Wakatobi....Hidden Paradise part 1

Wakatobi masuk dalam list “place you should go once in a lifetime” setelah taon lalu cuman gede niat doang, taon ini trip ini musti kudu bener bener “dijadiin” apalagi sekarang site gue di Sorawolio yang notabene tinggal ngesot doang ke Wakatobi mah (ngesot pake kapal kayu pastindja hahaha). Jadilah trip ini niat awalnya cuman trip egois, soalnya mo ada partner apa enggak gue kudu pergi kesono, jadwal cuti udah diatur plus jadwal flight ama kantor (see, enaknya lo kalo jadi geologist tiket dari site lo ampe rumah udah dibiayain kantor dan lo cuman mikirin biaya ngegembel dari Bau-Bau ke Wakatobi, ahahaha) eh tapi yah tapiii,,,, diakhir rencana ada sohib gue yang tak disangka dan diduga mo ikutan, padahal dia dari Jakarta sono, dan tiket juga ga murah trus kita cuman singkat doang di Wakatobinya (cuman pas long weekend doang) tapi berhubung dy cinta beud ama gue yha wes akhirnya dia fix ikutan dan gue ujung2nya ngajak temen bule yang dulu partner kerja waktu gue ditempatin di Site Lombok. Jadilah kita bertiga, 1 wanita dengan muka local abis, 1 wanita arob menjurus onta wajahnya, dan 1 bule cowok ketemuan di Bau-bau (looks like i’m the tour guide)

So here is the story,,,,

28 Maret 2013
Jam 11.00 siang udah standby di bandara Bau-Bau semerbak “Betoambari”, buat ngejemput para partner travelling gue yang kocaknya mereka belom kenal satu sama lain, dan mereka sepesawat!! Hahahahha……Oh iya, temen gue si arob Onta dapet tiket promo Air Asia seharga 400 rebu, tapi penerbangan malem (27 Maret) dan nyampe di Makassar jam 12 malem tapi lucky her ada temen kita yang lagi pelatihan di Makassar dan hotelnya deket dari Bandara, jadi deh si Onta nebeng di hotel si temen sambil nunggu penerbangan pagi buat ke Bau-bau (via Merpati – Rp.350.000). Si bule yang ga punya masalah dengan keuangan, dy milih naek Merpati soalnya gue suruh gitu, ngahahahaha!.

Sambil nunggu jadwal kapal yang berangkatnya malem sekitar 20.00 Wita kita keliling-keliling kota Bau-bau pake mobil rentalan yang adalah gue random banget nemu nomernya di google dan yeah fix harganya Rp.300.000 untuk setengah hari + driver (ini mah harga full day kalo di Bandung). Untungnya Pak Toni sendiri sang owner yang nganterin kita kemana mana (halooohhh dy S2 ajalaaah,,,,) dan dy suggest beberapa tempat yang sebelumnya emang belom pernah gue jelajahin (kalo ada waktu break gue ama temen-temen di lokasi suka colong2 jalan jalan keliling Bau-Bau)

Tujuan pertama kita adalah Pantai Nirwana (yha eyalaaah paling deket Bandara) walopun ini buka kali pertama gue kesini tetep aja gue takjub-takjub, pa kabar si Onta ama si Bule beuhh udah heboh sendiri, disini kita rada lama foto-foto dan si Bule gerak cepat langsung berenang. Berasa pantai pribadi, soalnya pas lagi sepi…. Pas gue jadiin DP BBM foo di pantai Nirwana ini, beberapa temen komen “itu elo lagi di Maladewa yaaaah??” ngahahahaha!

iyesss....ini Pantai Nirwana

Bening broohhhh,,,,,,,

Abis dari Pantai Nirwana, maksud hati sih pengen ke Goa Lakasa tapi apa daya Goa Lakasa_nya tutuuupppp.. si bule sempet kekueh “can we just walk?” tapi kata Pak Toni, takutnya ini adalah “hari mereka pasang sesajen mbak, sambil berdoa supaya wisatawan yang datang kesana tuh jauh dari malapetaka” trus gue inget deh terakhir gue kesana waktu sama temen-temen site emang sempet liat ada beberapa spot yang ada semacam sesajen gitu -___-“ jadilah kita bataaaallllll (but well, kalo misalnya kalian dateng ke Lakasa dan pintu masuknya ditutup ga ada salahnya datengnya rumah Pak Lakasa biar puasssss dapet jawabannya).

