mobil hahahaha nyampe juga di Saleman, desa yang ada di balik bukit ini… langsung deh kita nego buat sewa kapal menuju desa Sawai, BTW ORA Beach sih uah keliatan dari Desa Saleman berenang keknya nyampe hahahahaha *pret. Tarif kalo dari desa Saleman – Ora Beach PP harganya Rp.300.000, tapi berhubung kita mau ke desa Sawai dia tawarin paket sampe kita check out and dianterin lagi ke desa Saleman seharga Rp.600.000 (itu juga hasil memelas dari harga Rp.700.000 hahahahaha) jadilak kita deal ama Pak Ajo buat make kapalnya ampe besok soalnya besok kita udah cuss menuju Masohi T.T (singkat amattttt).

petunjuk menuju Desa Saleman dan Tugu Adat Saleman
(itu yang diatas bukan patung monyet, tapi Lusiala burung khas Desa Saleman)
gerbaaaang menuju ORA

Di Desa Sawai kita nginep di Penginapan Lisar Bahari dan kita satu satunya tamu pada hari itu mwahahahahaha brasa cottage pribadi gitu. Pas nyampe di Lisar Bahari kita disambut sama Mas Midun yang ramah banget trus nyediain snack sore gitu… fiuhhh enyaaak!. Penginapan Lisar Bahari ini ada 30 kamar dan tarifnya semua sama Rp.300.000 per kepala, yep! soalnya tarif segitu udah paket lengkap makan 3 kali sehari snack sore plus bikin kopi n teh sepuasnyaaaaaa…. MURAH KAN!!!

Suasana Lisar Bahari

Gue sempet2in liat liat Desa Sawai, jadi ceritanya disana ada kolam gedeeeee yang diapke sama penduduk buat mandi dan cucui baju, kocak deh pas sore sore liat ibu ibu sama anak anak rame rame mandi bareng di sumber mata air itu. Uyehnya lagi mereka bikin saluran gitu ditegel jadi brasa kolam renang hahahahahaha

swiming gaesssss...

kabut dari bukit yang berada di TN Manusela

halaman belakang

Mesjid dan Taman Kanal-kanak di Desa Sawai

bocah sawai ...

Belum ada listrik di Desa Sawai jadi penduduk setempat  pakai genset yang beroperasi dari jam 18.00 WIT sampai 00.00 WIT, kebayang kan ga ada listrik, sinyal empot-empotan… jadi tenaaaaaaaaaaaaaaang banget J. Persiapan aja bawa autan sama emergency light buat yang phobia gelap, sama bawa sarung soalnya angin lembah yang mulai kerasa jam 01.00 itu bener bener ga becanda hahahahahaha…. Gue ampe bobo pake mukena :D :D :D

porsi makan malamnya UWOW bangetttt,,,,,,,,,

Besoknya  jam 8.00 WIT TENG Pak Ajo udah ready di penginapan dan kita siap siap check out dari Lisar Bahari, berhubung kita langsung check out jadinya jatah makan siang kita dibungkusin, enak deh ! hahahahahahaa………….

kegiatan pagi di Desa Sawai, angkutan umur yang anter anak sekolah

Tujuan pertama kita adalah Tebing Batu yang penampakannya macam di Ha Long Bay, or Phuket or Raja Ampat ya namanya juga atol hahahhaahaha…. Yang uyehnya lagi disini ada semacam gazebo emang buat spot foto hahahah kata Pak Ajo warga setempat yang bangun ini. Menurut gue ini spot yang PAS banget buat kayaking kayak di James Bond Island, Phuket.

Spot kedua tak lain dan tak bukan ke Ora Eco Resort yang dibilang ala ala Maldive di Pulau Seram, masuk ke kawasan Ora Eco Resort dikenalan biaya Rp.25.000 per orangnya. Di Ora kita bisa loh sewa peralatan snorkling (Rp25.000 per item)dan bisa snorkling di sekitaran Ora Eco Resort but honestly banyak coral yang rusak dan mati dan visibilitynya tetot banget. Tapi adegan kasi makan ikan di Jetty ngehibur banget guysss………………

ikannyaa banyaaakkk
toscanya kece...........

mas mas drone... hahahahaha

Pas gue lagi sibuk selfie selfiean , maklum yaaah anak gadis suka epilepi kalo gak selfie,,, liat mas mas sibuk beud buka peralatan dan setelah gue kepoin dese lagi keluarin maenan masa kini yaitu “drone” wew!! Gue sempet dadah dadah gitu ke arah drone (mwahahahaha) sempet nanya annaya sama si mas drone gimana nginep di Ora dese jawab”standart aja mbak” heumfttt gue jadi kagak nyesel nyesel banget kagak nginep disini hahaahahahahaha. Puas kelilingin Ora Eco resort (baca popotoan) kita lanjutin lagi perjalanan ke Mata Air Belanda.

sungai itu, air tawar yang berasar dari mata air Belanda, airnya dingin,,,

warung di Pak Husna sama beliau kita bayar Rp.25000

Kononnnnnnnnnnn orang Belanda demen banget mandi di mata air ini, makanya namanya ‘Mata Air Belanda” masuk ke area Mata Air Belanda ini dikenakan biaya Rp.25.000 per rombongan ( hahaha udah mulai komersil) di aera sini cuman ada 3 bangunan, dua banguna warung dan 1 lagi penginapan sempet nanya nanya mreka pasang tarif Rp.300.000,- per kamar kalo mo diriin tenda juga boleh tapi kudu ijin sama Pak Husna, pemilik warung utama di Mata Air Belanda. Kita disini lebih nyantai ama ngobrol aja sik sama Pak Husna beserta istri, sante sante pinggir pante gituuuu....

