Trip dari Barat ke Timur NTB menuju Pulau Komodo

Satu dari tiga lokasi yang paling ingin saya kunjungi di Indonesia ini adalah Pulau Komodo, apalagi niatan itu semakin menjadi-jadi waktu saya dipindahkan ke lokasi yang terletak di Lombok, ibaratnya saya tinggal mlipir dikit ditambah usaha bakalan bisa nyampe sana (hahaha......). Jadilah saya hasut-hasut senior dan temen saya di lokasi saya sekarang untuk ikutan ke Pulau Komodo (kebetulan di lokasi ini saya ketemu sama senior dan teman sekelas saya kuliah-kami berkumpul di site ini). Butuh perjuangan untuk ngebujuk-bujuk mereka, mengingat saya ketika itu belom punya niatan untuk solo travelling jadi saya bener-bener usaha untuk ngajak mereka ikutan. Ketika sudah fix, kami atur jadwal cuti kami,, geologist di perusahaan saya normalnya memiliki sistem kerja 6 minggu ON dan 2 minggu OFF (setiap kami bekerja 6 minggu di lokasi, kami mendapat libur selama 2 minggu) teman saya sih posisi cutinya deketan, lha saya ini jauh bangeeeet -____-" akhirnya saya bela belain buat nambah jatah saya di lokasi menjadi 9 minggu (mweew).

Mulailah saya mencari-cari info sana-sini dan membuat anggaran biaya plus itinerary, kebetulan temen saya ada yang baru balik dari Pulau Komodo, dialah yang sepenuhnya menjadi "kiblat" saya, termasuk kapal buat sailing adalah rekomendasi dia (thanks Mindy....). Rencana trip ini sedikit ada unsur "drama" ketika temen saya pindah lokasi kerja ke Sumbawa yang benar-benar remote area tanpa sinyal, otomatis tinggal saya dan senior saya di site ini. Senior saya sangat bergantung sekali dengan teman saya ini, soalnya kalo cuman saya dan senior saya yang pergi, ntar kita disangka pasangan bulan madu ngahahaha!. Jadilah di tengah-tengah saya menyusun itinerary dan anggaran biaya serta skenario kami yang nyusul temen saya di Sumbawa, saya agak takut kalo rencana perjalanan ini gagal karena kami benar-benar lose contact dengan teman saya itu. Belum lagi, tetiba saya dan senior saya tidak dizinkan untuk ambil cuti barengan, soalnya kekurangan manpower (fiuhhhh deeeh,,,,) untungnya kite pinter ngeles dan bos saya yang baik hati sudah tau niatan busuk kami untuk ke Komodo bareng-bareng, akhirnya skenario cuti-cuti ini bisa diatur.

Makin deket ke hari H mulai ada lah kabar sedikit - sedikit dari teman kita yang terdampar ditengah hutan Sumbawa itu dan akhirnya FIX rencana ini akan dilaksanakan, kita ketemuan di sumbawa  (uyeaaaaaaaaaaaah....).

so here we go....

17 November 2011
Saya dan senior saya start dari camp kita yang ada di Sekotong, Lombok Barat menuju Mataram. Rencananya sih baru besoknya kita ke nyebrang Sumbawa trus lanjut jalan darat ke Sape trus nyebrang via ferri ke Labuan Bajo. Rencana berubah di perjalanan kita ke Mataram, senior saya ngajak ke Sumbawa hari ini juga itu juga sunnah kalo dapet travel ya Alhamdulillah ga dapet travel ya gapapa. Untungnyaaaa kita dapet travel paling akhir jam 20.00 Wita setelah drama pencarian travel sana sini. Saya lupa nama travelnya, poolnya ada di depan toko Rubby sebelah Mataram Mall. Akhirnya setelah kita mandi-mandi, ninggalin barang yang ga dibutuhin di mess, basa basi sama penghuni kantor kita cabutttt ke Sumbawa malam itu. Perjalanan dari Mataram ke Pelabuhan Kayangan butuh waktu 2 jam dan penyeberangan ke Sumbawa selama 4 jam. Travel kita berhenti pas di depan penginapan Cendrawasih, saya dan senior saya sama-sama belum pernah ke Sumbawa, jadi kita pasrah-pasrah aja ama si supir. Di penginapan Cendrawasih inilah teman saya tinggal dan beberapa bos, soalnya di mess kita yang di Sumbawa udah full, jadi sebagian diungsikan ke penginapan deket dekat mess. Di pagi buta itu kami sempat mengobrol sebentar dan kemudian melanjutkan tidur.

