Wakatobi...Hidden Paradise part 2 (end)

30 Maret 2013

Yak seperti yang udah gue duga sebelumnya, gue ama onta guagaaallll liat sunrise soalnya kita kesiangan (hadeeuuuhhh). Jadinya kita dibangunin ama Pak Ade, plus dia ngasi tau juga kalo kapal kayu dari Pelabuhan Waha ga berangkat, jadi kita kudu ke Pelabuhan Usuku. Well, akhirnya kita cuman gosok gigi plus ganti baju doang, langsung cusssss ke Pelabuhan Usuku, naek ojeg yang masing masing tarif ojegnya itu Rp.25.000. Oh iya sempet mampir ke Pantai Mola yang pasirnyaaaa haluuusssssssss n putih banget. Onta juga sempet-sempetnya beli Teh cap Wayang yang harum itu buwanyaaaaakkkk banget.

Pantai Mola

Jalan Masuk ke Pantai Mola

Perjalanan ke Pelabuhan Usuku

Sampe di Pelabuhan Usuku, udah mayan juga banyak calon penumpang, setelah kita beli tiket seharga Rp.120.000,- kita jalan bentar kearah rumah penduduk, gue mah mo beli aqua sedangkan Onta ngerasa bersalah doi dari Bau-Bau udah beli PopMie tapi udah dua hari belom dimakan juga, jadinya dy cari-cari aer panas. Dan akhirnya dy dapet aer panas doing seharga Rp.2000,- buat nyeduh mienya itu.

Jalan masuk ke Pelabuhan Usuku

Berburu aer panas buat PopMie

ini speed_nya

Papan petunjuk Biota laut yang ada di perairan Wakatobi
disini juga Onta beli aer panas.

Speed kita berangkat jam 08.00 wita, sempet pamit-pamit ama Pak Ade yang bener-bener nungguin kita ampe speednya brangkat. Oh iya, sempet ketemu anak Unpad juga… eaaaaak! Jauh jauh ke Wakatobi ketemu sesama almamater, cuman doi semingguan gitu deh mo explore Wakatobi, ini aja tujuan dy mo ke Hoga (uhhh someday yaah akoh kesonoh). seperti transportasi kebanyakan, orang-orang juga pada bawa macem-macem disini bahkan bawa motor segala (ditaro) diatap speed. Sempet berhenti bentar di Hoga, transfer penumpang jadi kita berhenti ditengah laut gitu ntar kapal kecil dari Pelabuhan Hoga nyamperin dan terjadilah transferan penumpang dan barang, gue sempet liat muka anak Unpad itu agak panik, ngahahahaha (PR banget deh kalo adegan ini terjadi pas musim ombak) Kita nyampe di Wanci jam 11.00 an di pelabuhan Jabal, sempet nunggu si Pak Axel, orang yang kita rental mobilnya selama setengah hari (Rp.200.000,-)

transfer penumpang di Hoga

Tujuan kita di Wanci sambil nunggu kapal malam adalah ke Keraton Wanci, Patuno Resort sama liat sunset di Pantai Cemara. Pak Axel orangnya asik, enak diajak ngrobrol dan dy dengan sigapnya nerangin lokasi lokasi yang sedang kita lewatin. Nyampe di Keraton Wanci, gue shock,,,, yang ada juga benteng kayak di Bau-Bau, Mesjid tertua di Wakatobi, daaaan kuburan. Kelar foto-foto disana kita lanjutin lagi perjalanan…. Muter-muterin Wanci yang panas HOT JELETOT banget waktu itu. Diliatin spot okeh buat foto yang ga disia-siain ama kita buat narsis-narsisan.

benteng Wanci
gue dan Mesjid Tertua di Wakatobi, yihaaaa...

Abis itu kita lanjutin perjalanan ngalor ngidul kita, lagi asik asik jalan gue liat singkapan/batu yang okeh banget (jiwa-jiwa geologist gue mulai merasuk kalbu) dan si Bule juga merhatiin hal yang sama. Iseng deh kita nanya itu lokasi apaan, trus kata Pak Axel, ini nih sumber pusat air bersihnya warga Wanci, banyak orang yang ambil air disini… trus jadi deh kita turun dan  liat si singkapan batu dan si Bule dengan ecxitednya liat-liat batu dan diskusi (lebih tepatnya dia nerangin ama gue) tentang nih batu yang gue yakinin adalah batugamping, sempet beberapa menit kita diskusi geologi di lokasi ini, hahahaha!

disuguhin pemandangan beginiaaaan...

gara-gara liat ini kita putusin buat turun ... *geologist in action

lokasi tempat warga setempat ngambil air tawar...

