Life and Death in Tana Toraja (explore South Celebes on 3 days!)

Tadinyaaaa niatnya cuti trip ini gue cuman mau maen ke Makassar aja, mengingat nyokap nyuruh gue “mbok yha kamu skali-skali ambil penerbangan sore dari Makassar, jadi sambil nunggu transit kamu bisa maen-maen di Makassar liat benteng Fort Rotterdam” jadi jadwal penerbangan dari lokasi gue sih idealnya Bau-Bau pagi transit di Makassar bentar trus lanjut Jakarta, tapi bisalah diakal-akalin dan kompakin orang bagian ticketing supaya bisa sesuai ama jadwal ngeluyur gue  (mayaaaaan irit ongkos pesawat).Nah, pas lagi cerita-cerita ama senior gue yang lokasinya ada di Sulawesi Tengah (masih satu perusahaan, Geologist juga, kakak kelas gue di kampus dan sempet jadi boss gue waktu di Lombok, hahaha) dia malah punya rencana yang ga bisa gue tolak, dia ngajak ke Tana Toraja mengingat jadwal cuti kami yang berdekatan jadi makin gampang buat ngaturnya hehehehe….

Mulailah kita atur rencana perjumpaan pas hari H…

Day 1
Kita ketemuan di Bandara Hasanuddin Makassar, gue sempet nitipin tas di penitipan tas di Bandara dengan tarif Rp. 11.000 per item/hari berhubung gue nitip 2 hari jadinya Rp.22.000,-. Nah! Problematika dimulai waktu senior gue mo nitip tas juga, secaraaaa kita kan bawaan untuk hidup 6 minggu di lokasi dan kalo cuti yang dibawa semua, masa iya selama travelling kita bawa-bawa tas gede. Masalahnya adalah tiket pesawat gue n senior gue itu untuk penerbangan besok lusa (Makassar-Jakarta) kalo gue keluar Bandara pasti gue ga bisa masuk lagi, akhirnyaaaaa gue minta ijin ama petugas setempat, buat keluar ambil tas senior gue sambil ngomong jujur kita mo nitip tas di penitipan barang dan dibolehin! Jadi gue masuk dengan modal tiket kertas kupon penitipan barang doing, hahahaha. Makasih pak!
Kelar drama titip menitip barang, kita sarapan dulu di Bandara dan gue pilih KFC,,,, makluummmm 6  minggu ga ketemua ama beginian ngahahaha dan selama kita makan siang senior gue sibuk muji bus yang dy pake dari Bungku ke Makassar, katanya busnya bagus banget, ada wifi, kursinya lebar, pokoknya kayak bus pemaen bola di Eropa dan dia keukeuh ke Toraja kudu make Bus begituan (wew!)

pool Bus Damri dari Bandara ke Pusat Kota

Perut udah diisi saatnya beraksi…! Kita langsung menuju basement, ke pool Damri jurusan Kota dengan tarif Rp.20.000,-. Kita minta berhentiin sama kernetnya di Terminal Daya, soalnya kita mo beli tiket dulu buat ntar malem ke Toraja. Terminal Daya ini ga kaya terminal biasanya, sepi! agak-agak skeri juga klo cewek malem malem kesini hahaha. Banyak calo-calo yang nawarin Bus tujuan Toraja, tapi sesuai ama hasil searching dari blog dan saran dari beberapa temen yang asli Toraja ada dua Bus yang punya nama yaitu “Bintang Prima”dan “Litha” pilihan kita jatuh ke Bintang Prima dan harganya ga beda sama yang dishare agan-agan di blog. Kita naek bus yang Suspensi seharga Rp.130.000 ada beberapa tipe lagi diatas suspensi ini tapi kata mas-mas pool busnya bilang yang ini juga enak.

Kelar beli tiket bus kita menuju ke kota naek angkot jurusan Daya-Central, tarif jauh-dekat sama aja Rp.3000,- (hasil nanya-nanya sama mbak-mbak di sebelah gue) tapi dy warning juga biasanya kalo ketauan turis suka dilebih-lebihin (scam alert). Nyampe di Central, pas kita mo turun si bapak supirnya nawarin nganter ampe Benteng Fort Rotterdam ya udah kita terima aja tawarannya, ternyata eh ternyata ga enak pas di akhir, dy minta bayaran Rp.30.000! Idih amit-amit padahal gue udah kasi lebih dari harga normal,,mana dy ngeles pake bilang “kan kita antar dari terminal Daya langsung!” ihh dasor curang, walopun akhirnya gue debat kusir dan berujung gue tambahin dikit, huahaha!

