Dieng The Gods Above

Perjalanan ini sebenernya ga direncanain banget cuman modal ngobrol ngalor ngidul ama temen seangkatan gue via LINE secara gue lagi di lokasi si temen gue di Jakarta, gue juga ga minat bikin itin soalnya gue udah ribet bikin itin buat ke Toraja ( jarak ngetrip Toraja ama ke Dieng cuman seminggu.. *penting banget dibahas) tapi terlaksana juga trip menuju Kahyangan ini bwahahahaha. Ga lupa dong gue ajak si travel mate abadi gue si Onta, Jadilah trip ini terdiri dari  tiga orang, gue, Onta ama Sancoy.
Start point gue dari Bandung, janjian ama Onta n Sancoy di Jakarta yang mana mreka ngantor dulu…hohohoho. Jadilah gue naek travel Baraya turun di kosan si Sancoy ngebangke ampe Sancoy pulang gawe trus kita naek Busway ke jalan Pemuda, ahiwwwwww *perdana naek Busway bwahahahahaha.
Agen bus “STAR BUS” yang kita tuju ada di Jalan Pemuda, pas banget sebelahan ama Bank Mega Syariah, kita naek bus “SINAR JAYA” jurusan Wonosobo seharga Rp. 85.000,-. Sekitar jam 17.30 WIB bus kita berangkat, the journey begin

Agen STARBUS di Jalan Pemuda

Kita nyampe di Wonosobo jam 5.00 WIB tepatnya kita minta diturunin di daerah Plasa, jadi ceritanya ada Plasa disitu, kita sempet dikerubutin orang-orang buat nawarin bus (mereka nyebutnya “mikro”) menuju Dieng. Kita naek mikro yang agak lowong seharga Rp.7000 tapi ini belom nyampe Diengnya, kita nyambung lagi naek mikro laen Rp.5000,-… soalnya ada ruas jalan yang putus, jadilah kita jalan kaki dikit ngelewatin jalan yang masi diperbaiki dan lanjut naek mikro yang lain, dan halooh ini mikro kagak bakal jalan sebelum overload, jadi ya sabar-sabar aja dan cari posisi yang enak buat duduk ( RUGI, kalo ga duduk deket jendela soalnya pemandangannya bener2 AWESOME) . Jangan lupa buat tanya-tanya ongkos mikro ama penumpang lain yang juga penduduk lokal…. Biar ga dimahalin, hahahaha.

Pemandangannya luarbiasaaaaaa

mikronya baris rapi nunggu giliran buat berangkat

Kita diturunin pas di pertigaan yang ada Penginapan Bu Jono, ga usah khawatir di Ideng soal penginapan soalnya ada banyaaaaaak banget. Kita sempet liat-liat bentar di Bu Jono rada ga sreg (walopun di beberapa blog bahkan tripadvisor nyaranin nginep di Bu Jono) akhirnya kita jalan ke arah deket-deket mesjid nemu deh “Nusa Indah 2” seharga Rp.150.000 perkamar berhubung kita bertiga dan Sancoy sendirian cowok kita putusin bayarnya sama rata hahahaha jadi masing2 kena Rp.100.000. Penginapannya baru dan ada fasilitas aer panas… mayan buat anget-angetan, pemiliknya juga ramah waktu gue minta aer panas kita malah dikasi satu termos, mayan bisa ngopi.

Interior "Nusa Indah 2" , dari pertigaan Bu Djono belok kiri
sampingnya mesjid.

Penginapan udah fix, saatnya cari rentalan motor! Kita dapet rentalan motor seharga Rp.125.000 untuk dua motor plus jasa guide buat ke Sikunir besok. Tujuan pertama kita di Dieng pastinya “Telaga Warna” secara itu yang paling deket ama penginepan, HTM Rp.6000,- kita keliling-keliling deh ,,, brasa di Ciwidey malah, trus kita naek tangga yang banyak banget menuju “Dieng  Plateu Theathre” HTM buat nonton film dokumenter disini Rp.4000,- Kelar kita nonton ternyata ujan gede banget yha wes kita berteduh di warung sambil ngemal ngemil jamur ama kentang asli Dieng yang yummy banget!!

atas : Goa Semar, Goa Penganten (buat semedi)

Telaga Warna

Kelar dari Telaga Warna ama Dieng Plate Theatre sih niatnya mo ke Talaga Cebong tapi apa daya emang rada apes kalo pergi pas musim ujan, tiba-tiba ujan gedeeeeee banget waktu kita perjalanan ke Telaga Cebong walhasil kita berteduh lagi di rumah orang, hahahaha drama banget lah pokoknya. Akhirnya pas agak reda, kita tembus deh ujannya blanja-blanja di Indomaret beli popmie ama kopi hahah trus ke penginepan rendem-rendem kaki pake aer panas bertiga sambil makan popmie. Pas ujannya bener-bener reda kita putusin deh buat ngejar ke kawah Sikidang (kejar tayaaang brookkkk… waktu mepet dan banyak yg mo dikunjungin)
naek tangga dariTelaga warna ke Dieng Plateu Theater

tiket masuk

balik kanan setelah nyerah menuju Telaga cebongan hahahaha

edisi dibuang sayang :D

Nyampe di Kawah Sikidang udah sepi (udah sore banget siihh) …dan disaranin sama tukang parkirinya kita bawa motor aja ampe ke area kawah, jadi deh kita bawa motor masuk kedalem dan kita bebas biaya parkir ama biaya masuk, ngahahahaha! Dengan lihai dan gerak cepatnya… kita seefisien mungkin jeprat jeprit di lokasi ini XD, antara keburu gelap ama keburu ujan juga sik…dan tinggal cuman kita bertiga di kawasan kawah Sikidang ini.

