NGETRIP BARENG BULE TURKI (JOGJA-MALANG-BANYUWANGI-BALI) Part 4-END


Banyuwangi-Bali ngeteeeng ,,,,

Day 7
Tujuan kita di Banyuwangi mah sebenernya mo Ke Ijen dan Baluran, Alhamdulilah Maria sebagai penduduk lokal Indonesia blom pernah kesana HAHAHAHAH, makanya Maria minat gabung ama liburan gue kali ini soalnya dia emang jarang sikk explore Indonesia ama sohibnya, mreka mahh melanglang duniaaa (((HORANG KAYAH))),,, disaat gue ngajakin Maria gabung soalnya gue butuh investor temen berbagi pengeluaran kyahahahaha kan semakin banyak personil semakin muyah ceunah teh...

Nitha Homestay - Pas Sebrangnya Stasiun Karangasem

Tapii pagi ini setelah kita bobo ampe puas, bebersih dan sarapan gratis di homestay, gue ama Maria  sempet jalan ke sekitaran homestay kita, ada noh tempat sewa motor, ya udah langusng kita ke eksekusi dan kita cuss ke Djawatan Benculuk. Butuh sekitar 1 jam dari homestay ke Djawatan Benculuk, ngeliwatin jalan lintas yang WEW orang orang pada kagak nyantei bawa kendaraanya huhuhuhu T.T *panik. Biaya masuk ke Djawatan Benculuk ini Rp.5000, harga bule sama lokal sama aja, jadi pas masuk langusng baway parkiran ama tiket masuk gituu, trus gue ngerasa zonk pas masuk,, soalnya cuman gitu doang ahahahahahahahahah gue kirain area hutannya tuh luegaaa banget gitu lo, ternyata seciprit HAHAHAHAAHAHAH. Kita sempetin foto di area wajib sini ahahahahha, trus mulai blusuk masuk amsuk cari spot bagus hohoho.


ala ala Keluarga Cemara gitu lohh


kita sempetin nongkrong di coffeeshop sini truss biasaa temen bule sibijik gatel gatel kalo ga ke Eiger, jadilah dia blanja blanja lagi di Eiger hahahaha. abis itu udah deh persiapan buat naek ke Ijen, mana si bule lagi sakit pula, hadeeuhhh akhirnya dia gue paksa minum tolak angin sama teh anget hahahahah gue bilangnya "gue tau yah ini rasanya ga karuan, tapi ini ampuh dan lo butuh tiduer buat ke Ijen nanti" plus gue balurin minyak kayu putih ke seluruh badannya HAHAHAHA. Jam 11 malem kita udah siap siap, gue nebeng mandi di kamar Maria n Santi soalnya kamar mereka ada air panasnya ahahahahaha. Temen gue Alhamdulillahnya udah enakan huhuhuhu terharuuu, trus dia sempet berniat ga bakalan bawa kamera ( HA?! APAH??? tidak kan kubiarkan,,, kamera si eta leboh bagus dibanding punya aing!) gue bujukklaaah temen gue ini "eh kita tar bakalan pake guide, tar kasiin aja tas lo ke guidenya... bisa kita bayar nanti" dan dia langsung merasa tercerahkan "really babum?? its heavy tho" gue bales lagi "kalo lo mau dibopong ampe atas juga bisa malihhh"

Day 7
Kita pake travel Lepassuntuk dengan tujuan Ijen plus Baluran, gamau rinet aja dan setelah diitung itung sama aja klo ngeteng n sewa mobil konvensional hohoho... Jam 12 malem kita udah dijemput dan langusng menuju Paltuding, nyampe di Paltuding kita dikasi segala peralatan sama lepassuntuk dan mreka beresin urusan bayar membayar, trus kita dikasi waktu juga buat ke toilet, gue terharuuu toiletnya udah banyak berubah, ... bahkan area Paltuding jadi LAYAK banget dibanding gue terakhir kesini, KEREN. Kita diingerin juga sama Pak Ferry (guide kita) kalo ga boleh ngedrone diatas .. anjiss gue sedihhhh T.T gue bahkan sempet nanya ama petugas dan diiyain ga boleh sama sekali, jadinya kita tinggalin deh drone kita di mobil,