Tujuan selanjutnya (setelah sebelumnya sempetin foto di ekornya Naga ;p ) adalah air Terjun Tirta Rimba yang alhamdulillah aernya kering kerontang (ahhh kecewa penonton-untung jaman dulu gue kesini masik ada aer yang ngalir). Pak Toni akhirnya ngajakin kita ke lokasi lain gue lupa deh namanya yang jelas buanyak orang yang pacaran plus sambil mandi mandi plus ada juga yang lagi nyuci mobil, well yeah sort of river public area. Si bule semangat buat ikutan lompat kayak bocah bocah yang disana.

Patung Ekor Naga di depan kantor Walikota

Jump!!!!

Puas nyeneng-nyenengin si Bule kita lanjutin perjalanan ke Bukit Kolese, kata pak Toni sih dari sini kita bisa liat Kota Bau-bau dan kalo malem banyak pasangan muda mudi (halaah), biaya masuk ke Bukit Kolese ini Rp.2000. Pas kelar naek tangga, yaelah ini mah terasnya orang dengan view Kota Bau-Bau, boleh juga nih jiwa bisnis si empunya rumah hahaha. Dari sini kita bisa liat “hauling road” atawa jalan tambang perusahaan gue kyahahahah tapi masih berkasus ding, belom kelar pembebasannya (jahh malah tsurhat).

yang "gundul" itu jalan hauling,,,,tambang nikel.

Pemandangan Kota Bau-Bau dari Bukit Kolese

Udara siang bolong di Bukit Kolese ga kerasa soalnya banyak pohon alhamdulillah bikin ngantuk wajarlah si bule udah nguap-nguap lha wong nonstop dari Jakarta sana, gitu nyampe Bau-bau langsung keliling-keliling. Berhubung takut bablas malah tidur berjamaah di Bukit Kolese ini, akhirnya kita lanjutin perjalanan ke Keraton Buton... oh iya sempet mampir bentar di Bukit Polema yang ada tulisan BAU-BAU geuede banget ala ala HOLLYWOOD, sepanjang bukit Polema ini kalo malam banyak yang jualan Saraba (minuman khas Buton, semacam wedhang ronde, enak! dan teman temannya) berhubung kita siang bolong dateng kesana yha wasalam ga ada yang jualan.

Bau-Bau

Di Keraton Buton, si Bule sempet takjub soalnya dy nemu trace fosil di batu penyusun benteng (lhah kan gue udah terangin ini dibangun dari batugamping) dasar geologist dy perhatiin batu muyu. Well, trip ke Keraton Buton dan isinya udah gue share disini monggo di cek. Onta sempet mo nebeng sholat di Mesjid dalam keraton tapi ga ada mukena jadi deh niat itu batal... oh iya konon katanya mesjid ini muat nampung berapapun jumlah jamaahnya (emejing!). Di Keraton kita banyak abisin buat foto foto dan foto hohohoho. Kelar dari adegan perpotoan di keraton kita mampir ke Mess perusahaan gue yang setelah ijin sana sini, boleh bawa temen kesini (aaahhhh bos gue emang pada baek), di mess kita bersih-bersih,istirahat bentar dan makan!! (masakan ibu mess di sini ga pernah ngecewain).

Onta tampak belakang hahahaha....

Great view...

