Ujung Genteng

Pantai depan tenda kita kondisi mau surut..

Perjalanan nista ini kita lakuin beberapa hari setelah kita wisuda, yak! ceritanya sih refreshing setelah berbulan-bulan berkutat ama yang namanya bimbingan, skripsi, dan galau ama dosen bimbingan (hayaah)! ini merupakan plan B (yang diada-adain pastinya) setelah rencana indah kita ke Pulau Sempu BUYAAARRR (mo nangis waktu itu rasanya).

team sukses ujung genteng
Jadilah kita preparingnya dadakan, saya dan teman (yang juga pencetus ide ke sini) bergerak cepat mulai promo ke anak-anak lain, setelah fix total 6orang yang terkumpul mulailah kita heboh cari-cari tenda dan belanja perbekalan... kita cuma 2 hari aja buat nyiapin ini semua (dan semua barang dikumpul di rumah gue ajalaah).
ini nih rombongan sepedahan_nya

Perjalanan ini cukup jauh yaaaaah.... pokona travelling nuansa "mudik" soalnya kita dari Bandung menuju Ujung Genteng yang di ujungnya Sukabumi itu menempuh 8 jam perjalanan naek motor (ngirit dan mabok!). Udah mah kita perginya pas musim ujan, jadi dari cuaca yang secerah-cerahnya kayak apaaaa ampe ujan sederes-deresnya kita jabanin. Di perjalanan kita ketemu sama rombongan sepeda tour de Java , sempet dadah-dadahan ama atletnya juga (penting!). Perjalanan yang bikin bokong tepos ini, diisi adegan sholat biar selamet sampe tujuan dan istirahat di pom bensin kyahahaha (tuh kan! bernuanasa mudik). Akhirnya kita magrib nyampe di ujung genteng (fiuhh) dan langsung cari lapak, ditengah hujan kita diriin tenda... tadaaaa! jadilah dua tenda yang single buat saya soalnya saya sendirian cewek dan tenda gede buat mereka.

jemuran kita

Keesokan harinya, kegiatan pagi hari kami isi dengan adegan masak memasak, temen saya jagoan bikin nasi liwet sunda :p trus bikin jemuran soalnya banyak barang-barang yang basah dan lembab karena hujan, trus sibuk ngusirin orang gila yang ngedeketin tenda kita dan akhirnya kami ke pantai dan foto-foto.

mereka yang gagal mancing hahahaha

Setelah puas foto-foto dan salah satu temen ceritanya "buang sial" dengan membuang baju yang dipakainya ke laut (brasa abang ipul jamil) dan dua temen lain pencariannya dalam memancing juga sia-sia, kita akhirnya bongkar tenda dan siang siap ketempat penangkaran penyu di Pantai Pangumbahan. Kita semua sama-sama buta Ujung Genteng, cuman modal peta dan GPS lah makanya kita bisa sampe sini, termasuk Pantai Pangumbahan kita modal nanya-nanya sana-sini. Alhamdulillah lokasi penangkaran ini JAUH ajalaaaah,,,, jalannya juga ga bagus (sayang banget), setelah lewatin jalan berliku dan becek akhirnya kami sampai juga. untuk masuk ke lokasi ini dikenakan biaya Rp.5000- lapor sama petugas dan harus isi buku tamu juga. Nah, dari sini  ntar kita diarahin kegiatannya, seperti sora jam 17.00 WIB bakal ngelepas "tukik" (anak penyu) ke Laut trus jam 21.00 WIB liat penyu bertelur (kalo beruntung). Penjaga disini welcome banget, ngijinin kita buat diriin tenda di lahan kosong sekitaran komplek penangkaran, ada beberapa bangunan baru yang buat tamu-tamu penting negara kalo datang berkunjung kesini. Akhirnya disini kita mandi sepuasnya (dan gratis), setelah dua hari ga mandi bahahaha!!

gerbang masuk ke Konservasi Penyu Pangumbahan

kalo sayang penyu,,,,, kudu nurutin ini !! note that!

kita sempet jalan-jalan sore pantai yang pasirnya super duper putih, lembut, merhatiin jejak jejak penyu , ada yang pacaran mesum juga, ampe kita zoom-zoom in pake kamera ;p yaah adegannya kurang lebih begini sepasang muda mudi lagi bobok bobok di gazeebo gitu yang keliatan cuman kakinya, kakinya sama sama membelit, dan kita udah ga tau kaki sapa membelit sapa -__-"

yeeey dikasi ijin buat diriin tenda di komplek konservasi

gubug tempat mesum hahahaha

Akhirnya yang ditunggu-tunggu dateng juga...empat sukarelawan bawa ember gede gede berisi tukik, isinya total 1000 tukik, wew! Kirain mereka bakal ngelepas tukiknya secara anggun ala-ala Miss Universe di Bali gitu ternyata mereka hamparin gitu ajaaaa sepanjang pantai, sempet shock juga ...tapi kita dikasi kesempatan buat lepasin ala-ala di film film gitu kok sama si masnya. Sempet iseng muterin arah si tukik, tapi canggih deh ni para tukik tetep tau arah pantai kyahahahahaha.... malah sempet kita bikin garis start segala hehehehe lomba-lombaan tukik sapa yang paling sempet sampe pantai. Oh iya keterangan dari para sukarelawan ini, dari seribu tukik yang dilepas ini paling yang beneran survive cuman 10% , sedih deh dengerinnya,,, ditambah lagi perjuangan mereka ngelawan ombak buat ke lautan sana :'( dan si 10% tukik ini akan kembali lagi ke pantai ini setiap akan bertelur. Keren yah penyu, selalu ingat dimana lokasi dia dilepasin untuk pertama kali dan bakal selalu balik setiap mo bertelur (Subhanallah...)

