Basah-basahan di Green Canyon

Trip ini dilaksanain setelah si dedek ketjil Ceriya cemberut ga bisa ikutan trip ke Dieng, jadilah kita adain trip ke Batukaras walopun sebenernya dia udah pernah hahahaha so this is how we had quality time liburan bareng bertiga setelah terakhir adalah Phuket n Singapore.
Hasil dari nanya sana sini ama temen yang udah sering bulak balik ke Batukaras, gue putusin kalo mo naek travel 4848 soalnya door to door dan jadwalnya yang paling pas (saat itu yah) perhitungan gue berangkat jam 12.00 malem nyampe ke Batukaras jam 5.00 pagi, itu itung itungan dengan happy ending yah… I will tell you the whole story.
Gue beli tiket travel seharga Rp.80.000,- (non AC)  pool  4848 tujuan Cijulang, Batukaras dan teman-teman... poolnya ini ada di deket Stasiun Bandung deket jembatan, tempatnya kecil nyelip diantara ruko-ruko ekspedisi.
Apa daya khayalan tinggal khayalan sodarah sodaraaaah…… kita baru dijemput jam 04.50 WIB udah pake adegan molor segala dengan kata lain kita delay lebih dari 4.5 jam! Hedeeuhhh… dan enggak banget lah, usut punya usut si driver yang nyupirin kita pagi ini adalah supir yang sama yang baru aja kelar dari Batukaras ke Bandung jadi ini supir PP. Gua ama Onta n Ceriya juga nyimpulin kalo mobil 4848 ini PP dari Batukaras – Bandung, jadi supir dan mobil yang sama PP dengan jarak tempuh 10 jam PP belom pake adegan macet…. ergh *cuman bisa berdoa
Nyampe di Batukaras jam 13.00 WIB dan kita langsung berburu penginapan, rata-rata penuh emang Batukaras waktu itu penuh ama bule. Kita nemu penginapan Hi-Lo hasil ngobrol-ngobrol ama pasangan suami istri, mreka baik deh ampe nganterin kita bertiga bolak balik naek motor hahaha dan salutnya mreka sebenernya punya kamar untuk disewa cuman katanya belom diberesin dan kamarnya ala kadarnya banget kasian kalo cewek-cewek nginep disitu mah ;’)
Hi-Lo ini rada masuk sih tapi gak terlalu jauhlah dari pusat keramaian di Batukaras, dan bangunannya masi baru dan yang punya penginapan ini nih owner distro “UNKL” udah bisa dibayangin dong tempatnya “pecyaaaah”. Kita tawar2 agak alot nih buat ambil ni kamar tapi jangan panggil Onta kalo orang ga luluh liat dia, akhirnya kita dapet deh bungalow dengan harga Rp.450.000,-  dari harga awal Rp.600.000,-  itu tuh udah AC+TV ama kamar mandi dalem.
interior di Hi-Lo
Kelar urusan kamar, kita minta ama mas –mas penjaga penginapan buat cariin 3 ojeg trus kita langsung cuss ke Green Canyon, jarak tempuh dari Batukaras ke Green Canyon Cuma 20 menitan. Pas nyampe Green Canyon kita udah kesiangan buat ikutan body rafting, paling telat kata bapaknya tuh jam 13.00 WIB si Onta udah keburu heboh sedih keukeuh pengen hari ini juga :D hahaha akhirnya kita sepakat deh besok pagi aja body raftingannya bayar Rp.200.000,- (include snack ama lunch dan sertifikat) dan kita balik lagi ke Batukaras naek ojeg Rp.10.000,- (hasil dicariin ama Pak Asman, penjaga loket Batukaras, hahaha)

Sempet kesel sik ama 4848, gara-gara telat kan jadinya itin gue berubah,,, but hey! This is holiday,,, jadi ikutin aje men kek air ..jiaaaah. Nyampe pantai Onta gesit trus nanya-nanya tarif water sport dan berkat keahlian si arob tawar menawar kita dapet Rp.400.000,- untuk dua permainan, Gladiator dan UFO *cobaaa ada dua orang lagi gabung bisa mayan tuh biaya sharenya….. fufufufufu.

Inti dari watersport ini sih sama aja,,, diputer-puter plus ditarik ama speedboat tapi menurut gue yang seru tuh Gladiator kita ampe membal-membal malah Ceriya ama Onta sempet kelempar, bwahahahahahahaha…. Udah mah kita pas perjalanan di 4848 udah kelempar-lempar, membal-membal gara-gara jalanan rusak, sekarang di aer, ga usah ditanya bokong ni keknya ntar lagi mati rasa XD

pasrahin aja badan lo selama di permainan ini ;p

Abis seru-seruan maen aer, kita balik ke penginapan soalnya semuanya basah, eh di jalan ketemu mang bakso, si Onta langsung deh inisiatif buat nyuruh mamang basonya ke penginapan kita (ajaib) ga lupa pake tambahan “yaaa agak 20 menitan lagi ya mang, kan kita mo mandi dulu” trus sebelum tanjakan Ceriya ama Onta sempet-sempetnya blanja baju ama celana pendek, disini si Onta udah mulai bersin-bersin dia gitu deh tiap kena aer langsung meler trus kita ke warung beli teh anget , gue ama Ceriya malah sempet ngopi-ngopi cantik di warung yang menurut gue pemiliknya ramah dan harganya ga mahal (lokasinya pas sebrangnya Bonsai Bungalow).