view dari atas,,, udahr ame orang mau liat blue fire :)
Kita mah jalannya selawwww selaww aja cuy,,,, yah sedapetnya aja Blue Fire, dapet Alhamdulillah ga dapet juga gapapa hohoho,,, Maria sempet muntah pula, langsung deh pertolongan pertama tolak angin dan minyak minyak mahal Young Livingnya ituu,, Tapi ya gitu gituuuu berhasilll sampe puncak, trus gue sempet nanyain ke temen2 gue ini " mo lanjut ke kawah ga?" Maria yang tadinya ga minat minat banget jawab "ya udahlah kagok, udah disini" huhuuyy dan kita jalan kebawah, Santi sibuk gandengan ama guide kita, gue bantu awasin si Bule, dan Maria yaa dia mah udah biasalah yaa pilih pilih medan hahaha. Alhamdulillaaah kita bisa liat Blue Fire, gue sempet ngedeketin juga dibantu ama guide kita, wew cuman asepnya gilaaaa bikin lo kecekek cuyyy trus itu yah semua cairan, mo air mata, mo ingus mo air liur langsung mengalir dengan derasnya,,,,  gue give up hahahah udah dapet footage bagus pula Oh iya guide kita sempet bulak balik buat ambilin foto buat si bule, Maria ama Santi di hape mereka, dan bagusss.... gue sempet juga tuh diambilin videonya,,, deketttt banget ama blue firenya itu, ga ngerti deh aing dia napasnya gimana hahahah.

Blue Fire...
Alhamdulillah,,,,, 


Puas di kawah kita naek keatas, sempet sholat subuh juga diarea kawah itu ?? IYAH!! Maria kekeuh buat ngajakin sholat.... daripada kelewat subuhnya hahahahah gue temenan ama Maria mah jadi tepat waktu sholatnya hahaha Alhamdulillah yah.

ki-ka : Santi - Maria- Gue - Gizem

bye Santii,,, kapan kapan maen lagi yuu


Kelar dari Ijen kita balik ke penginapan, masi sempetin sarapan gratisan, bebersih dan packing. Dari sini kita misah ama Santi soalnya dia duluan balik ke Bandungnya, dan kita lanjutin perjalanan ke Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional Baluran


Baluran tuh puanaaasssssssssss banget gengs, tujuan pertama kita tuh di Pantai Bama, dan seperti yang udah udah di Pantai Bama ga banyak yang bisa lo lakuin cuman nongrong doang, disini kita sempetin sholat (Alhamdulillah mushollanya layak) makan di kantinnya deket situ dan gratis udah masuk dalam fasilitas trip, trus maen ayunan di pinggir pantai sambil liatin orang yang diusilin sama monyet monyet disini. Tujuan kita selanjutnya ya safarian di Baluran, sekalian arah keluar, pokoknya kalo ada spot bagus langsung berhenti trus pemotretan hahaha.. cuman yaah saking panasnya gue udah lelah dan males buat motret sana sini.
temen gue komen "brasa di Afrika yah.." 

Berhubung jadwal kereta Maria tuh jam 22.00 WIB, gue ama bule mutusin buat nemenin Maria sampe keretanya dateng, kita nongkrong ngegembel nih di Indomaret deket simpang stasiun, setelah sebelumnya gue maketin sebagian bawaan gue di JNE ke Bandung (HAHAHHA mayan cuyy ngurangin beban). Di Indomaret ini kita ada kali 6 jam an nunggu, tapi mayan sih Indomaretnya agak lengkap, trus toiletnya bersih pula. Gue sempet juga tuh ke Mesjid depan pelabuhan sambil baliknya cari cari info buat beli tiket feri nyebrang ke Bali. Jadi ternyata nih Pelabuhan Ketapang udah ga terima pembayaran tunai, wew,,, jadi kudu pake Emoney, tiketnya murah sih cuman Rp.6500 doang. Rencana awal mah yaaa gue mo naek Bus dr Banyuwangi, tapi kagak liwat liwat bus Surabaya tujuan Denpasar ini, pas udah mencar ama Maria ya udahlah ngeteng aja naek Ferry tar nyari bus aja di Pelabuhan Gilimanuk.