18 November 2011
Pagi-pagi kita udah berburu armada untuk ke Sape, rencananya sih mo nyewa mobil tapi buset mahal amat!!! dipatok 1.3 juta buat anterin ke Sape, kita ganti skenario jadi nyari bus... Nah, ada dua pilihan naek bus non AC yang murah meriah plus baek hati (suka ngebiarin mobil nyalip) atau bus AC eksekutif, tapi berangkat sore jam 15.00 wita. Temen saya sempet milih "pake bus non AC biar berasa petualangannya" saya ama senior saya sempet mendelik, tapi pas tau harga bus AC sama non AC beda dikit, si temen langsung keluarin duit buat bayar yang AC (yeeeeeeeee....). Jadi kita naek bus tujuan Bima yang bakal dilanjut sama bus kecil menuju Sape. Harga tiket bus ini Rp.90.000, ini kita harga calo soalnya sebenernya harganya tuh Rp.75.000,- *ketipeeeeng :'(

ready to Bima

Penginapan murah meriah tapi oke

Ohh iya ini tipe tipe bus bermalam yang harga tiket udah temasuk makan siang dan makan malam, jadilah kita setelah makan siang berangkaaaaat..... Perjalanan yang lama ini cukup menarik, soalnya  kita sama sama belom pernah kesini semua. Jadilah kita takjub sama pemandangan yang "luar negeri" banget ini, mana kita dateng pas musim kemarau jadi semuanya gersaaaang, ditambah banyak kuda juga (ini mah berasa lagi safari ke Africa, cuman kalo Africa tuh singa disini kuda) di Sumbawa ga berlaku peribahasa "rumput tetangga lebih hijau" soalnya disini rumah-rumah pada ga punya rumput kyahahahaha!. Berhubung ini adalah trip para geologist pastinya kita juga sibuk dan sedikit teralihkan kalo ada batu yang bagus....nye nye nyeeee..
Pas jam 24.00 wita bus kita nyampe di Terminal Bima, kita putusin buat makan malem dulu,,, untungnya ada warung pecel lele buka. Abis makan kita cari penginapan, soalnya bus ke Sape udah ga ada lagi dan baru berangkat besok pagi  jam 5.00 wita. Banyak penginapan di sekitaran terminal ini soalnya memang jadi tempat transit juga, dan harganya pastinya muuraaaaaaaaaaah sekitaran Rp.30.000 - 60.000 (exhouse Fan -Kipas angin) semuanya udah kamar mandi dalem, kita nginap di Losmen Favorite.

19 November 2011
Jam 04.30 wita kita udah siap-siap dan langsung menuju ke terminal, tapi ternyata bus-busnya belom pada berangkat,,, akhirnya kita sarapan dulu di RM Arema, sumpah ayamnya enaaak! Jam 5.00 wita kita naek ke salah satu bus, tapi ampe jompoooooooooooo kita belom berangkat juga, nah tiap mo turun dan mo naek ke bus kecil yang lain kita dikasi tau ama kernetnya, kalo bus-bus kecil yang lain itu udah bus lanjutan bus gede dari Sumbawa, jadi bus besar dari sumbawa terconnect ke bus kecil menuju Sape, kalo kita naek bus itu belom tentu dapet kursi, karena yang diutamakan kitu penumpang dari bus besar yang udah punya tiket terusan. Nah... bus kita lama ngetem soalnya lagi nungguin bus besar_nya yang bawa penumpang transit menuju Sape (lamaaaaaaaaaaaaaaaaaa). Akhisnya si supir mutusin untuk berangkat walopun bus besarnya blom dateng (saya agak curiga ini berbau scam-hahaha) mana kita diminta ongkos tambahan Rp.5000,- ongkos aslinya Rp.10.000,-. Dari Bima menuju Sape lama perjalanannya 2 jam, lewatin jalan yang waktu itu masih perbaikan, berdebu, berkelok-kelok, setipikal dengan kontur yang ada di Sumatra, disarankan bawa scarf atau masker mayan buat nutupin idung.