Kelar dari sini kita dikasi liat ama Pak Axel Bandara Matohara, Wanci yang notabene menurut gue lebih gede dibanding bandara Bau-Bau, sayang jadwal penerbangannya ga regular, cuman ada dua kali dalam seminggu. Oh iya, nyokap gue sempet-sempetnya pesen kalo gue kudu ke mata air seribu biar enteng jodoh (hayaaaah..) emak gue tau aja tempat begituan. Sayangnya waktu kesana, airnya lagi ga “meti” (surut) alias lagi pasang..jadi ga keliatan si mata air seribu_nya. Jadi mata airnya ini ada dipinggiran pantai, sepesisir sama Pantai Cemara, kalo pas lagi “meti” bias kita liat banyak gelembung-gelembung mata airnya, tapi kalo pas lagi pasang ya wasalam ga keliatan.

Sejauh mata memandang dimana pinggir jalan berupa laut… kadang kita liat pulau-pulau kecil milik pejabat setempat!!! Yak, ga usah heran disini maenanya bukan mobil mewah dan semacamnya tapi udah pulau pribadi men! Dan itu mreka bisnisin jadi resort resort dengan tariff aduhai… Nah, resort yang paling banyak dibicarain bloger dunia maya salah satunya adalah Patuno Resort jadilah kita kudu cek kesana,,beneran bagus gak, hahaha. Kocaknya adalah Pak Axel ini nih supir pribadi siempunya Patuno Resort yang juga menjabat sebagai Bupati wakatobi, yaelaaahhh doi mangkir demi menjalankan bisnis. Trik kalo mau masuk ke Patuno Resort ini cukup bilang ‘tamu resort’ soalnya resort ini tertutup untuk umum.
Well, Patuno Resort ini beneran WOW klo misalnya kita tau yang punya adalah aparatur Negara hahahaha ga mau ghibah ah. Overall, lokasinya enak dipinggir laut dan ada 8 kamar or cottage yang bener bener berada di pinggir laut, selebihnya agak masup kedalam untuk kamar-kamar biasa, tarif kamar biasanya start from Rp.300.000 kalo yang cottage dari Rp.800.000,- bisa deh buat yang pasangan baru nikah soalnya lokasinya beneran jauh dari mana-mana.

Kita nyante-nyante di Patuno Resort ampe laper…. Jadi deh kita caw buat makan, kearah-arah kota. Abis makan kan niat utamanya mo keliling kota Wanci sambil nunggu_nunggu sunset di Pantai Cemara, apa daya si Onta minta-minta mo diving lagi… jadilah kita di anter ke Waha situs lokasi diving and snorkeling. Pas kita nyampe, ternyata lagi ada pelatihan diving massal, agak lama juga kita diladenin sambil nunggu konfirmasi ada ato gaknya alat diving, soalnya lagi rammmeeeeeeeeee banget orang yang diving. Nunggu ngalor ngidul sampe si Bule bosen, akhirnya kita dapet konfirmasi klo ga bisa diving (huaaaa…) soalnya Dive Masternya lagi nyelem semua (damn!). Akhirnya kita ditawarin ama Pak Sudirman ini buat snorkeling aja, yha wesss akhirnya kita snorkeling…. . Agak deg2an juga snorkeling ini, soalnya buset dalem amaaaaat! Blom diliatin tebingnya yang Alhamdulillah gelaaap, akohhh sempet takootttt dan si buke dengan lempengnya bolak balik nyelem kearah yang gelap gelap itu…HIY! Sempet beberapa kali diajak gigituan ama si Bule tapi kan gue GAK BISA!!! (pengeeen). Coba si bule ngajak gue ke KUA, pasrah deh gue mau… (hadeeeuuh).

Pak Sudirman eksis ajaaa...

bosen nunggu kita foto-foto

Liat yang gini gini nih bikin gue jumpalitan

Kelar maen maen aer, kita langsung menuju pelabuhannnnn,,,,, abis beli-beli tiket ples taking tempat and pamit ama ABK, kita keluar pelabuhan lagi buat makan malem, makan masakan Jawa…. Passs banget persimpangan sebelum masuk ke pintu pelabuhan, enak deh. Kelar makan Onta malah sempet-sempetnya ngajak pasar malam WAKATOBI, rammmeeee deh dan banyak jajanan juga, yumm!!!

Pasar Malam Wakatobi

banyak ikan bakar dan kasuami

ada jualan sayuran juga

lokasi makan malam kita..... sambelnya nampooolll!!!