Hmft … kesel ama supir angkot dodol ga bikin semangat gue buat jelajahin Benteng Fort Rotterdam  di siang hari yang super duper panassss kendor dong! Biaya masuk ke Benteng Fort Rotterdam ini “semampunya” alias “sukarela” kita isi buku tamu dan bayar deh sumbangannya.  Ada beberapa bangunan di Fort Rotterdam ini, termasuk Museum La Galigo biaya masuk ke Museum ini Rp.10.000,- pertama-tamanya kita ke bangunan yang ada disebelah kiri, ga banyak display di museum ini, malah kebanyakan  kosong tempat displaynya, cuman ada beberapa senjata peninggalan jaman masa perang dulu. Kita sempat mampir ke ruang tahanan Pangeran Diponegoro tapi ga jelas juga, ga ada petunjuk detail ruangan yang mana, hanya ada bangunan dan itupun dikunci. Di Museum La  Galigo sebelah kanan dari pintu masuk barang-barang yang dipajang lebih lengkap dan penjelasannya juga detail, barang-barang yang dipamerkan disini adalah benda –benda sejarah masyarakat Sulawesi selatan secara umum, baik itu senjata, alat bertani, miniatur pinishi dll.

beberapa sudut Fort Rotterdam

Sebenernya banyak bangunan di Fort Rotterdam ini tapi sayang ga ada keterangan, bangunan ini dulunya apa dan sekarang jadi apa (ato gue kurang ngubek yah?). Kita sempet juga muterin bagian belakang Fort Rotterdam ini yang ada Kanal 20 m, yaaa cuman gitu doang. Kawasan Fort Rotterdam ini jadi semacam tempat rekreasi oleh warga setempat, waktu gue kesini banyak yang lagi belajar kelompok di tamannya, ada juga yang pacaran eaaaah....

ini ga boleh dicontoh yaaa

Ruang Tahanan Pangeran Diponegoro
nampang di Museum La Galigo

perhitungan hari baik dan buruk untuk menanam padi

Kelar dari sini kita mampir bentar ke RRI buat sholat, dan sepanjang perjalanan Fort Rotterdam – RRI disuguhin pemandangan seger yang tak lain dan tak bukan banyak pedagang es kelapa muda, hadeeeuuhhh pas banget siang siang menclang, tapi berhubung kita mo ngejar sholat akhirnya kita skip.

RRI Makassar

Abis sholat meminta petunjuk serta kekuatan dan keselamatan (halah), gue sempet nyeletuk ama senior gue “Boss, kita ke Makam Diponegoro yuk!” si senior gue sempet he eh in dan kita heboh nanya-nanya sama temen kita yang asli Makassar sampe ada yang dodol ngejawab “Wah bro….ga tau tuh dimananya! Kan Diponegoro orang Jawa, dimakaminnya ya pasti di Jawa!” (nilai sejarahnya pasti 6!!). Hasil nanya sama satpam RRI bisa sih naek becak dan angkot rada muter juga, nah senior gue yang udah tua dan ringkih ini udah lemes ngebayanginnya mana udah laper, akhirnya bwataaaaallll. Tujuan selanjutnya beralih ke Makan siang di Sop Konro yang yahud seantero Makassar di Karebossi (Rp.75.000, hwek!). Abis dari situ kita jalan kaki deh ke Mol Karebossi yang “bawah tanah” itu soalnya senior gue mo ambil duit, dan skalianlah kita sholat Ashar di sini. Pas abis sholat gue iseng2 nanya sama ibu2 disebelah gue kalo ke Losari naek apa, dan dy dengan baik hatinya ngejelasin trus cerita di Losari tuh ada Mesjid Terapung, malah dy yang nyariin becak plus nawar. FYI guys, sepanjang perjalanan orang2 Makassar welcome banget loh ama pendatang, mreka tampak bahagia sekali kalo tau kita dari luar daerah (kecuali si mang angkot bedebah itu yah).