Abis sholat isya kita caw dari mess menuju Pantai Kamali, sambil-sambil nunggu jadwal kapal jam 20.00 wita, kita jadinya nongkrong sambil makan pisang goreng kipas plus mimik saraba. Ew yak, jadwal kapal menuju Tomia (tujuan kita) ga ada setiap hari jadwalnya dua hari sekali dan malam itu kita naek kapal menuju Wanci dan bakal dilanjut pake kapal kayu lain menuju Tomia. Kapal dari Bau-bau menuju Wanci selalu ada setiap malamnya, untuk lebih jelasnya jadwal kapal bisa dicek disini

Kelar nongkrong-nongkrong kita ngesot menuju Pelabuhan Murhum. Setelah take_in tempat tidur kita nongkrong diluar kapal... soalnya di dalam panas banget plus penuh, ada dua pilihan bisa dikamar yang super duper mini atau di dek, dan kita milih di dek, soalnya tampak lebih lega walopun campur sama orang laen but trust me it’s totally FUN!! (mreka welcome loh ama para pendatang, bahkan ditunjukin lokasi lokasi yang onyeh  segala) Tanda tempat tidur or matras udah di take adalah dengan digulung ataw bisa naro barang diatasnya, InsyaAllah yang laen udah ngerti kalo tuh matras udah ada empunyanya

Akhirnya kapal berangkat jam 20.30 wita, yang sebelumnya kita sempet pamit pamit sama pak Toni n ngelarin urusan bayar membayar, puas deh ama servicenya doi.

kayak gini kondisi dalam kapal....

Bye Bau-Bau we heading to Wangi-Wangi (Wanci..)

29 Maret 2013
Sekitaran jam 04.30 wita orang orang udah pada banyak yang bangun ternyata ada ABK yang ngebagiin teh anget (beuhh kalah nih maskapai yang katanya murah itu, ni kapal aja masik ngebagiin teh) mayan buat anget-angetan di pagi hari. Gue sempet ke toilet yang ada di dek bawah, toiletnya langsuuuung ke laut aer buat nyiramnya juga aer asin, jadi para cewe cewe mending siapin aqua botol kalo mo pipis. Depannya toilet baru deh disediain 5 drum gede aer tawar, area ini nih digunain para penumpang buat cuci muka, gosok gigi bahkan ada yang mandiin babynya segala (wedeww, lengkap bawa baskomnya cyiinnn). Oh iya kalo ente ente beruntung kayak temen gue dy jam 3 or jam 4 bisa liat lumba-lumba,,, dan gue masuk dalam jajaran orang yang kurang beruntung).

05.30 wita, kapal kita nyampe di Pelabuhan Wanci yang ruameeeeeee banget, belom lagi serobot sana sini nawarin ojegnya, sasarannya tak lain dan tak bukan bule asli dan bule abal-abal tuh si arob, bolak balik si onta diipanggil “Miss” dan dy tampak bisa terkencing-kencing saking bahagianya dikatain bule, wew. Akhirnya kita dapet 3 ojeg, dan dengan pedenya gue ngomong “pak ke pelabuhan yang buat ke Tomia” (beberapa blog nyaranin gue buat ngomong gini, soalnya di wanci ini banyak banget pelabuhannya sodarah sodaraah!), dan dianter lah kita ke Pelabuhan Jabal yang ternyata viewnya kampung suku Bajo (gue ama onta udah kegirangan sendiri, secaraaaa biasa liat beginian ditipi, eh sekarang depan mata men!!!) jadilah kita jeprat sana sini dulu. Jadi Suku Bajo ini tinggalnya di atas laut, makanya alat transportasinya ya “bodi” kapal kecil yang keknya cuman muat dua orang semacam kano gitu dan mereka lincah lincah banget renangnyaaaaa…..(iri deh).

Heboh pada mo turun kapal...