Cuman butuh 30-45 menitan dari Ketapang ke Gilimanuk, udah sempet sok sok an gitu kita duduk diluar trus ternyata dingin hahaha,,,,, pas masuk jiah full kursinya, sebenernya ga full sih cuman orang pada bobo manjangin badannya jadi 3 kursi buat dia doang, kan males yaaah...Untungnya ada bapak bapak baek ngasiin kursinya ke kita, di ferry sempet nih ada kecoa gede liwat, temen gue sempet panik udah mo nangis malahan soalnya dia jyjyq banget ama kecoa, yawlaaaaa.



Day 8
Kita sampe di Gilimanuk jam 12.30 an dan langsung ke terminal bus terdekat, cari bus yang jurusan terminal Ubun, tiket Rp.60.000. Jarak tempuh normal sih 3-4 jam tapiiii JENG,,, setelah 1 jam perajalanan mendadak MUACEETTTTTTTTTTTTT bangetttt,,, ga tau deh ada apaan, pokoknya stuck, bahkan ga sedikit truck yang malah jadi pada parkir, untungnya supir bus gue jagooo,, selap selip sana sini ditambah bantuan penumpang yang suka cariin celah :) total kita di bus itu ada ampe 9 jam! GILAAAAA...... bye sunrise at Sanur

kita naek ini dari Gilimanuk...
chaos banget kan??? 

Btw, pas udah mulai rada masuk ke daerah peradaban, temen gue sempet nyeletuk "kita turun sini yuk! abis itu oder grab buat ke Sanur" gue sempet lirik tarif grab, WEW 150 rb! apa apaan,,, langung gue kibulin si bule "ga ada grab daerah sini" hahahahaha gue berhenti di Pom Bensin deket Perumahan Taman Mahayu, biar gampang cari grab or gocar bakalan ribet lagi kalo udah masuk Terminal Ubung kalo cari taxi online, bisa panjang urusannya (gue baca blog orang rata rata mereka kudu jalan juauuuhhhh dari Terminal Ubung biar bisa order taxi online), Ongkos grab ke Sanur Beach Rp.40.0000

sebeleum nyebrang mlipir ke Mak Beng dulu,,,


Di Sanur kita langsung berburu tiket kapal buat ke Lembongan, Optasal sempet nawarin dan harganya WEW Rp.200.000 (one way) idihhh apa apaaan.,,,, sempet agak lama nih adegan di Optasal ini, soalnya driver grab gue kekeuh mo orderin tiket kapal di Optasal, tapi akhirnya gue ngeles aja kalo gue udah sering ke Bali dan gue mo hunting di tempat lain tiketna. Jadi yaa ada banyaaak operator di Sanur ini, walopun Optasal ini ada di garda paling depan (samping RM Mak Beng) tapi kalo lo mlipir lagi ke bagian dalem, sebelah kiri jalan,,,, lo bisa nemuin berbagai operator dengan harga yang variatif pula. Akhirnya kita dapet fast boat, pake Tanis Fast Boat (hasil dari browsing 9 jam macet di jalan) Rp.75.000 untuk lokal dan Rp.150.000 untuk bule. Kita berhenti di Mushroom Bay Lembongan, sempet dimintain pajak (dinas pariwisata Bali)  Rp.25.000 untuk bule yang dateng ke tiga nusa nusaan ini (pastiin jangan ilang karcisnya ini yaks). Dari Lembongan kita naek taksi odong odong Rp.50.000 per orang  tujuan Yellow Bridge, sumpah ni Lembongan udah ruamee bangettt dan fasilitas sana sini udah lengkap termasuk taksi taksian ini, sampe di Yellow Bridge sama driver taksinya ditanyain nginep dimana kita jawab "Le Pirate" trus ama dia ditelfonin deh hotelnya "kasi tau kalo kita (tamu Le Pirate) ada di Yellow Bridge" mantep yaakk!