parkirannya superb .... dikeramik segala

Sempet ada miscom ama si mang tukang becaknya, dy malah nurunin kita di Mesjid yang deket Losari yang menurut kita ga ada “terapung2nya” dan si tukang becak keukeuh kalo itu "Mesjid Terapung” ya udahlah males,,, akhirnya kita turun dan nyusurin sepanjang Losari, sambil cari tempat nongkrong buat ngecas segala gadget (makleum fakir power bank). Mayan juga kita jalan jauh di saat matahari lagi terik-teriknya, sempet foto bentar di tulisan PANTAI LOSARI trus nemu deh Es Teler 77, kita mutusin nongkrong disitu sambil ngarep disitu banyak colokan DAN ZONK!!! Hih pelit amat sik disini casan… gw akhirnya minta ijin ama pelayannya nebeng ngecas kamera di counter mreka, dan dibolehin (kamera lebih penting dibanding gadget!).

berhubung ada panggung jadinya motonya kudu dari sudut ini

Mesjid Terapung Amirul Mukminin

Pas udah agak-agak mo sunset, kita nyebrang deh, skalian persiapan sholat magrib kalo bisa sih nyolong2 nebeng mandi hahaha. Etapi buset mesjidnya rame banget gue udah pasrah kagak bakalan bisa mandi, mana kamr mandinya cuman satu  (fiuhh), lokasi pertama yg gue cari adalah yang banyak colokannya.. fiuh dapet deh dua colokan mayaan ngecas Tab ama BB sambil nunggu2 Isya. Sempet ngobrol ama dua cewek2 yang tampak ecxited pas tau gue dari Bandung ;p . Disela-sela ngecas senior gue cerita kalo dy udah kelar mandi, wew,,,, curang!. Kelar sholat Isya, gue cepet2 ke kamar mandi hahaha mumpung sepi, dan gue mandi dengan kilatnya,,,,, akhirnyaaaa!!!!

sunset di Pantai Losari
Pisangnya dipanasin dulu sebelum dipenyet-penyet

Oh iya, Mesjid Terapung ini gitu sholat Isya berjamaah kelar, langsung ditutup jadi langsung sepi lagi, overall mesjidnya bagus, kita bisa liat pemandangan laut dan sunset yang sempurna!. Nah, kita lanjutin perjalanan lagi nih sambil pengen tau malem mingguan di Pantai Losari kayak apa, yang ternyata rammmmeeeee banget. Sempet juga nongkrong bentar ngerasain pisang epe kuah “aroma duren” soalnya ga ada rasa duren2nya banget! Beda ama jaman gue SMP kesini durennya bener2 kerasa.  Abis icip2 pisang epe, kita ke indomart beli cemilan ini itu trus naek taksi deh ke Central (pokoknya pusatnya jalur2 angkot ada di Central, kali ini nih awal mula namanya Central, yakaleee) dan lanjut ngangkot ke terminal Daya via angkot (Rp.3000 aja). Kita nyampe di terminal jam 21.00 Wita, bayar dulu restribusi Rp.500 , senior gue sempet nebeng ngecas gadget seharga Rp.2000,- bus kita berangkat jam 22.00 Wita. Bus ini bagussssss banget dan menurut gue cukup WAH dengan harga Rp.130.000 kursinya gede, empuk, pake selimut ama guling juga pokoknya brasa ukuran kursi di kelas eksekutif pesawat, da nada senderan kakinya segala. Berhubung kita udah cape seharian nonstop, ga basa basi langsung bobo aja…. zzzzz

Bus-bus bling bling di Terminal Daya

Day 2
Kita nyampe di Rantepao jam 05.30 Wita, langsung banyak tukang ojeg yang nyerbu nawar-nawarin, tapi kita mo ke masjid dulu sholat skalian nunggu agak terang baru bergerak. Banyak banget Bus-Bus sejenis yang baru nyampe juga, gue ama senior gue brasa lagi di Jatinangor jaman-jaman ospek hahaha soalnya rame banget suasananya. Kita akhirnya nemu Mesjid Agung Rantepao (FYI Agak susah nyari masjid di Tana Toraja), nih masjid deket kok dari Pos Polisi yang ada patung Kerbau, ya udah minta ijin sama penjaga mesjidnya jadi deh semua gembok-gembok dibuka kita bisa bersih-bersih juga. Nah, pas gue udah kelar senior gue udah kenalan sama bapak-bapak n tampak udah cari-cari info, pas sambil ngobrol-ngobrol eh datang rombongan dari Surabaya 3 orang ya udah deh akhirnya kita gabung ama mereka ada Pak Wijaya, Mas Topan dan Mbak Tyas, mereka ceritanya kabur bentar dari dinas luar kotanya makanya PP Makassar-tana Toraja, sama kayak kita. Bahkan Pak Wijaya sempet nganterin senior gue ke tempat rental motor, selagi nunggu Mbak Tyas n Mas Topan mandi. Sewa motor Rp.80.000 dengan jaminan KTP.