bus ini yang bawa kita ke Sape

Sampai di pelabuhan kita langsung cepet-cepet ke loket, saya sempet iseng ada ruangan VIP ga, eh ternyata ada.... ahahaha akhirnya kita ke ruangan VIP yang ber AC dan ada kamar mandi yang bersih, saya sempet mandi sore segala disitu. Lama perjalanan dari Sape ke Labuan Bajo membutuhkan waktu 6-8 jam, kebetulan kita dapet kapal yang konon emang bagus jadi kita 7 jam lama perjalanannya... dadah NTB kita mo ke NTT dulu.

itu feri kita.... eaaaks

sore kita udah touchdown Labuan Bajo, beuhhhh bau-bau Komodo mulai berasa. Keluar dari pelabuhan kita cari penginapan yang banyak banget di sekitaran pelabuhan, kita cari yang murah-murah aje deeh... double bed dapet yg harga Rp.60.000 (fan +kamar mandi dan airnya tawar!!)  dan single Rp.30.000,- saya selalu pilih kamar yang paling murah soalnya saya sendirian, kalo senior saya kan bakalan bagi dua dananya sama temen saya tuh, soal mandi dll saya nebeng kamar mreka, kyahhaha!.
Penginapan fix, tinggal ngubungin Pak Jefri yang kapalnya dipake sama temen saya untuk tour pulau Komodo, tapi nih nomer ga bisa dihubungin mulu (errgh). Pasrah, kita cari-cari alternatif lain,,,, eeeh pas kita kelar makan malam si bapak ngubungin kita balik dan mau ngasi harga yang sama dengan temen saya ihiir!. Biaya sailing selama 2 hari 1 malam udah termasuk 5 kali makan +snack + alat snorkling tarifnya Rp.1.500.000,- (dibagi 3 = MURAH). Pak Jefri besok pagi bakal jemput kita ke penginapan. Malam ini kita habiskan dengan looking around Labuan Bajo yang cuman seciprit pusat keramaiannya, nyempetin beli oleh-oleh juga yang ternyata penjualnya orang Minang (ondeh mandeeeeh jauah bana Uda marantau kooo...)

Labuan Bajo dari kejauhaan

kapal kapal buat sailing trip

20 November 2012

Sesuai janji kita dijemput sama Pak Jefri, mulai deh kita jalan ke pelabuhan yang khusus buat kapal-kapal yang disewain untuk tour, di sebelah kapal Pa Jefri ada kapal onyeh beud, biasanya bule yang suka sewain,,,  harga sewanya juga bikin berinding bulu kuduk (hahahaha). Tujuan pertama kita sailing ini adalah Pulau Rinca, senior saya sempet mo niru-niru bule sok sok_an mo buka baju selama sailing, ga lama dia kedinginan, niatnya gagaaaal gagah gagahan ala bule ;p. Sampe Rinca kita kudu lapor, isi buku tamu bla bla bla, biaya wisatawan lokal dan mancanegara dibedain kita lokal dikenaan biaya Rp.2.500/orang, jasa pemandu Rp.50.000,-, biaya ijin kamera Rp.5000.- , tiket ini jangan ilang soalnya bakal ditunjukkin lagi di Pulau Komodo. Tiket udah ditangan, kita dipandu sama pemandu,,, ditawarin pilih treck yang mana short-long atau medium, dan kita pilih medium. Spot lokasi nongkrong para komodo pas di kolong rumah panggung kantin,, disini kita sempet-sempetin foto sambil takjub-takjub. Abis dari lokasi sini, Alhamdulillah kita ga nemu komodo sebanyak itu lagi,,, tapi banyak binatang lain kayak burung kakaktua, elang, rusa dll. Aaaaaah kita ampe speechless ... saking ga nyangkanya ketemu komodo. Kita sempet istirahat bentar di kantin Pulau ini, malah sempet ketemu sama duapemandu asal bandung segalaaaa, anak NHI Bandung, pas ditelusur telusur ternyata seangkatan sama sepupu saya (yailah! sempit amat dunia) Abis trekking di Pulau Rinca kita lanjut perjalanan ke Pink Beach buat snorkling, selama perjalanan dari Rinca ke Pink Beach kita disuguhin makan siang + juice sempet underestimate bakal dikasi makanan seadanya, tapi semua makanannya enak-enak kakaaaaaaa!