The Iconic Yellow Bridge

Si bule ke hotel naek mobil Le Pirate, gue masi riweuh urus sewa sewa motor di Yellow Bridge sama beli tiket kapal buat ke Nusa Penida besok pagi. Niatnya mah sore sunsetan di Devil Tears, apa daya nih yaaa..... setelah kita mandi, leyeh leyeh, bablas noh berdua ketiduran....bangun bangun jam 2 pagi HAHAHAHAHA bangkek, udah uzur cuyy. Akumulasi mati gaya di Bus 9 jam kali yaaaa hahaha

Day 9
Pagi pagi kita langsung cuss ke Yellow Bridge buat naek kapal kicil ke Nusa Penida dan gue sempet tuh balikin motor sewaan yang ga guna HAHAHAHAHAH (mlayang 80 rebu aing). Kita naek kapal cuman 15 menitan doang dar Yellow Bridge ke Toya Pakeh (Nusa Penida) dari situ langsung berburu rentalan motor. BTW Toya Pakeh ini ada kampung muslimnya, jadi masi ada mesjid dan ga susah cari makanan halal hohoho (bahagyaaa). Deal sewa motor ampe sore seharga Rp.60.000 plus helm dan temen gue udah protes kenapa motornya kecil (honda beat) dan rada jelek (padahal biasa aja) pertama gue diem ampe ahirnya gue bales "yang bawa gue ya seharian! lo tinggal duduk doang knapa lo yang protes!!!" --> salah satu obrolan yang ga penting. Padahal ini motor yang bagus rem, ban, ama lampunya,,,, dan enakeun dibawanya dibanding motor yang gue sewa taon lalu di Nusa Penida yang engga banget. TIPS : Kalo sewa motor di Nusa Penida please cek cek keadaan motornya, pada tau kan kalo bule bawa motor begajulan ga jelas,,,dan teuing di service apa kagak sama owner motornya hahah jadi cek itu ban ama rem mengingat jalan Penida bukan mainnnn tracknya.




Tujuan kita di Penida ini adalah memuaskan ego yang ga kesampean taon lalu, soalnya taon lalu kita belom kesampean ke Angel Billabong dan Broken Beach, jadi kita langsung cuss kesana setelah sarapan dan ngopi mahal (bari teu ngeunah - untung dibayarin). Pas gue ke Penida tuh lagi buanyaaakkkk banget tur tur gitu jadi mobil mobil pada ngantri sana sini macet gitulah,,, untungnya pake motor kan ya jadi lancar djaya. Di Angel Billabong kita ga bayar apa apa, cuman parkir Rp.5000, - ganti kostum momotoran ama kostum OOTD HAHAHAHAAHA. trus kita susurin deh itu Angel Billabong yang err kek cendol... penuh banget ama rang orang, susah cari spot foto.  Trus ombak lagi rada lumayan yah jadi ga boleh turun ke "natural infinity pool" lagian udah banyak yang meninggal ceunah gegara keseret ombak. Selanjutnya kita ke Broken Beach, deket banget dair Angel Billabong,,, posisinya sebelahan. Ho iya akses menuju Angel Billabong ini ENGGAAA Banget,,,, gue beberapa kali nyuruh temen gue turun dari motor takot jatoh bedua hahahaha, pokoknya skill momotoran lo diujilah disini.



track menuju Pantai Kelingking... yang sukses bikin keling


dari Angel Billabong kita cus ke Kelingking Beach dan sudah tentu rameeee plus panas, kita cuman bayar parkir juga Rp.5000,- . Kalo taon lalu kita kesini udah agak sore, nah taon ini kita pas mateng matengnya hahahah matahari pas diatas banget cuyyy. Pemandangan dibawah udah ciamik banget, keliatan gradasi warna air lautnya, bagus deh. Udah ada perubahan dikit dijalur turunnya, kalo dulu masi kaya cuman kayu diiket ikee buat pembatas nah kali ini kayu benerancuyy kokoh lah, trus ada tangga semen gitu,,, terharuuu, udah seneng tracknya bakalan mulus ternyata itu pembangunannya belom kelar hahahhaahha. Jalur ke Kelingking ini menguji nyali, kesabaran ama emosi sih guys,,,, ada beberapa track yang kita kudu gantian jalannya ama orang yang mo naek, bantuin juga kalo misalnya kesusahan,,,,kudu sabar soalnya panasnya ga main main, jadi nikmatin aja dengan jalur terjal begitu dan law dipanggang pfft. Kalo gue sih masih pake topi, dobelaan  kemeja, pake topi, masi pake buff juga HAHAHAH udah macem abang gojek. PASTIIN kalian make sepatu yaaa kalo kesini, jalurnya enggak banget buat pake sendal, ga safety juga (kek ada yang safe aja di Kelingking ini ;p ) . Gue dengan beban printilan kamera di Kelingking ini(?) anggep aja lagi bawa beban idup cuyy