Mesjid Agung Rantepao

Jelajah Tana Toraja pun dimulai….
Tujuan pertama kita adalah cari warung muslim, walaupun penduduk Tana Toraja kebanyakan non muslim gak susah kok cari warung makanan muslim, di sepanjang jalan utama Rantepao banyak warung – warung muslim lengkap dengan dengan tulisan bismillah dipampang gede-gede.
Kelar sarapan kita ke Lemo (Komplek Kuburan di Tebing) biaya masuk Rp.10.000,- , agak jalan dikit dari tempat parkir keliatan deh Lemo, kuburan batu, jadi jenazah dan peti-petinya dimasukin ke tebing batugamping yang sebelumnya sudah dilubangin. Ada beberapa lubang yang bisa kita liat kerangkanya, umm disini senior gue istighfar muyu hahahaha!
Gerbang Lemo

Ditebing-tebing batugamping inilah,
 mereka dimakamkan.
Kayaknya sih ini komplek makam yang baru
lokasinya ga jauh dari lokasi pertama.

tiga Tao-Tao hehehehe

Kelar dari Lemo, kita ke Londa (Kuburan di Goa), komplek kuburuan ini hanya untuk keturunan keluarga Tolengke, biaya masuk Rp.10.000,- sewa petromaks Rp.25.000 (satu petromaks cukup untuk satu kelompok kecil), agak serem gimana masuk ke gua yang isinya mayat semua, bahkan beberapa ada yang masi baru lho, petinya masih utuh. Di Londa ini kita sempet liat banteng gede banget yang katanya buat diadu pas festival nanti.

Papan petunjuk menuju Londa

nampang bentar sebelum masuk Goa
bonek dan bobotoh di Toraja hahahaha...

Tujuan kita selanjutnya yaitu Kete Kesu ini nih yang sering diliat ditipi-tipi yaitu komplek rumah adat Tana Toraja, yaitu Tongkonan. Kete Kesu adalah tempat untuk melakukan berbagai upacara adat, baik itu perayaan pernikahan, kematian maupun saat pergantian tutup atap rumah adat. Masing-masing rumah adat di Kete Kesu mewakili beberapa keluarga, makanya hanya keturunan keluarga yang memiliki rumah adat di Kete Kesu inilah yang bisa melangsungkan berbagai perayaan adat disini.

sayang formasinya ga kayak waktu ke Komodo, temen kita keburu resign :'(
di Kete Kesu ada juga yang komplek makam seperti di Londa (didalam gua)

Di Kete Kesu juga ada komplek kuburan juga, ada yang di dalam goa, ada yang dimasukin kedalam batang kayu gwede banget, ga lupa ada Tao-Tao. Kalo diperhatiin baik di Lemo, Londa maupun Kete Kesu ada boneka kayu kecil yang mirip banget sama jenazah yang dimakamkan disitu inilag yang diebut Tao-Tao, ga sembarang orang yang dibikin Tao-Tao dan rangkaian upacaranya juga panjangggggg banget. Begitupula para jenazah yang belum melaksanakan upacara adat ga bisa sembarangan maen asal masuk ke Lemo ato Londa. Semua jenazah yang ada di Lemo, Londa maupun Kete Kesu sudah melalui rangkaian upacara adat. Makanya ga jarang ada beberapa jenazah yang masih ada dirumah dikasi formalin sambil ngumpulin uang untuk upacara adat.

Di Kete Kesu banyak tengkorak berserakan i mean bener bener banyaaak banget, sempet juga foto tapi sebelumnya komat kamit dulu, hahahaha. Oh iya waktu kita ke Kete Kesu kebetulan lagi ada persiapan upacara adat, bisa diliat dari para pemuda lagi sibuk pasang kain, kain yang di pasang juga menunjukkan upacara yang sedang dilaksanakan lho guys. Klo warna merah artinya ada kematian, kalau kuning pernikahan. Kelar dari Kete Kesu kita sempetin mampir ke Bantupune, yang ini sih komplek pemakaman kuno banget dan konon katanya hanya bangsawan saja.

