NGETRIP BARENG BULE TURKI (JOGJA-MALANG-BANYUWANGI-BALI) Part 2




Panen Pasir di Bromo



Pas nyampe Malang gue langsung cuss menuju hotel kita namanya OYO Agustina House (duh demi apa gue suka liburan di Jawa banyak hotel murah HAHAHAHAHA) nih hotel lokasinya banyak tempat makan, kafe lucu lucu, trus depannya jalan gede udah gitu ga jauh dari mana mana, ah pokoknya kucinta (detail hotel ada di vlog gue yang ini https://www.youtube.com/watch?v=DpR68HsH5Xs (JANGAN LUPA SUBSCRIBE)

Di hotel udah ada Maria dan sohibnya, iya mulai dari Malang Maria dan  sohibnya gabung di trip ini, Maria ama sohibnya mah sombong maenanga ke luar negeri mulu hahahhaha ampe dikatain ama temen kantor “lo udah ke Korea udah ke Jepang tapi lo belom pernah ke BROMO!!!” hahaahaahha, btw Maria ini temen seangkatan gue kuliah dan kebetulan temen sekantor gue uga. Berhubung udah sore kita buru buru kejar waktu buat ke Jodipan Rainbow Village, naek grab dari hotel cuman 12 rebuan (BAGI EMPAT). Masuk ke Jodipan biayanya tuh Rp. 5000 ajah dan udah dikasi gantungan kunci buatan anak anak Karang Taruna sini, lucu deh. Jadi Kampung warna warni ini ada dua pintu masuk, dari Jodipan dan Tridi, nah kita masuknya dari Kampung Tridi. Ibu ibu sempet negor gue kalo mo nerbangin drone ati ati soalnya da markas militer deket deket sini. Ini Kampung Jodipan ceritanya tuh kawasan kumuh gitu trus sama anak KKN Kampus manaa gitu yaa si gue lupa, mreka kerja sama sama perusahaan cat dan ngecatin rumah rumah disana dengan warna warni cerah…  KEREN YA! Alhamdulillah ni kampong jadi kagak digusur, soalnya jadi banyak uga wisatawan kesana pada takjub. Seberang jembatan ada juga tuh kampong dengan tema serupa, namanya Blue Village, kalo jodipan mah warna warni si Blue ini the serba biru….. udah kaya di Maroco gituuuu. Banyak banget spot foto di Jodipan ini, dan pastinya si artis  gue banyak fansnya,,, pada minta foto bareng, cuman si koplok eta kagak promoin channel yutup gue uy, kezel.
Kampung Jodipan dari atas

Kiri Kampung Jodipan kanan Kampung Biru Arema



Kelar dari sini kita langsung ke hotel, trus masukin laundryan,,, hahahaah jadi nih kocak, Maria tuh baru aja dari dines lapangan di Kalimantan, nyampe Jakarta dia langsung cuss menuju Malang jadi yaah dia bawa oleh oleh cucian lah. Di Malang lumayan loh ada laundryan buka 24 kita ngelaundry di Wonderwash Laundry, mayann bisa anter jemput jugaaa

kan ga jelas

pura pura bahagia gituu deee

terimaksih lampu jembatan kuterlihat putih


nih jembatan paling kojo .. spot wajib gitu deee

Day 4
Nih kita tengah malem udah siap siap mo ke Bromo,  ini kita kagak ikutan provider apaan,,, cuman sewa mobil dr Malang buat ke Bromo dan Madakaripura, kita pake https://jeepbromo.com/ (fast respond dan kasi harga paling reasonable) jadi dari Malangnya kita pake mobil biasa (Toyota Rush) abis itu pas di Cemoro Lawang kita ganti mobil Jeep. Kocaknya pas di Cemoro Lawang si bule sempet nyuruh gue matiin AC soalnya dia kedinginan, HALOOOHHHH ini mah bukan AC neng, ini mah udara luar. Gue heran ama temen aing Bule tapi anti dingin hahahaha, dan sebeleumnya kita sempet berantem gegara si koplok ini ga bawa perlengkapan sama sekali, udah tau mo naek gunung tapi apa apa ga bawa, iya sih dia dengan entengnya beli segala macem di Eiger from top to toe tapi atulah alergi dingin tapi mo ke gunung danga bawa perlengkapan apapun its not wise yah teman temannnn jangannnnn ditiruuu.