ombaknya kenceng banget,,, tuh dua orang ampe jatoh.



Di Kelingking kita sempetin buat (sok-sok an) berenang, disaat gue lagi riweuh bongkar bongkar printilan dokumentasi... temen gue udah bua bukaan dan nyemplung, pas gue masi ribet tiba tiba liat dia jalan kearah gue ketawa miris sambil megangin dadanya trus dia jelasin kalo dia tadi berenang kegulung ombak trus bikini dia coplok HAHAHAHAHAHAAHAHAHAHAAHAH Ya Allah gue ngakak kenceng banget disini hahahahaha untungnya gue bawa banju ganti cuyy akirnya dia gue kasi aja kaos gue :D . Gue akhirnya penasaran cobain juga maen ke aernya dan JENG aing kegulung tiga kali sampe akhirnya nyampe daratan lagi, hanjirrrr lemes,,, serem juga sik kegulung gulung gitu, tiap lo mo ampe permukaan keburu dihantem ama ombak gede lagi ;(. Okay cukup amen airnya , cukup tauuu gue langsung pake baju gue lagi dan popotoan ajah ngahahahahaha :D  Tapi seenggaknya ini pantainya masih enakeun, taon lalu ombaknya lebih heboh dari ini,, cumana ada dua orang gila yang berenang wkatu itu dan mreka Ahamdulillah yah Skinny Dip (bangkek).

mayan yah kegulung gulung di ombak
Kita di Kelingking ampe lupa waktu gitu, kudu ngejar kapal terakhir buat ke Yellow Bridge  yang jam 5 itu. Jadi kita jalan balik ke atas ngebut, gapakae babibu lgsg ke motor dan geber ke Toya Pakeh,, mana jauh pula, sepanjang jalan komat kamit masi ada kapal kita (kita udah beli tiket PP btw) dan gue ngebuttttt bahahaha Alhamdulillah selamet, kalo dipikir pikir skill riding mtorbike gue bolehlah :) Kita sebenenrya udah kelewat nih kapal yang jam 5 tapi si operator kapal kita ini punya data orang yang belom balek (kan dia pegang tiket dong ya) jadi dia balik lagi ke Toya Pakeh buat angkutin sisa sisa yang belum keangkut kita berdua salah duanya, ada rombongan 5 orang lagi soalnya, Alhamdulillaaah kagak jadi rugi Rp50.000 ngahahahaha. Dari Yellow Bridge kita jalan kaki ke hotel kita di Le Pirate ini,,, uww romantis deh (KALO BAWA PASANGAN mah) mana pas mo sunset pula...bagus langitna. Kita sempetin dinner di resto yang rada mayan rame an emang sih enak makannya,,,




KITA TEPAR DI HOTEL....

Day 10
Hari terakhir di Nusa Ceningan, kita sempetin sarapan di resto Le Pirate yang menurut gue rada rasis cuyy kalo ama orang lokal, bangkek! giliran pas ada temen gue yang bule sopan beud... pas gue sendirian maen diangkat aja tuh piring ama gelas gue padahal gue masi order kopi which is gue masi butuh gelas buat aer putihnya. Btw dari Le Pirate ke Yellow Bridge difasilitasi ama hotel, jadi ga perlu riweuh cari kendaraan,,, MAYAN! dari Yellow Brdige kita random aja naek "taksi" or angkot yang available, harganya sama kok Rp,50.000/orang. Nyampe Mushroom Bay kita pesen aja tiket buat ke Sanur,,,Rp.75.000 untuk Lokal dan Rp. 150.000 untuk bule, tanya tanya aja yaaah soalnya kadang beda operator beda harga tiket ada pula kapal yang rada mewah dikit dan harganya mayan, mayan bikin nangis hahahha.