Suasana Pelabuhan Wanci

Kampung Suku Bajo diambil dari Pelabuhan Jabal

Gue sempet iseng nanya sama si emang-emang (brasa emang batagor) petugas speed, jam berapa berangkatnya dy ngemeng jadwalnya tuh jam 10 dan kita tuh udah dilokasi jam setengah 7, mwewwww jompo nungguinnya. Entah kenapa ada panggilan hati buat sms Pak Ade (orang dive centre yang kita tuju di Tomia) dan beliau pun mengarahkan kita buat ke Pelabuhan Mola ajah, soalnya kapal yang dari Pelabuhan Mola tuh tujuannya ke Pelabuhan Waha yang mana deket ama tempat nginep kita, lha kalo naek dari Pelabuhan Jabal itu emang sih kita naek speed yang lebih cepet perjalanannya (2 jam) tapi tujuannya adalah Pelabuhan Usuku dan itu butuh waktu 0.5 jam buat nyampe ke tempat penginapan kita. Akhirnya kita panggil ojeg lagi, trus pindah ke Pelabuhan Mola disana udah nangkring kapal kayu Azham Raya sesuai yang diarahin sama Pak Ade, berangkatnya jam 9.00 wita.

Gerbang Pelabuhan Mola

Kapal kitaaaa......

Kita nongkrong-nongkrong di Pelabuhan Mola sambil nyicipin nasi bambu yang kata beberapa blogger kudu harus musti dicoba, dan emang bener rasanya enak apalagi pas panas panas. Pelabuhan Mola ini ternyata khusus buat kapal kayu dengan tujuan Kaledupa, Tomia dan Binongko kalo yang tujuan Kaledupa bisa naek yang tujuan Tomia, ntar di tengah tengah jalan eh maksudnya laut ganti kapal kecil, soalnya searah. Seru deh liat perpindahan penumpang ditengah laut gini. Di Pelabuhan Mola, Onta n si Bule jadi pusat perhatian, apalagi waktu tau si Onta bisa lancar bahasa Indonesia, mreka girang plus takjub, bule arab kok lancar amat bahasa Indonesianya (yaelaaahhh,,) dan Onta nerusin sandiwara bule-bulean ini ampe kita brangkat, wew. Oh iya ada warung yang rada menyenangkan bentuknya brasa alfamart KW lah, plus si empunya juga ramah, Onta diijinin pipis plus ngecas BBnya sambil nunggu-nunggu berangkat, baek deh. Well, akhirnya kita berangkat jam 9.00 wita, sempet disuguhin pemandangan para pemuda Bajo yang lagi berburu (nombak) ikan,,,, GILAAAA, 2013 dan mereka masih pertahanin nombak ikan,,,,, keren!! Perjalanan pake kapal kayu berkisar 3-3.5 jam, dan tengah-tengah jalan kita masi dikasi kopi susu ama crew kapal…btw kopi susunya enak deh, ga tau deh itu campurannya apaan, Onta aja ampe nambah.

Nasi Bambu yang terbuat dari ketan (kayak Lemang sih)

suku Bajo lagi nombak ikan... ga pake perlengkapan renang apapun

Pas nyampe di Pelabuhan Waha, Pak Ade udah nangkring di Pelabuhan, kenapa gue tau kalo itu Pak Ade?? Soalnya ada mbak-mbak yang kasi tau kalo itu adalah Pak Ade, ahahaha! Si mbak juga kasi tau, biasanya orang tuh pada ke Dive Centre_nya Dr Yudi yang katanya gantengnya Naujubillah, dokter muda dari UI. Sayang ga bisa ketemuan abis si doktel Yudi akoh sms ama telfon ga ditanggep, yha wes berpaling deh ke Pak Ade, heu!. Ga beda jauh ama pelabuhan pelabuhan yang udah kita datengin, aer di Pelabuhan Waha ini ijo …. Kyaa brasa mo nyemplung!. Nah berhubung kita bertiga, jadi Pak Ade gantian nganterin kita ke penginapannya. Si bule udah tau lirikan lirikan iblis gue jadi dy ngalah buat dianter duluan jadi gue ama onta bisa foto foto dulu, ngahahaha. Gue sempet underestimate sama penginapan, soalnya liat-liat yang di Hoga via blog beberapa orang aja udah gitu.. jadi gue ga berharap banyak soal penginapan, tapi ternyata wew, diluar ekspektasi, mana pake AC segala, hohohoho. Ni Pak ade kenapa ga ngemeng deh kalo dive centrenya nyediain penginepan, soalnya Pak Ade yang dari kapan taun gu hubungin selalu nanya “penginapannya mau yang gimana mbak? Budget berapa?” yha gue jawablah yang biasa biasa aja pak sekitar 100.000 an kalo bisa. Kita deal-deal sama Pak Ade klo kita kudu diving hari ini, soalnya besok pagi udah cabut ke Wanci lagi, Pak ade nyanggupin dan dy panggillah dive masternya sambil nyiapin peralatan diving plus kapalnya. Pak ade orangnya ramaaah banget dan Onta mendadak akrab sama Pak Ade, ngerengek laper trus akhirnya dianterin Pak Ade deh ke warung makan akhirnya gue ama si bule nitip makan siang skalian biar dibungkus. Onta pesenin kita nasi goreng dan beneran enaklah nasi gorengnya, kata Onta yang jualan orang Jawa, anaknya udah pada kuliah, jadi weh si Onta sempet terharu “Subhanallah yah kutuuu,,,, pada udah kuliah, dari hasil jualan disini” FYI nama warungnya tuh “Mas Dhika” rasanya jawa abisssss….