Lanjut deh ke baby grave di Sangala, jauuuhhhhhhhhhhhhh bangettt tempatnya mana jalannya rusak, tapi udah niat ya pasti dijabanin hahaha. Nah, baby grave ini pemakaman khusus bayi yang belum tumbuh giginya, karena bayi tersebut dianggap masi suci jadi kalo dimakamkan di pohon orang Toraja menganggap bayi-bayi tersebut dikembalikan ke rahim ibunya. Makam ini sama kayak Lemo cuman kalo ini medianya pohon guede yang dilubangin dan disitulah diletakkan jenazah bayinya, trus ditutup pake ijuk pohon yang dilubangin tadi.

di pohon inilah bayi-bayi dimakamkan

Kelar dari Baby Grave, kita balik ke kota eh ujan gede banget, jadinya kita berteduh segala. Untuuung ujannya pas kita udah datengin semua objek, wkwkwkwk. Pas ujan agak reda kita lanjutin perjalanan trus beli-beli tiket balik buat ntar malem. Grup Surabaya ini nawarin naek bus Bintang Timur harganya juga lebih murah cuman Rp.100.000,-  tapi yang sisa cuman bangku belakang dan kata senior gue itu diatas ban dan bakalan ga enak, jadinya cuman grup Surabaya yang beli tiket. Gue ama senior akhirnya beli tiket bus Liman, dasarnya senior gue penasaran ama Bus Liman jurusan Tator hahahaha. Bus Liman ini harganya Rp.110.000 yaa beda tipis lah ama si Bintang Timur wkwkwkwk. Kelar-kelar beli tiket kita makan ayam penyet di sebrang pool Bus Liman yang sampingnya ada Bank Mandiri, kita makan skalian kopi-kopi file foto ama nebeng ngecas segala gadget disini hehehe. Tadinya abis makan kita mau ke Baby Grave yang satu lagi, Baby Grave Kambira  tapi kayaknya udah kesorean deh jadinya kita belanja-belanja oleh-oleh di pasar deket pos polisi, murah-murah deh.

beli ini dan itu buat emak dirumah

Berhubung masi banyak waktu, kita mo muter-muterin Rantepao bentar sebelum ngebalikin motor. Ada salib gede banget yang mo kita datengin tapi ga ada jalannya, ada sih tapi kayaknya ditutup, trus kita iseng aja jalan sambil ngikutin petunjuk “ Kolam Alam Balimong” penasaran. Ni kolam yang bikin penasaran ampe ubun-ubun ini jauuuuhhhhhhhhhhhhh banget, masuk-masuk dalem kampung dan jalanan yang berbatu, sempet ngeri ngeri sedap hahahaha (ngeri kalo misalnya gue cuman berdua ama Onta nekat ke tempat beginian). Alhamdulillah yah pas nyampe ke “Kolam Alam Balimong” ini, udah mah jalan kesininya perjuangan, jauh naujubilaaaah eeeh si Kolam mah ternyata kolam biasa aja, banyak lumutnya. Si temen dari Surabaya sempet masuk bentar buat ngeliat, kata dia enggak banget tempatnya. Pas giliran gue mau cek, eh dilarang sama yang punya katanya klo harus beli tiket pas gue ngeles “cuman mo liat bentar bu” dy bales “ gak ada itu, pokoknya kalo masuk harus bayar” yha wes… gue juga males hahahahaha. Batal deh niat kita buat mandi-mandi di kolam, mengingat kolamnya enggak banget! Jadinya gue foto-foto aja di singkapan batu yang okeh banget…

Ga pake lama, kita langsung balik kanan nempuh perjalanan yang berasa gue lagi maping pas kuliah dulu. Grup Surabaya ini ngajakin kita belanja di Aryanion, kata mas Topan dia sempet sekilas liat disitu kaosnya lucu-lucu dan bener dong kaosnya bagus-bagus, harganya juga harga standart distro kayak di Bandung. Iseng-iseng nanya ternyata emang mreka order kaosnya dari Bandung, hahahaha emang kualitas Bandung ga usah ditanya lagi. Design kaos mreka lucu-lucu lho, anak muda banget setipe lah kaya dagadu ato jogger, pelayanannya juga bagus.
beli kaos disini aje bang,,,

Abis dari Aryanion kita balikin motor, tempatnya ga jauh masi di sekitaran Jln. Mangadil (banyak bule) yang ada lapangan bolanya dan kejebak ujan gede bangeeeeet, jadinya kita neduh sambil nebeng ngecas-ngecas, hahahaha diamanapun ada colokan pokoknya colok aje ;p . berhubung ujannya kagak kelar-kelar kita akhirnya mutusin buat naek bentor ke basecamp alias Mesjid Agung Rantepao hahahaha. Kita nebeng mandi dan ngecas disini, skalian nunggu magrib sambil istirahat ama packing ulang daypack. Petugas disini ramah-ramah deh, mendadak seneng brasa punya sodara hehehe, kita ampe Isya disini.