Si mamang basonya nepatin janji dong… dia dan motornya udah nangkring dengan manisnya depan bungalow kita disaat kita udah kelar mandi, beuhh cinta deh ama si mamang hahahaha….. abis mandi trus ngebaso tuh SYURGAAAH.  Sore akhirnya kita abisin buat jalan-jalan disepanjang pantai Batukaras yang isinya rata-rata rambut pirang sempetin ke Batununggul juga dimana Onta rada engap plus skeri soalnya udah rada gelap hahahaha dan gue keukeuh pengen nunjukin dia pantai Batununggul ini.

Kita makan malam di Javacove sambil nongkrong-nongkorng cantik,,, beuh udah berubah banget padahal jaman dulu waktu gue penelitian nginepnya disini. Sebelum pulang kita sempetin mampir ke warung ibu yang jual teh buat beli cemilan plus kopi, kopi take away pake gelas plastic hahahaha.

Besok paginya kelar sholat plus beres-beres dan sempet nonton gossip segala sambil ngopi (biasaaaa ke warung si ibu), jam 6.45 WIB kita cuss skalian check out, kelarin bayar kamar + biaya ojeg kemaren ama pagi ini. Kita sempet mampir ke rumah Pak Asman (petugas loket Green Canyon) buat naro tas,, kita ngerasa di rumah Pak Asman lebih aman naro naro barang hahaha. Gak lama kita dianter ke Gua Bau Body Rafting, trus kita disuruh isi data, pasang-pasang perlengkapan trus gabung ama dua sejoli dari Cilegon, Aryani dan Kiki ( mreka bawa SLR jadi kudu dibaik-baikin biar bisa nebeng foto ;p ) trus ada bule dari Hongaria, Peter, jadi team body rafting pagi ini ada 5 orang, yeaaay! . Anw, ada 5 operator body rafting yang dikelola olah orang local Cijulang dan dibawah pengawasan dinas Pariwisata jadi operator ini ga asal-asalan setiap operator punya jalur sendiri, cari info soal operator ada di pintu masuk Green Canyon ato elo elo bisa ke TKP langsung lokasinya deketan kok ama Green Canyon, kalo Gua Bau ini ada di area parkir persis seberang  gerbang masuk Green Canyon.

dari basecamp ke lokasi naek beginian

spot 1 sebelum turun menuju sungai

dari sini nih lompatan pertama tanda start body rafting

dibelakang kita itu Gua Bau yang banyak kotoran kelelawarnya
Selesai dikasi pengarahan plus cek segala peralatan  kita cuss nih ke hulu sungai Cukang Taneuh or pos Gua Bau ini, dari situ kita jalan kaki sekitar 500 m, turun-turun bukit yang licin gitu….. trosssss viola! Ada gua penuh stalagmite n stalaktit yang banyak kelelawarnya, usut punya usut karena gua ini bau dari kotoran keleawar makanya disebut Gua Bau (oalaaaaah). Disini nih start body rafting kita, pilihannya bias lompat ekstrem dari ketinggian 3 meter ato nyemplung nyante, arusnya belom kenceng juga sih… pertama-tama si pemandu kita loncat dengan indahnya, gue langsung mupeng doong…. Jadilah gue dan temen-temen lain pada lompat ngikutin si pemandu, kecuali Onta (ini tidak bias dibiarkan!!) mulailah gue dan temen-temen yag udah pada di aer sibuk neriakin, nyemangatin, khusus gue pake adegan ngancem-ngancem plus sedikit makian sayang bwahahahaha sampe akhirnya dia lompat juga… uhuuuy!! Berhasilllll…. Pas udah kelar gue tanya “gimana?” dia komennya “ikk seru yah Kutu” … mweeh -___-'