ini kapal kami, beda kasta ama kapal sebelah kanan

pemandangan selama perjalanan... *takjub!

pintu masuk Loh Buaya, Pulau Rinca

lapor dan isi data diri dulu disini

geng Komodo di bawah kantin hahaha

brasa safari di Africa, kering kerontaaaang...

look at the oceaaaaaaaaaan,,,, .(>,<)

ini korban-korban komodo

Nyampe di Pink Beach kita mulai prepare pake perlengkapan snorkling, termasuk pelampung hahahaha maklum kita renangnya ga canggih - canggih amat. Sempet salut sama si senior yang nolak ditawarin pelampung, tapi pas dia turun ke air kecipak kecipuk dikit dia naik lagi menggigil trus minta minta pelampung, bwahahaha! Kapal ga bisa menepi kepinggir pantai, soalnya takut jangkarnya ngerusak coral-coral yang ada, jadi kita kudu renang kira kira 20-50 m untuk kepantai. Sempet diarahin sama Pak Jefri supaya kita renangnya ambil ancang-ancang dari kiri dan renang terus kearah kiri soalnya arusnya ngebawa kita ke sebelah kanan, lah! temen saya ngeyel dia maen asal nyebur aja Alhamdulilah kebawa arus, udah gitu belom lagi dy keburu lemes mengingat renangnya ga canggih canggih amat, akhirnya si senior yang masi mikir-mikir mau terjun ke aer apa enggak jad ngevakuasi si temen pake kapal kayu kecil punya P Jefri, hahaha kocak..

menu makan siang kitaa
kapal-kapal lain yang ke Pulau rinca

Pink Beach
Dibilang Pink Beach, soalnya emang pantainya warna pink,,, ini berasal pecahan-pecahan coral yang haluuuusssss bangeet, disini kita snorkling ampe mati gaya (coralnya bagus banget!). Mengingat kemampuan renang saya yang ala kadarnya (saya sempet shock ngeliat dalemnya waktu snorkling) kita banyak dipandu sama pak Jefri , kayaknya pak Jefri miris ngeliat kita berenang ga jelas huahahaha trus dy mulai arah-arahin kita termasuk waktu berenang dari pantai ke kapal (ngahahaha,,, penumpang katroook). Coral disini bener-bener bagus dan rapat, ga ngeliat banyak ikan sih (ga tau juga yah dipengaruhi mata yang minus 3 hahaha) overall bener-bener keren, kedalamannya 5 meteran (gimana saya ga deg-degan waktu pertama nyemplung!).

si bapak nyelemnya canggih!

tuh kan! pasirnya warnanya pink

Setelah dari Pink Beach tujuan terakhir kami hari ini adalah Pulau Kelelawar, ya udahlah yaaa pasti banyak kelelawar disini, kita bermalam di perairan dekat pulau ini, airnya tenaaaaaaaang banget. Kata pak Jefri sih emang ini lokasi para kapal setelah keliling seharian, kalo lagi high season banyak kapal-kapal lain, waktu kita kesitu sih ada dua kapal lain yang isinya bule, mereka clubing ampe pagi buta. Nah, disini juga bakal banyak pedagang yang nawar-nawrain mutiara dan berbagai macam cenderamata khas Pulau Komodo spt miniatur komodo, disarankan simpen barang-barang berharga, soalnya ada juga yang cuman kedok nawar-nawarin barang tapi ternyata skalian nilep!. Puas beli oleh - oleh buat orang rumah, kita makan malem terus dengerin dongeng Pak Jefri tentang urban legend masyarakat NTT, saya ama temen saya ga begitu tertarik kita colong-colong bobok sambil duduk. Ga lama senior saya iba ngeliat kita bocah-bocah pada ngantuk... akhirnya mereka menyudahi dongeng yang sekilas mirip kisah Jaka Tarub. Saya sempet penasaran bakal gimana komposisi tidurnya, ternyata kursi dan meja disusun dipinggirin, trus kasur dijejer ditempat kami selama ini makan mayan juga,,,, dapet selimut juga, kapal juga ditutup biar kita ga masuk angin, nice enough.
sunset di Pink Beach
ini kondisi kapal sebelum di setting buat bermalam