Penginepan kita.....cuman dua kamar.

interior penginepan... ada AC nya juga kok, 100 rebu ajalah!

Jadilah kita makan siang diatas kapal…ngejar waktu, lokasi diving kita tidak lain dan tidak bukan adalah “Mari Mabuk” yang kesohor itu, deket deh dari lokasi penginepan. Berhubung kita pada amatiran (baca : belom pernah diving) jadinya judulnya kita tuh “discovery diving” jadi kita bakal gantian divingnya sambil dipandu sama Pak Ahmad, dive master kita, selama 30 menit (nulis ini jadi inget waktu deg2an mo diving  pengen jumpalitan saking senengnya) Sebelum diving kita dijelasin dulu sama Pak Ahmad, peralatannya, cara makenya plus antisipasi kalo kuping kita sakit waktu diving dikasi taunya sih pertama kudu nelen ludah (Alhamdulillah cara ini doesn’t work at all buat gue ama onta, soalnya kerongkongan kita kering banget waktu diving, hahaha) trus yang kedua tuh tutup hidung kenceng trus buang napas sampe ada sensasi di ki kuping (halah, gue bingung jelasinnya, kyaaaa). Si bule yang tampak udah faham cuman ngangguk- ngangguk aja. BTW pemirsah,,, gue sempet iseng nyelupin kamera underwater plus ngejpret secara random, dan pas liat hasilnya,,,, wew! Ikannya banyak bangeeeettttt…..

Pak Ahmad lagi jelasin prosedur nyelem

Akhirnya si onta nyemplung juga... setelah dia tampak menghilang dari permukaan aer, giliran gue ama si bule snorkling sambil nunggu si onta kelar divingnya... snorling aja udah keren, aernya jernihhhh banget, mata gue yang bolor minus 2.45 ini aja masih bisa liat ikan seliweran ama coralnya padahal itu kedalaman 5 m, bener-bener brasa kayak waktu di Pink Beach, Pulau Komodo. Si bule mah, bikin iri dan dengki bolak balik nyelem-nyelem, kan kan kan gue juga mau bisa begituan buahahaha.... dan dy sempet-sempet laporan ke gue “i follow Maya, i thought she fine but lil bit panic coz too much bubble“ gue ngakak aja padahal dalam hati mikir “keknya pas giliran gue gelembung udaranya bakalan lebih heboh” –“.

Ini hasil jepretan pak Ahmad...