Jadi yaa pas kita ke Bromo tuh cuaca lagi enggak banget plus statusnya WASPADA (lagi badai gitu di Gunung Bromo nya dan dapat dipastikan ga bisa ngedeket ke kawahnya), anginnya edan pisan, kek langsung nabok ke muka gitu.. truss dinginnya ga udah ditanya men! DINGIN BANGETTT ... pipis pas cebok aja sensasinya yuhuuuuuuu,,,,, :))). Kita sampe di parkiran penanjakan 1 itu sekitar jam 4 pagi, sempet pipis pipis dulu bahkan si bule sempet rental jaket segala HAHAHHAHAHA (gimana aing ga tambah ngomel... oh iya temen gue super duper riweuh btw) kalo itu Onta udah gue tabok keknya saking aing emosinya HAHAHAHAHHAH!. Di penanjakan tuh lengkap ya gais, warung banyak, toilet banyak, mushola ada juga... tinggal ATM aja noh yang kurang ahahahaha. Pas nyampe di Penanjakan 1 langsung deh kita mencar cari spot foto masing masing, tapi ya sumpahnya di Bromo waktu itu DUINGIIIIINNNNN banget, anginnya langsung ke tulang belulang gue yang udah renta ini, anjir enggak banget lah,,, udah gitu kan yaa matahari kagak muncul muncul, anjrit sedih BAHAHAHAHA, tapi ga lama ada dinggggg.... huhuyy.



AKHIRNYA MUNCULLLLLL!!

 setelah menggigil (9 Derajat celciusajalah man teman) dan anginnya bukannya makin kalem, tambah barbar dan bibir gue udah kering kek gurun sahara, kita udahan nih disini, gue sempetin sholat HAHAHAH TELAT WOYY (astagfirullah ... ckckck) kita mutuin buat turun dan ke destinasi mainstream lainnya HAHAHHa... diperjalanan mah temen gue sempet2nya tidurlah, aing ga ngerti lagi. sebegitu bagusnya pemandangan diluaran sana.

memamndang kejuahan si Teletubbies kumel hahaha


destinasi mainstream itu tuh meliputi bukit teletubbies, pasir berbisik, gunung batok yang kesemuanya sukses bikin upil lo item soalnya badai pasir HAHAHAHAH rambut mah udah kaya ijuk, muka udah item juga... tapi demi INSTAGRAM kita pastinya puasin foto. Bromo waktu itu sepi, selain pas weekday, pas badai pasir pula... nah kalo Dian Sastro kena badai pasir jadi geulis, ai gue mah fix jadi kek spandul pecel lele yang deket penggorengan, kucel, mana kamera sempet rusak, lensanya ga mau masuk gegara kena pasir :(



btw kita ga bisa ke kawah, soalnya status si Gunung Bromo yang waspada ditambah lagi badai pasir, tapi kita sempetin sih jalan ampe pura nya, ada apa? ya ga ada apa apa anjirr hahahaa cuman kita doang kayanya yang jalan kesana saking eweuh gawe. kasian mah penjual souvenir Bromo, sepi pembeli :(.


di foto mah nyengir,,, pas ga foto kita psang lagi masker kita... demi apa muka udha ga jelas lah pokoknya 





abis dari Bromo kita lanjut nih ke air terjun tempat bertapanya Patih Gajah Mada "Air Terjun Madakaripura" tempat ngegalaunya Gajah Mada kali yaa... FYI susaaaaahhh banget cari rentalan mobil yang mau jalur Bromo + Madakaripura, well ada banyak sih pilihan tapi ga masuk budget gue, nah si INI enak banget lah diajak komunikasi plus harganya reasonable hohohoho. Okeh, jadi Bromo - Madakaripura itu sekitar 2jam, dan selama perjalanan kita bobo, mana belom sarapan pula, kan bye. Gue saranin bawa camilan deh biar hemat waktu, soalnya sore tuh ga disarananin buat ke Madakaripura jadi mending kelar Bromo langsung cuss aja ke Madakaripura gituuu

Nyampe di area parkir Madakaripura banyak nih warung warung, jadinya kita isi amunisi dulu sebelum mulai trekking. Jadiiii jaman si Jebraw kesini pas "Jalan Jalan Men" mobil masi bisa sampe deket pintu gerbang si Air Terjun, nah sekarang kalo yang pake mobil kudu parkir rada juauuuhhhh dan kudu jalan or naek ojek dari area parkir ke pintu masuknya, berhubung kita males dan renta kita naek ojek, dan gue udah cari cari info sekali jalan itu Rp.10.000 (PENTING YAAAH cari referensi soal harga harga biar tau kisaran harga di lokasi yang kta datenngin biar ga kena scam)