gini nih! susunannya kalo pas bobo
aernya tenang, jadinga goyang-goyang pas bobo

21 November 2012

Tujuan pertama di hari ini adalah Pulau Komodo, sambil kapal berlayar menuju kesono, kita sambil makan plus mandi-mandi and ganti baju. Pelabuhan di pulau komodo lebih besar dibanding Pulau Rinca, pas kita dateng kesono lagi pada heboh preparing Jusuf Kalla dateng serombongan pake cruise. Seperti di Pulau rinca, kita kudu isi data diri, tunjukin tiket wakru di Pulau Rinca, bayar lagi bla bla , baru kita masuk, kami tetep pilih track yang medium. Ditengah treking saya sempet iseng nanya si senior tadi malem cerita apa aja ama Pak Jefri, eh dy malah ngedumel ngatain saya sama temen saya ga sopan malah pura -pura tidur hahahaha dan dy juga udah ngantuk, makanya pake kita yang udah niat ga niat ngedengerinnya buat jadi alesan supaya Pak Jefri menyudahi pembicaran (yee...).

pesisir Pulau Komodo yang padat penduduk

pemandunya lagi nerangin pilihan rute-rute yang ada

tongkat pemandu yang kudu harus wajib dibawa sama si pemandu
the urban legend

the Deer

Di Pulau komodo ini lebih gede-gede komodonya dan kita sempet serem sendiri. Pawang kita tau aja jiwa jiwa katrok kita yang pengen foto deketan ama komodo, akhirnya kita diarahin deh ama dy hohohoho... (padahal sebenernya ga boleh, soalnya takut komodo nyerang tiba-tiba, dan halooohhhh air liur komodo kan bahaya, ga ada obatnya!). Kadang masih suka takjub sendiri kita bisa nyampe di Pulau Komodo yang biasanya cuman liat di tipi doang...kyahahaha, pokoknya aura trekking kita ini berasa lagi safari di Africa mana lai gersang-gersangnya, wkwkwkwk.... trekking di Pulau Komodo relatif datar, naekin bukit dikit trus kita foto-foto lagi. Sempet nemuin pipisnya komodo yang difoto juga ama temen (entah apa maksudnya). Pemandu kita sempet nerangin jaman dulu kala ada serombongan 20 orang, pemandu cuman satu,,, pas udah kelar trekking teryata pesertanya ilang 1 pas ditelusurin lagi cuman ada kamera sama kacamatanya doang, untuk mengenang si bule yang malang nasibnya itu dibikinlah nama "Bukit Rudolph" . Gara-gara cerita ini bolak balik saya sama 2 cowok tengil itu digodain "eh lu jangan jauh-jauh ntar ilang trus kita cuman nemuin kacamata lu doang" wew. Habis trekking kita diarahin ke lokasi pusat cendramata disini, abis itu pamitan sama pemandu yang super duper baik itu.

Komodo lagi santai kek di pantai

how close we are (ecxited and creepy at the same time)

burung kakaktua (kiri atas) yang entah berapa kli ini zooming kameranya

yeaaaaaaah!

kita sama pemandu yang gaul abis...

