Gili Asahan




Mungkin ga banyak yang tau soal Gili Asahan, iya sih orang lebih familiar ama 3 Gili primadona Lombok, Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Di lokasi kerja gue dulu deket banget ama Gili Asahan, kebetulan lokasi kerja gue dulu ada di desa Brambang, Sekotong, Lombok Timur, which itu tuh tinggal nyebrang 15 menit doing udah nyampe ke Gili Asahan.

So, dikarenakan waktu itu abis libur lebaran dan kerjaan belom maksimal, jadilah gue mlipir ke Gili Asahan berdua doing ditemenin ama ass. Geologist bernama Pak Basit. Jadilah di pagi yang cerah ceria gue ama Pak Basit nyebrang ke Gili Asahan, naek semacam ketinting seharga Rp.6000 ajah per orang. Naek kapalnya biar aman, bilang aja ama si emang (tsaaah kek mang batagor) minta jemput lagi jam sekian. Jarak dari lokasi nyebrang ke Gili asahan tuh deket , bahkan katanya ada kru drilling gue yang berenang ke sono, sadih dah si crew. Sebelum nyampe Gili Asahan kita bakalan liwatin budidaya mutiara, Lombok emang terkenal sama mutiaranya kan?. Pertama sih gue bingun, apaan deh itu bola bola banyak amat ngapung di laut, trus ada pondok kecil, ngapung juga. Pak Basit nerangin, kalo bola itu penanda lokasi tempat mutiara yang di budidaya di dasar laut dan pos pos itu gunanya untuk pengawas, biar ga ada yang maling mutiara secaraaaa mutiara air laut mahal maaaak!!!!


hamparan bola bola penanda lokasi mutiara


Nah, pas nyampe sana ternyata ada budidaya penyu juga, cuman gak kaya di Ujung Genteng, yang kelola juga rumah tangga, dia bikin buat piara trus diambil telurnya, YAP!orang Lombok masi banyak yang konsumsi telur penyu buat vitalitas, tsaaaah. Trus gue sempet mampir ke rumah penduduk, hasil ngobrol-ngobrol Pak Basit gue jadi tau kalo area Gili Asahan yang gue kunjungin ini propertinya orang Spanyol, ada 5 gazeebo yang disulap jadi penginapan, tanpa dinding jadi cuman pake kelambu doang. Si orang spanyol ini datengnya suka ga pasti seenak udel dia aja kalo lagi mo menyendiri baru datengin Gili Asahan, tapi free sihhh kalo mo kesitu.


liat beginian brasa mau nyemplung dari kapal


sepi


Gue sempetin snorkling di Gili Asahan, pantainya pasirnya putih,,,, dari bibir pantai ke lokasi yang banyak coral ga jauh, jadi ga kudu jauh-jauh berenang udah dapet pemandangan kece bawah laut. Gradasi warna dari pasir yang putih, sampe air laut yang biru bener bener bikin adem mata. Satu lagi, pantainya ga rame orang jadiiii brasa pantai pribadi :D :D :D



P.S
1. Lombok tuh punya pantai indah yang uncountable hahaha….. jadi jangan mentok di Pantai yang udah terkenal men…. Explore Lombok.
2. Jarak dari Mataram ke desa Brambang bias ditempuh selama dua jam, jauh sihh tapi mata lo dimanjakan ama pemandangan pantai yang aduhai. Buat kalian yang dari Bali, Lombok Timur tuh udah deket dari Lembar.
3. Angkutan umum masi minim, jadi better pake kendaraan pribadi.
4. Ada Gili Nanggu juga, di Pauh, malahan disini udah banyak wisatawan walaupun belom kayak cendol kayak di Gili Trawangan, harga sewa kapal nyebrang ke Gili Nanggu itu Rp.200.000,- (PP, diitung perkapal, ga tau deh harga sekarang berapa)

Comments

Post a Comment

Popular Posts