Akhirnya Onta muncul juga di permukaan dan dy udah heboh, kayak udah ga sabaran gitu mo laporan ama gue “kutu!! Keren bangeeet,,, sumpahnya, baguuuusssss gapapa deh gue bayar mahal, tapi ini worthed “. Jadilah gue makin ga sabar, dan kampretnya sodarah-sodarah tetiba gue mabok laut (uwew!!! Bikin malu aja…) tetiba gue puyeng plus muntah –muntah gitu deh,,, jadilah si Bule yang dapte urutan kedua, soalnya  gue sibuk nenangin diri gue dulu dan si bule sempet-sempetnya ngomong ala owl (itu loh ngomong merem melek bijak) “its okay, better out than in”

si Bule berenang bareng Baracuda

temennya Nemo.... hahaha Bat Fish

Well, kelar juga nih bule nyelem-nyelemnya… komen dy “ this is very very unexpected” dy sangka kali Wakatobi biasa aja kali yah….dan giliran gue nyempluuung!!! Yuhuuu…. Aaah ngerasain juga nih diving, brasa Nadine Chandrawinata deh gue (halah). Well, sejauh mata bolor gue memandang, gue bisa liat Nemo (clown fish), trus Lion Fish, kumpulan Barracuda, Bat Fish (itu  loh temennya Nemo di aquarium), Uler laut juga (hiyyyyy….pait pait paiiiittt), dan masih banyak yang lainnya,,, sayang yah kalo pas nyelem ga bisa teriak, padahal gue mo gugulingan saking senengnya. Pak Ahmad ga totally nuntun kita, kadang kita dibiarin keliling kemana aja kita mau, Alhamdulillah keknya gue heboh jadi deh kaki gue suka ndusel -ndusel karang-karangnya (maap amatiran), Pak Ahmad juga tau lokasi yang okeh dan ngarahin kita buat foto dimana yang okey (aaaakkk naluri yang satu ini ga usah dipertanyakan gue udah sigap sigapnya pasang aksi). Bagian paling skeriiii menurut gue adalah kalo diarahin Pak Ahmad ke tebing-tebingnya gitu deh, padahal gue udah jumpalitan liat jurang dalem laut itu.. tapi digandeng ama Pak Ahmad menuju situ, wasalam deh pasraaah….. tapi nyusurin tebing itu pemandangannya lebih keren soalnya banyak ikan yang seliweran plus sembunyi dibalik koral-koral di tebing ini. Aaaahhhh pokoknya kereeeeeeennn…… ini beberapa foto yang diambil ama Pak Ahmad.

uler lauttt,,,,wew!

gue...ahem!

lion fish

idih amit amit deh deket ama yang beginian...

Kelar dari  nyelem-nyelem, kita bebersih,,,, (FYI ini adalah kali pertama kita mandi setelah dua hari ga mandi, huahahahahaha), beressss trusss kita jalan jalan deh keliling Tomia, by walking… masi sunyiiii ademmm dan haloh gue suka shock kalo teras orang  dipasang lampu disko n mreka karaokean dengan santaynya, blom lagi si bule mendadak popular suka dipanggilin “hei misterrr..”. Nah! Pulang dari jalan-jalan malem, di resort kita didatengin sama Pak Ade daaaan semaleman itu kita di dongengin sama Pak Ade, seru-seru deh ceritanya Pak Ade, dari yang Trinity demen banget ke sini trus banyak nyatet-nyatet kalo Pak Ade nerangin, sampeee cerita pecah kongsi antara Pak Ade n Dokter Yudi.

Well, sebelum kita pamit bobo kita ditawarin Pak Ade buat liat sunrise jam 5 pagi, trus jadwal kapal di Pelabuhan Waha itu jam 9.00 wita. Bye Pak Ade, what a good story,,,,

To be continued…

P.S
Nomer telfon Pak Toni (rental mobil di Bau-Bau) : 081357999555
Tandiono Dive Centre (Pak Ade) : 081524767854
Tarif per Kamar : Rp.100.000,-
Harga Diving non Licence : Rp 500.000,-
Harga Diving with Licence : Rp 350.000,-
ini semua udah termasuk sewa kapal dan sewa peralatan.

Kalo mo sewa motor buat keliling Tomia, hubungin aja Pak Ade beliau bisa ngeusahain, intinya Tandiono Dive Centre ini pengen ngebantu perekenomian warga setempat, kita bahkan bisa request kalo mau tinggal homestay di rumah warga lho! (kalo yang rombongan)