Finally, kita naek kapal lagi. Well, kapal yang kita naekin pas balik ini lebih gede dibanding waktu kita berangkat… jarak antara jendela ama tempat tidur kita juga legaaaa banget. Malah kita sempet ngobrol ngalor ngidul di pinggiran jendela kapal segala, dan jauuuhhh dari geraaah.. hehehehe.

31 Maret 2013

Subuh-subuh udah heboh denger orang –orang pada bangun plus siap-siap, kayaknya udah deket Bau-Bau, dan gag lupa dooong si ABK sibuk keliling bagiin teh anget, enak deh. Gue dan Onta juga nyempetin bersih-bersih di toilet kapal, Alhamdulillah udah rame aja orang-orang di toilet, yang mandiin anak lah, yang cuci muka, ada yang gosok gigi kayak gue, meriah deh! Fiuhhhh jam 6.00 WITA kita sampe Bau-Bau, nyempetin mampir bentar ke Kamali, buat foto di patung Naga dan langsung cuss ke Mess.

menanti fajar

akhirnyaaa si Onta kesampean foto di Patung Naga Pantai Kamali

Nyampe di Mess, langsung deh kita bersih-bersih,,,, dan Onta yang penasaran abis ama pasar Wameo yang sering gue ceritain pengen banget kesana, sedangkan kita naek pesawat jam 12.00 wita. Dia keukeuh kita bisa manfaatin waktu 1,5 jam buat ke Wameo, ya udahlah yaaaaah apaaaa sih yang gak buat temen gue yang satu itu, akhirnya kita nekat juga ke Wameo, si Bule juga gak ketinggalan ikutan.

Jadi, Wameo ini pasar loak semacam Pasar Gede Bage kalo di Bandung mah, tapi barang-barangnya lebih bagus di banding yang Jawa punya wkwkwk. Barang-barang yang ada disini tuh dari Wanci, jadi katanya Wanci punya pasar loak yang super duper gede and lengkap (sayang belom kesampean kesono), tiap hari Minggu kapal dari Wanci yang bawa dagangan merapat ke Wameo ini jadilah tumpek blek bangeeeet klo hari Minggu soalnya banyak barang baru. Peraturannya sama sih kayak di pasar loak di belahan dunia lain, kudu pinter ama jeliiiii banget nyari barangnya. Nah! Si Onta tipikal yang gitu gitu,,, hahahahaha :D

Onta sibuk milih-milih

Kelar berburu barang bekas kita langsung cuss milih ojeg, dan Alhamdulillah malah nyasar kesana kemari… agak bête juga diputer2in ama si tukang ojeg culey ini, dia ngomel gue lebih ngomel ampe mengekeret si mas-masnya. Packing final and DONE! Kita cabut ke bandara pake taksi kuno kota Bau-Bau yang muraaaaah,,,, hahahaha!

Mejeng bentar di Bandara Hasanuddin, Makassar

BYE Buton Island.....

P.S
Nomer Kontak Pak Axel ( rental mobil di Wanci) : 085256201000
Bisa juga rental motor, tarifnya sekitar Rp. 50.000 -Rp. 75.0000

Di Waha Coremap Site, kita bisa snorkling dan diving
Diving non license : Rp. 750.000,-
Diving with license : Rp. 500.000,-
Paket Snorkling     : Rp . 50.000,- (udah termasuk sewa fin + masker+snorkel dan kapal)
Sewa alat sonrkling : Rp.10.000,- / item

Di Wanci sudah lebih modern dibanding pulau lain di Wakatobi, jadi sudah ada ATM walaupun hanya beberapa dan sudah ada banyak penginapan dengan tarif yang beragam. Beberapa blogger menyarankan penginapan "Nitasari" : 081341762446

Jadwal kapal kayu selalu ada setiap harinya untuk tujuan ke Bau-Bau dengan jam keberangkatan jam 20.00 Wita, ada juga speed "Chantika Ekspress" yang berangkat dua hari sekali jam 09.00 wita.

Taksi di Bau-Bau ada dua macam, yang pertama taksi berupa mobil pribadi seperti Avanza, Xenia dll tarif dihitung perkepala dimulai dari Rp.50.000 - Rp.75.000 (pinter-pinternya kita nego aja) dan yang kedua taksi kuno dengan warna hijau lumut, dihitung per jarak yang ditempuh, taksi tipe ini pastinya lebih dipilih backpacker seperti saya :D mayaaan buat dari mess ke bandara.