pengrajin di souvenir centre Pulau Komodo

foto buat jadi DP BBM  hahhahaa

ini dermaga buat kapal yang kecil kayak punya kita

Makan siaaaaang....... kita makan siang di kapal lagi, ga tau menunya yang emang enak apa kita yang kelaparan, pokonya makanannya abis weh. Kita sempet diliatin sama Pak Jefri 'Manta Point' , pertamanya ga ngeh apaan deh Manta (wakakakakak) ternyata ikan pari yang bujubuset gedenya,,, kayak di chanel discovery gitu deh, bule-bule mah udah kecipak kecipuk  diving ajeee -___-' bikin iri dan dengki. berhubung kita kagag ada yang nyelem, jadinya cuman diliat-liatin dari kapal doang ama Pak Jefri (someday yeeeeh, saya balik udah bawa diving licence!). Abis dari manta point kita lanjut ke Pulau Bidadari, whaaaaaaaat Pulau Bidadari, disii ada juga yang namanya Pulau Bidadari??! . Dari jauhhhhh udah keliatan pantainya Pulau Bidadari ini putihhhhhh banget. Di pulau ini kita snorkling, berhubung banyak bule kita gengsi kalo snorklingnya pake pelampung,,ngahahaha. Lagian kapalnya bisa menepi ampe deket pantai, jadi tinggal jalan kaki dikit trus ke lokasi spot snorkling deh. Spot snorkling disini relatif lebih dangkal dibanding Pink Beach, sambil jalan juga masi bisa liat.. hohoho surgaaaaa bagi kami kami yang ga keren berenangnya.

makan doloo

mantaaaaaa.....

dimana mana gersaaaaaaaang

someday bakal ikutan trip yang naek beginian...

time to say good bye :')

Pulau bidadari merupakan spot terakhir dari rangkaian trip kami, abis dari situ kita balik lagi ke Labuan Bajo, dadah dadah Pak Jefri dan ponakannya!

Keluar dari pelabuhan kami cari-cari penginapan lagi, soalnya feri menuju Sape baru ada besok pagi. Kita dapet penginapan yang dibawahnya ada rumah makan biar gampang kalo mo makan dan insya Allah terjamin halal wkwkwk, tarifnya Rp.50.000,- sempet ditawarin sama si ibunya bisa aja kita sekamar bertiga dikenakan biaya  Rp.120.000,- tapi kita bertiga keburu mendelik langsung si ibu cengar cengir trus nyerahin dua kunci. Malam itu kita niatnya kongkow di kafe yang kata temen yang udah pernah kesini tempatnya cozy, butuh waktu lama buat ngajak senior saya, soalnya dia kan udah tua tuuuhh ringkih, katanya capek. Tapi akhirnya kasian liat kami yang bocah-bocah ini pengen tau tempat begituan kyahahaha. jadilah kami nongkrong di Kafe Paradise yang jalan kesananya butuh perjuangan soalnya gelap gilaaaa jalannya! untung ada teknologi handphone bersenter.

22 November 2012

off to Sape :')

Pagi-pagi kita udah nongkrong di pelabuhan, nunggu ferri yang mo ke Sape dan  temen saya udah kontak agen bus Bima buat pesen 3 tiket Bima-Mataram harganya Rp. 170.000. Mulailah kami perjalanan panjaaaang yang nostop ini dimulai...... dari Labuan Bajo ke Sape, ferri yang kita naikin kali ini ga sebagus waktu berangkat. ruangan VIPnya AC-nya macet dan penuh jadinya panaaasss. Saya sempet-sempetnya mandi di ferri, mengingat di Labuan Bajo tadi pagi mandi aer payau wleeeks. Nyampe Sape kita naek bus kecil menuju Bima, di terminal Bima kita langsung menuju agen bus yang sudah dipesen temen saya itu. Kita sempet makan malem dan ngecas-ngecas handphone di RM Arema yang ayamnya enak banget itu hahaha.  Pukul 19.00 wita bus kita mulai jalan, kita keburu tepar jadi perjalanan ini diisi dengan kegiatan yang bermanfaat yaitu tidur, jam 03.00 wita bus kita berhenti di salah satu rumah makan di Sumbawa , setelah tuker kupon kita makan malam (lebih tepatnya sahur). Masih di lanjut nyebraaaaang ke Mataram lagi, what a looooong looooong journey
tiket-tiket di Komodo