orang-orang pada balik kita malah baru naik , hehehehe itu motor kitaaa

Malemnya kita nyobain makanan khas Dieng “Mie Ongklok” ama minuman “Purwaceng’ nama warungnya “RM NUSANTARA” lokasinya deket Indomaret selurusan sama Penginapan Bu Jono, sate Solonya enaaaaak…. Dan puwacengnya bikin anget n jreng!

Keseokan harinya, pagi buta jam 4.00 kita udah ready ke Sikunir berburu sunrise, perjalanan dari penginapan ke area parkir Sikunir sekitar 30 menit dan jam jam segitu tuh udah rame ajalah…..Nah, dari parkiran kita jalan nih menuju puncak Sikunir, trekking dikit cuman 1 KM, tapi nanjak, jalan sempit (sebelah udah jurang) dan agak licin juga basah bekas ujan, dan gelap agak safe klo bawa senter yah. Pas nyampe puncak udah banyak orang…. Dan gue kaget ada yang jualan segala, hahahahahaha…. Jualannya macem-macem lho, ada minuman anget ama aneka gorengan, gue sempet iseng nanya jam berapa mereka naek ke atas, mereka bilangnya sekitar jam setengah 3 an, WEW! Oh iya, bawa segala penghalau dingin yang lo punya, soalnya diatas tuh super duper dinginnnnn…. Dan gue sempet bingung liat cewek dengan santinya pake tank top ama pasmina doang, hipster banget men! Disaat bule bule pada pake jaket tebel-tebel, fiyuhh.

Selamat Pagi, Sindoro :)

Puas foto-foto di Sikunir kita turun, perjalanan turun bisanya sih lebih singkat dibanding pas naik yaah ( yaeyalah menurut ngana?). Kita sempetin juga mampir ke Telaga Cebong yang kmaren gagal kita kunjungin gegara  ujan, jadi sebaiknya mampir ke Telaga Cebong itu sekalian aja pas kelar dari Sikunir men..
itu noh Telaga Cebongan...XD

mreka kreatif banget deh ngamen pagi-pagi dingin pula!

jjiyeeeh

SIP! udah ke desa tertinggi....hahahahaha

Tujuan selanjutnya adalah kita ke Candi Gatot Kaca (ga pake tiket masuk, cuman parkir Rp.2000) , candinya cuman sebiji siiih tapiiii pemandangannyaaaaa,,,, aisyedaaaaap! Abis dari Candi Gatot Kaca kita ke Candi Arjuna (bayar parkir Rp.2000), ketemu Teletubies segala… mayan buat temen foto hahahaha. Oh iya, pas pagi-pagi   Candi Gatot Kaca ama Candi Arjuna masi sepiiiiiii banget, jadi puas deh foto-fotoinnya. Jangan lupa buat mampir beli kentang goreng di parkiran Candi Arjuna, enak deh,,,, kentangnya lebih manis (menurut gue) beda ama kentang lokal biasa.

Candi Gatot Kaca

Teletubbiesnya ndak lengkaaaap ;(

Candi Arjuna

Kita juga sempetin ke gerbang selamat datang, teteuppp buat foto…hahahaha. Sepanjang perjalanan puasss banget ama pemandangannya, brasa di komik Paman Gober hahahahaha. Kanan kiri ladang semua, FRESH!

ini ruas jalan yang waktu itu masi dalam perbaikan

Siang-siang kita check out, lanjutin ke Wonosobo, diturunin di Plasa lagi dan kita sempetin beli oleh-oleh buat orang rumah, trus ke terminal. Sayangnya tiket buat tujuan jakarta via “Sinar Jaya” udah abis akhirnya kita naek “Dieng Indah” dan ini ga disarankan yah sodara-sodara… busnya ga jelas banget, tapi syukurlah kita nyampe Jakarta dengan selamat dan Sancoy plus Onta langsung kerja, hahahahaha :D

P.S
1. Jangan malu nanya harga ongkos bus ato angkot sama orang lokal kadang wisatawan suka dimahalin.
2. Brani tawar-tawar buat sewa motor maupun kamar hahaha… kali aja bisa dapet murah.
3. Kudu cobain kentang Dieng, asli ENAK!!! Dan purwaceng biar stamina okeh,,,, *kata Sancoy.
4. Ada banyak penginapan di Dieng jadi ga usah takut ga dapet, jalanin aja satu-satu hahahaha kita sih random banget milih dan kebetulan dapet, bagus pula. “ NUSA INDAH 2” 085296514115 – Soha