ini dia tukik yang ditunggu tunggu

how cute they are

off to the ocean

let makes race

kasian kecil-kecil kudu survive sendiri

adios,,,,good luck then!

yeaah you'll be back :)

Puas beradegan sama tukik-tukik ini kita nungguin sunset yang bener bener PAS banget momennya, yaah biasalah kita foto foto lagi... foto standart dimana kami bergaya dan sunset jadi background kita, hayaaah.
Kita istirahat dan makan malem di tenda, sempet ada rombongan Kodim manaaa gitu (lupa) mereka dateng buat liat momen penyu bertelur juga... yah kita makan malem, ngopi-ngopi juga di tenda kita.

Saatnya tiba,,,,, kita dikode sama para petugas buat ikutan ke pantai tempat kita tadi sore foto-foto. Kita digabung sama rombongan Kodim Sukabumi ini diarahkan ke gazeeboo tempat pasangan mesum tadi sore, ntar kita dikodein sama team lain untuk mendekat ke penyu yang udah me bertelur soalnya penyu ga suka berisik dan banyak cahaya, hasrat doi buat bertelur bisa musnah kalo ada distraction seperti ini. Makanya kita ngedeketnya setelah si penyu gali-gali lubang. Akhirnya kita dikodein samateam yang udah nungguin si penyu cari lokasi buat bertelur... buru-buru lah kita ngedeketin. waaaaaaaaaaaaah.... sensasinya campur aduk deh liat adegan ini, biasanya cuman liat di tv sekarang bisa liat langsung, brasa lagi nungguin ibu-ibu ngelahirin. Momen beginian pun jadinya ga luput buat di record, wkwkwkw... kita sempet-sempetin narsis disini... setelah penyunya kelar bertelur petugas dengan sigap ngambilin telur yang ada untuk ditaro dipenangkaran, ini ngehindarin orang orang jahat yang berburu telur penyu. Kampretnya, si petugas ini kagag ada ngode-ngodein kita buat balik ato gimana,,, setelah mereka kelar ambilin telur penyunya, merek ngeloyor pergi,, tinggal kita-kita oang di pantai yang super duper gelap,, pantai selatan pulaaaaaa T.T. mana temen ada yang ngeliat penampakan.... aduuuhhhh, akhirnya cepet-cepet deh kita balik ke komplek penangkaran. FYI guys, pantainya bener bener bebas cahaya dan super duper gelaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaap, temen sempet parno kalo kita berjalan ke arah yang salah yaitu malah menuju bibir pantai -__-"  agak sinteron pemikiran doi emang. Malam itu bener-bener seru... dan kita ga abis-abisnya bahas pengalaman 2 hari ini.

aaaah itu telur penyunyaaa

eksis dulu maaak...

Udah kelar? gitu doang?? belom doooong, ada kisah tragis dan kocak di malam kita nginap disini. Jadi tengah malem ujan deresssss sederes deresnyaaa.... saya sih udah ngerasa nih tenda udah mulai ngerembes aer ujannya (kita ga pake terpal pelapis) tapi perasaan si tenda sebelah kok adem ayem aja. Akhirnya saking udah bocor sana sini, saya keluar tenda dan liat temen-temen cowok di tenda sebelah udah sibuk ngungsiin barang dari tenda ke kantor penangkaran penyu ini, kampreeeet mereka ga bangunin gue, huhuhu. jadilah malam itu smua tenda kita kebanjiran -__- dan kita ditawarin make salah satu gedung baru (yang buat pejabat - pejabat itu), jadilah kami ditengah hujan itu gotong-gotong barang lagi. sempet diisi adegan nyapu-nyapu dulu, soalnya ini gedungnya masi butuh finishing touch, blom lagi sempet berburu tikus segala hahaha,,, kelar smua akhirnya kita atur komposisi tidur. Fiuhh cuaca emang rada buruk, hujan angin belom lagi kilatnya nyamber nyamber, dan ga ada sinyal (belakangan kita tau kalo salah satu temen kita dicariin sama ortunya di Riau sana, gara-gara si temen ga bisa dihubungin wkwkwkwk).

Akhirnyaaaa pagi dataaaang... dan kami siap-siap untuk pulang. Beberes sana-sini, foto ama petugas penangkaran, minta no telfon beliau, kasi "amplop" soalnya dikasi pinjem bangunan baru setelah tenda kami kebanjirannn and yeaaaaaaaaaaaaaah..... bye bye Ujung Genteng :)

P.S
- Pengeluaran kami hanya untuk bensin dan jajan-jajan snack, ga banyak warung di Ujung Genteng,
  kita makannya bawa bahan sendiri dari bandung yaitu mie sama nasi liwet ala temen saya :
- Perjalanan ini dilakukan pada akhir tahun 2010
- Toiler umum disini relatif bikin kita berjengit ngeliat tarifnya Rp. 1000,- buang air kecil, Rp.2000 buang air besar, Rp.4000,- untuk mandi , wew kebayang kalo semuanya dilakuin yaah Rp.7000 doang buat adegan-adegan buang hajat ini.