Nyampe di Sanur pastinya gue sempetin lagi mam di Mak Beng HAHAHHA (mumpung disini cuyyy), si bule juga akhirnya ikutan mam,,, setelah kenyang dan senang kita jalan mlipir jaan ke arah jalan Hang Tuah soalnya kagak bakalan bisa taksi online ambil penumpang, kita langsung cuss ke Airbnb kita did aerah Seminyak.

Penginepan gue kereen T.T bagus banget huhuhu mana lagi dapet potongan pula, jatohnya murah banget, namanya Blue Loft Seminyak, fasilitas lengkap dan udah include ama scooter scoopy + helm, woohooo, Alhamdulillah. Pokoknya Le Pirate ga ada apa apanya dibanding ini ngahahaha.





Tujuan kita malem ini adalah mo liat Kecak Dance di Uluwatu, tiketnya gue pesen online di sini prosesnya gampang and cepet. Kita sempetin leyeh leyeh nikamtin idup dan akhirnya mandi yang proper setelah di Le Pirate mandi pake air payau hahahhaa.






Day 11
Bobo enak!!! oh iya tadi malemnya kita sempetin nontn SIMBA dengan bantuan Maria pake membership deseu hahahaha jadikan no antri antri. Tujuan kita pagi ini adalaahhhhhhh ke Lempuyang Temple, setelah beberapa hari sebelumnya gue kontak kontakan sama Pak Nyoman (driver yang gue pake taon lalu) ternyata dia ga bisa anter kita, jadinya kita dikasiin ke temennya, Pak Wira beliau bersedia sih disuruh jemput kita jam 5 pagi hohohoho demen nih gue. Kita langsung cussss ke Pura Lempuyang yang pas nyampe sana udah puenuuhhh sama mobil WEW itu padahal baru jam 06;15 WITA edyan!

peraturan di Pura Lempuyang
antri cuyyyy...

demi foto di ultimate gate ini


Masuk ke Lempuyang Temple ini ada bebeberapa peraturan yang HARUS lo patuhi, dan kita dikenakan biaya juga masuk kesini, gue lupa deh brapa rincian jumlah donasinya hahah dan itu udah termasuk sarung yang bakalan kita pake selama kita kunjungan kesini.




Kelar dari sini kita mampir ke Tirta Gangga yang ga jauh dari situ,,, Alhamdulillah kek cendol hahaha ampe pusing mo motretinnya hahaha untung temen gue cakep yaaa,,, adalah objek aing HAHAHAHAH


tak lupa dari sini kitaaaa ke Ubud, wajib banget ke Kebun Bistro, ini resto favorite gue lah pokonya hohohoho.


PACKIIINGGGGG


Day 12
Hari terakhir ama si bulee,,, wew lama juga yang aing idup ama dia HAHAHAHAH, hari ini kita pokoknya leyeh leyeh bangun siang, trus aing masak indomie ama samyang, kita sempet tuh titipin barang kita di airbnb kita, trus kita jalan kaki ke jalan Kayu Aya. Niat kita mah mo ngeskrimm "Mad Pop" yang uyeh beud buat popotoan abis itu lanjut ngopi di Library Coffee :))





Balik balik dari sini kita langsung cuss ke bandara,,, sama sama ke Jakarta (flight langsung ke Bandung MAHALLLLLL,,,,) dari Jakata kita misah si bule ke Turkaaaaiii aing ke Bandung hahaha, sempet pula ketemy ama bebeb, bebeb baek banget nyamperin kita setal;h taon lalu dia cukup bersabar sama kelakuan kita berdua hahahaha..



SAATNYA Misahhh...


kalian bisa cek smua perjalanan di  KLIK AKOHHH jan lupa subscribee weyyyyy



Comments

Popular Posts