23 November
jam 10.00 wita kita nyampe di terminal Mandalika, Mataram horeeeehhhh!!! dari situ kita dijemput sama driver Kantor menuju mess kita di gegutu. Di mess kita bebersih lagi, packing lagi soalnya mo lanjut penerbangan ke Jakarta untu menikmati cuti kami hahahaha. Pukul 15.00 wita pesawat kita take off... seteleah di delay 1 jam yang bikin senior makin mencak mencak soalnya ga bisa nonton laga derby MU and MC. Jam 24.00 WIB akhirnya nyampe rumaaah........... diomelin nyokap soalnya setelah liat peta ternyata jauh banget! kyahahaha , what a long and exhausted trip but totally AWESOME

n.b
1. Di Labuan Bajo susah air tawar, dipenginapan kita yang pertama termasuk enak soalnya aernya tawar,
2. Sering-sering aja kenalan, sapa tau bisa diajak sharing untuk sailing trip, kan lumayan. Jasa tour sailing rip ada banyak disepanjang jalan Labuan Bajo, kalo mau murah langsung datengin aja pelabuhan ketemu langung sama pemilik kapal.
3. Sailing trip  udah termasuk makan, sewa alat snorkel kecuali fin, handuk, selimut dll dan kapal sudah dilengkapi dengan toilet darurat, jadi masih bisa mandi dan buang hajat aernya juga tawar sodara sodaraaaah. Di kapal juga disediain teh kopi dan buah, aer putih juga gratisan, kecuali kalo ente-ente pada mau ngebir itu bayar yaaks. Ada menu yang memang jatah kita (free) , dan ada menu-menu diluar jatah (not free).
4. Ruangan VIP pada ferri bisa kita pesen sama crew, biayanya cuman Rp.5000,- AC  kursinya empuk. bisa juga sih minjem kamar crew kapal biayanya Rp.50.000 per kamar.
5. Usahakan ke agen resmi bus, banyak calo berkeliaran. Bisa-bisa ditaro di bangku cadangan yang smoking area itu.

all photos in this thread are taken from our cameras, edited by me :)
Thanks to Kak Doni and Haris, you two are the great parter in crime... hehehehe.

1. Wah kerennnn
    Ada CP nya pak jeffry ga
    makasii: )

2. hai.. makasih udah mampir yaaaak!
    nah! ntu dia CP pak Jefrry ilang beserta hape saya yang kelelep di laut .. maaf ga bisa bantu. Kamu bisa kok nego2 on the spot di pelabuhan langsung (bukan pelabuhan ferry yah) namanya "Harbour Master/Syahbandar" deketan ama Komodo Information Centre, disitu bayak kapal2 penduduk yang memeang disewakan untuk sailing pulau Komodo, have fun!

3. Permisi mau tanya, kalau misalkan cuma ke satu tujuan ke p padar aja apa bisa untuk sewa kapalnya?

4. halo,, makasih udah mampir :) aaaand sorry for the sloooooowww respond T.T

kayaknya sih bisa deh soalnya banyak juga kan orang sewa kapal PP dari Labuan Bajo - Rinca or Komodo, tergantung nego aja sih sama empunya kapal hehehe tapi beneran nih cuman mau ke Pulau Padar aja? ga tertarik sama yang lain huheheheheheh

happy exploring!

5. Pasti seneng yah bisa jalan-jalan have fun bener-bener. Kalo mau jadi solo travel itu mendingan pake eo atau ngga yah?
    Eh baca juga dong tulisan aku ada si blognya si rental mobil jogja Semberani loh hahahaha (promo) XD

6. kalo boleh tau brp budgetnya ya dari lombok ke komodo via sumbawa? :D

1. Waduh itunsaya perginyahampir 3 taon lalu hahaha mungkin harga sudah berubah yah

Travel Lombok-Sumbawa ; Rp.100.000
      Bus Sumbawa - Bima :
      Rp.90.000
      Nginep di terminal Bima 30-60.000
      Bus Bima ke Sape ; 10.000
      Ferry Sape - Labuan ; 36.000

Semoga membantu yaks

7. gan..itu jadwal ferry dari bajo ke sape tiap hari atau jarang jarang ?

1. Tiap hari juga ada gan,,,, tapi namanya Kapal Laut yaaaa sedikit banyak bergantung ama cuaca.

8. Mantap ni prjalanannya, info total butgetnya kira2 brpaan gan?

1. hai Fajar makasih udah mampir.. :D

hmm ini perjalan bertahun tahun lalu yah hhahahahaa, tapi mungkin bisa jadi gambaran, dengan ngegembel ala kita kita waktu itu abisnya 2 jutaan kurang :D