Btw di area parkiran mobil ini lengkap, ada toilet, ada musholla, rumah makan, ada bale bale buat rebahan driver lo kan mayan yaaa.  Gue sempet diwanti wanti ama driver gue, kalo ada yang nawarin guide, terserah mau or engga, tapi kalo engga LO JANGAN SAMA SEKALI MENERIMA BANTUAN APAPUN termasuk waktu mreka bantuin pegangin tangan lo pas lo jalan di area sungai.

JENG! pas turun dari ojek ni rombongan gue udah ditandai cuyy,,, soalnya ada bule, jadi dari kita bayar tiket Rp. 16k (lokal) dan Rp.26K (bule)  nih kita diintiliinnnnn muluuu selama jalan dr gerbang ampeee ke area aer terjunnya :( gue brapa kali nolak tapi mreka pepetin terus ya udah gue cuekin aja. Anw kita tuh kudu jalan dikit dr gerbang loket menuju sungai area Air terjun, yaaa sekitar 30 menitan lah,,, jalannya datar, udah di semen dan petunjuk jelas sekali. 

Nah! pas udah deket ke area sungai, kita kudu jalan liwatin sungai itu, sungainya kecil kok dan cetek, cumannnn cipratan aer terjun udah mulai brasa dari spot inilah kita bakalan jas ujan biar ga basah babasahan cuyy,,,, Oh Iya gu disini pake rubber shoes nya AP boot, sumpah kebantu banget ga licin dan gue rela rela aja sih dipake basah basahan hahahha (EHEM semua ada di sini - subscribe


jadi di lokasi pertama lo bakalan liat air terjun pertama, kalo mo dapet spot foto kaya gue ya effort dikitlah anek keatas hohoho....  tar dari situ jalan dikit lagi kudu siap basah basahan soanya bakala liwatin bawahnya air terjun pertama tadi... makanya kudu siapin ponco or jas ujan or kalo mau mah basah basahan aja sih  tapi airnya dingin, kalo gue sih ogah yaaa HAHAHAHHA. perlu diingat itu bapak bapak yang mo ngintilin kita masi ada sampe titik ini, sampe akhirnya gue samperin "Pak kita mau sendiri aja, kan dari tadi saya udah bilang saya sama temen temen ga mau pake guide pak, maaf yaa" Alhamdulillah bapaknya ngerti.... monmaap nih yaa dana limited HAHAHAHA. 

setelah liwatin air terjun yang pertama, kudu rada effort buat ke lokasi kedua, yang benran hidden waterfall, kudu lewatin bebatun di pinggiran sungai, manjat manjat dikit lah,,, hohoho jadi kita literally climb the wall ahahaha,,, dan kalian bakalan nemu pemandangan ini 


bagus banget yaa,, gue disini bolak balik ngucapin Hamdalah terus terusan 


pada tau ga sihhh kalo air terjun Madakaripura ini Air Terjun tertinggi  di Jawa? gue takjub sendiri bisa sampe sini ya lord karena ini nih kek impian semenjak gue nonton si Jebraw erharu, terharu lagi gue ama temen temen gue yang ga adventurer banget (yaa kalo maria geologist lah yaa fisik ga usah ditanya) Alhamdulillah temen gue pada kuat jalan dan mau merayap batu batu itu ampe bisa ke Air Terjun kedua. 


Dan kita balik ke kota malang tak lupa Maria promo promin channel youtube gue sama si drierkita HAHAHHA mayaan nambah 1 subscriber . Kita sempetin malem itu ke Library Coffee yang ada di deket hotel (mayan lohhh coffeeshopnya, gue taunya yang di Bali sih, makanya nyobain yang di Malang hohoho) tak lupa temen gue yang ga ada persiapan itu ke Eiger lagi beli beli ini itu buat persiapan kita ke lokasi berikutnya, Ijen,...


Bersambung,,,,,


PS : blog ini ada vlognya lohhh sila cek di subscribe dong
semua dokumentasi gantian ngejepretinnya, banyakannya sih Gue ama Gizem yang motret hehehehe 

Comments

Popular Posts