Dimulailah perjalanan air kita… jadi yah body rafting ini  kita selo aja men, selow ikutin arus, tiduran pasrah,  kaki kudu lurus soalnya kalo ada apa-apa lo bisa gunain yu punya kaki buat nahan yu punya body (halaaah) bukan kepala duluan yang kena batu, jadi mental-mental kek pin ball. Ada beberapa lokasi yang kudu trekking dulu trus lanjutin lagi nyemplung ke aernya,,, biasanya pemandu pertama kasi arahan trus dia nyontohin, pemandu kedua sih terakhir nyemplung kadang kalo dia onyeh suka moto-motoin kita, pake kamera kita tentunya :D
Dikasi waktu buat istirahat juga, dikasi kue ama snack-snack, mayan lah ganjel-ganjel. Kudu ati-ati pas jalan trekking jalannya agak licin dan semuanya tuh batuuuu men…. Jadi kalo lo jatoh ya mayan, mayan lecet. Gitu juga waktu di aer, dengerin plus perhatiin kata pemandu, kemana kudu arah kita, arusnya ga maen-maen deresnya…phew plus kudu saling bantu-bantu juga sama temen setim. Seru pas arusnya deres banget..setengah mati buat cari tempat pijakan, kudu gerak cepet pegangan ama batu atawa ngeraih tangan temen setim, disini tolong menolong bangetlah, saling nyemangatin juga, SERUUUU dan basah pastinya hahahaha.

kira-kira begini keadaan arusnya

kalo dangkal begini kita kudu jalan

Paling keren tuh waktu spot “arus blender” disebut begini soalnya arusnya deres plus muter trus kalo kita lompat ke arah pusaran itu dari ketinggian 6 m, kita bakal keputer dalem air 3 ampe 5 detik, ngerih!!!! Tapi buat apa dooong udah jauh jauh kesini tapi ga dicobain semua…mwehehehehe. Onta kali ini beneran jiper liat arusnya mana kudu lompat dari ketinggian 6m, apalagi Ariyani juga gamau lompat, jadi deh dia berasa ada temen, tentu saja ini tidak bisa dibiarkan hahahahaha :D ampeee lamaaaaaa banget gue bujuk dia supaya lompat, gue bacotin dari ga menyia nyiakan masa muda, ntar ini jadi cerita yang seru buat diceritain ke anak cucu, dan setelah kultum, akhirnya dia lompat juga….(mission complete). Di spot “arus blender” ini gue dua kali lompat bareng ama si bule Peter. Rasanya?? Waktu lompat gue ga pake mikir bakal ngebentur dinding batu, ato bakal mendarat di tempat yang bukan seharusnya, pokoknya fokus lompat ke arah pusaran, pasraaaaah….. trus didalem tuh rasanya lo ada dimana. udah ga tau mana utara mana selatan, tahan aja napas, dan tiba-tiba kepala lo udah ada di permukaan trus gue denger Onta manggil-manggil gue, pokoknya you should do it once in your life time. I MEAN IT!

lompat terakhir di Batu Payung

Di spot terakhir kita ke “Batu Payung” lompat dari situ, ketinggian 6 meter dan arus air udah tenang, di spot ini mulai banyak kehidupan soalnya ga jauh dari lokasi wisata Green Canyon (Cukang Taneuh) abis dari situ kita naek kapal trus dimampirin ke semacam rest area pinggir sungai gitu..beuh langsung diserbu deh segala macem gorengan dan kopi instan …enyaaaaak secara laper.  Trus kita ke basecamp “Guha Bau” dikasi tau lokasi tempat makan siang kita, trus gue ama si Bule tukeran alamat email, janjian ama Kiki and Ariyani mo ngopi foto. Gue, Onta and Ceriya ke rumah Pak Asman mandi-mandi skalian ambil barang,,, Pak Asman baik deh, nampung kita akhirnya kita kasi duit juga soalnya dia udah bolak balik anter kita dari rumah ampe basecamp wkwkwkwk.
Pas balik ke basecamp udah ada Ariyani ama Kiki lagi makan, mereka katanya madi di toilet umum di area parker tarifnya Rp.4000,- dan kamar mandinya bersih. Kiki ama Ariyani tadinya mo lanjut ke Batukaras tapi udah berhubung sore banget, akhirnya dia ikutan ama kita berburu angkot buat ke terminal Pangandaran. Dan kelarlan perjalanan panjang nan melelahkan ke Cijulang ini,,, fiuhhh, blom sempet ke Blue Lagoon, next time deh bakalan kesono.

list harga Bus Budiman dari Pangandaran per agustus 2013

go have a trip, make some new friend...

photo taken by @Putra_RAD

P.S
1. Normalnya jarak tempuh dari Bandung tuh 5-6 jam,tapi karena banyakjalan rusak plus perbaikan sana -sini jadinya kita ada dijalan 8 jam!!!.
2. Bisa naek Bus Budiman langsung di poolnya,,,, kalo yang tujuan Bandung, Garus, Tasikmalaya dll.
3. Bis yang tujuan Jakarta tinggal milih di terminal Pangandaran, kalo ga cocok jadwalnya tinggal naek bus kecil tujuan Tasikmalaya trus sambung dari situ. Terminal Tasikmalaya lebih gede, Onta ama Ceriya gitu juga.