Pas kita nyebrang driver kita yang dari Masohi udah mangkal di Desa Saleman dan kita pun cusss menuju Masohi sambil liat liat pinggir jalan kali aja ada yang dagang duren...eh beneran adaaaaaa....murah bange durennya cuman Rp.35.000 untuk 6 bijikk!!!!

duren Pulau Seram , yumm!!

Di Masohi kita transit dan nginep di Hotel Lulu dengan tarifnya flat Rp.200.000, lokasinya tengah kota deket pasar juga jadi banyak warung warung disekitaran situ...makan siang dan malam brarti amaaaaan, besoknya pagi -pagi jam 7.30 WIT kita persiapan buat ke Pelabuhan Amahai naek kapal menuju Tulehu, Ambon. Naek ojek dari depan hotel ke pelabuhan ituuu dikasi harga Rp.25.000, kalo rental mobil flat Rp.100.000,- . Nah! pas perjalanan pulang ternyata kita dapet kapal yang baru yang konon lebih cepet, dan bener doongg kapalnya masik mulusssssss dan diplastikin hahahhhaa

kencan ama abang ojek pagi pagi....

Kapal "baru" EXPRESS PRISILIA, masi mulus cin....

begini nih tampilan kelas VIP

PS.
1. Penginapan di Ora itu suka laku banget kalo di weekend or high season, pesennya mending jauh jauh ahri cin…. Bisa kontak ke Alvin 081333633338 or Orabeachresort@yahoo.com ada beberapa paket yang ditawarkan oleh Ora Eco Resort

2. bagi yang tight budget mungkin Lisar Bahari bisa jadi pilihan, ada beberapa penginapan di area Ora Eco Resort sekarang, seperti di mata air belanda atau di desa Saleman. Kalo mau yang sedikit jauh yaitu Ronela Resort yang berada di desa Sawai.

3. Di Ora kebanyakannya aktivitasnya hoping island, sama seperti Wakatobi or Togean rada PR kalo yang solo traveling dan kebagian apes lagi ga ada wisatawan, bisa bengkak pengeluaran untuk biaya sewa kapal doang. Bepergian dengan rombongan mungkin bisa menekan biaya.

4.Di masohi, Ibukota Kabupaten Maluku Tengah, banyak penginapan... penginapan baru sih namanya Irene cuman kalo mo cari makan rada PR hahaha, kita kmaren nginep di Hotel Lulu di kota, jadi tempat makan bertabur mwehehehe

1. MEDIA RENTAL CAR - AMBON
    Kami merupakan salah satu penyedia jasa penyewaan mobil di Kota Ambon. Siap melayani anda yang akan berkunjung ke Kota Ambon, untuk menjalankan tugas kedinasan, berbisnis ataupun berwisata. Tersedia Paket menarik diantaranya

- Paket Per Jam Rp. 80.000 / Jam (min.pemakaian 2 jam)
    - Paket Antar Jemput Bandara Menuju Kota Ambon Mulai Rp. 150.000
    - Paket Antar Jemput Bandara Menuju Pelabuhan Tulehu Mulai Rp. 150.000
    - Paket Antar Jemput Dari Kota Menuju Pelabuhan Tulehu Mulai Rp. 150.000
    - Paket Hemat Rp. 450.000 / 12 Jam BBM+Supir (Avanza / Xenia 2010)
    - Paket Normal Rp. 600.000 / 12 Jam BBM+Supir (All New Xenia/Avanza G/ Avanza Veloz)
    - Paket Santai Rp. 650.000 / 12 Jam BBM+Supir (Innova G / Innova V Luxury)
    - Paket Eksekutif Rp. 900.000 / 12 Jam BBM+Supir (Innova Reborn)
    - Toyota Fortuner, Toyota Alphard, Rp. CALL
    Harga sudah termasuk Biaya Bahan Bakar, Jasa Pengemudi.
    Kendaraan Sehat, Full AC, Full Musik, Pengemudi berpengalaman (mengenal seluk beluk dan informasi wisata kota Ambon)

Untuk perjalanan luar Kota / long trip (Pulau Osi / Ora Beach / Paperu Beach / Saparua) Harga CALL

Untuk promosi perusahaan (Sales Call / Marketing Tour) kami menyediakan unit kendaraan yang siap di Branding dengan logo ataupun nama perusahaan anda

Hubungi Kami :

MEDIA RENTAL CAR AMBON
    Jl. Rijali No. 57 Ambon Telp 0911-3820126
    Fast Response SMS/WA 081247134134
    Online Order : JASA SEWA MOBIL DI AMBON

2. mbak nanya dong, punya kontak mas2nya anter dari Amahai ke Saleman gak? itu udah pasti ya kita bakal dikerubutin jasa antar desa saleman

1. waduhh udah ilang hapenya :( , maaf. IYA banakaln banyak banget yang nawarin dari pelabuhan ke kota (Kota Masohi) or Desa Saleman, pinter pinter nawar aja sih intinya. makasih udah mampir.

3. POKER899 adalah salah satu situs poker online terbaik dan terpercaya. salah satu kunci kesuksesan poker899 adalah pelayanan yang sangat baik kepada para membernya mulai dari keramahan dan kecepatan dalam proses menjadi salah satu pelaynaan spesial yang diberikan poker899. dan kami memberikan pelayanan bonus yang sangat menarik,buruan bergabung bersama POKER899 dan dapatkan bonusnya sekarang juga