disini kita sewa motor, ga jauh dari jalan utama
tempat bus-bus dari Makassar pada berhenti

Berhubung dingin, gerimis akhirnya kita mutusin makan malam di rumah makan muslim seberang Kantor Pos, soalnya menunya ada yang berkuah-kuah hahahahaha….Overall hasil ngicip sana sini, mie ayam, mie godhog dll semuanya enak, kebetulan yang punya orang Solo yha wes cocok ama lidah lidah jawa kita.

petualangan baru ketemu temen baru :)

Kita akhirnya misah disini, mereka ke pool Bintang Timur gue ama senior gue ke pool Liman. Dijam-jam segini banyaaaaak banget bus-bus gede pada nangkring, brasa di terminal suasananya kanan kiri semuanya bus hehehe, pokoknya suasananya hectic. Ga kebayang deh kalo pas musim festival, ramenya kayak apa. Usut punya usut ternyata si senior gw tuh daritadi diteleponin mulu ama pihak Bus Liman (emang sih kita disuruh kumpul jam 20.00, tapi kita ngaret 20.20 baru disana,,, lha wong jadwal Busnya juga jam 21.00 wita hehehe), kelar urusan check in dan mastiin kita minta diturunin di Maros, busnya langsungs cusssss.

Bus Liman yang wifinya ngebuuutttt

FYI, busnya juga ga kalah ama Bintang Prima apa emang standart bus tana Toraja kek gini semua yah? Wahahaha. Wifi nya juga kenceng banget, bos gue nonton yutup kagak putus putus. Tapi bus ini sepi plus banyak adegan berhentinya, kalo Bintang Prima mah berhenti pas buat pipis-pipis aje.

Kelar juga perjalanan nonstop di Tana Toraja… see you soon Tana Toraja.

P.S
  • Banyak hostel-hostel untuk backpacker di Rantepao, harga berkisar Rp.200.000 an
  • Banyak rumah makan muslim, jadi yang muslim ga usah khawatir plus parno kesini kagak ada makanan halal.
  • Jalan menuju ke destinasi favorit gampang kok, sudah banyak petunjuk-petunjuk arah menuju lokasi yang kita inginkan.
  • Pakailah alas sepatu yang enak buat jalan + rada becek-becekan, beberapa lokasi mengharuskan kita jalan sedikit dan ga jarang tanahnya lembek, blom lagi adegan naek tangga, gw liat ada cewek setengah mati naekin tangga di Kete Kesu soalnya pake high heel #menurutnganaaaa....

1. Nitip tasnya disebelah mananya bandara hasanudin ya mba? Bisa titip koper yg gede jg ga ya? Itu itunganya 24 jam ato 12 jam? Pengen transit ke makasar tp males bw tas2 byk

2. Hi! Makasih udah mampir....
    Penitipan tas ada di deket pengambilan bagasi, deket tangga pas bgt sebelahan ama musholla.... ada kok pentunjuknya. Hitungannya perhari, koper segede2 alaihim gambreng bisa juga kok dititipin :)

1. Huaaa makasih infonyaa...skrg ga ragu deh maen ke makasar secara cm transit doang. Paling bw baju ganti 1 biji... oo yaa itu bus damri nya ada terus ya? Nunggu2 gtu ya? lama ga yah ? Klo naek taxi ke kota kynya mahal ya..

3. iya bener... bawa baju sebijik aja... nabeng mandi di mesjid ataw di bandara pas balik hahahaha. damri startnya jam 9.00 wita ga tau deh jam terakhir adanya jam berapa. Nah! ga tau tuh,, soalnya waktu itu tinggal naek n ga lama langsung berangkat hehehe...taksi kata temen pernah naek yang judulnya "Bosowa", itu taksi paling okeh di Makasssar, dy kena Rp.100.000an. Kalo ramean mah lucu harga segitu tapi klo sendirian lumayan yaaaah....

4. Mbaakk ada CP sewa motor di toraja nggak?
    Boleh dong minta CP nya........ :D
    Makasiihh...

1. Halo... Waktu ituuu kita on the spot, ga pegang nomer kontaknya.. Lgsg aja ke tempatnya deket lapangan yg di jalan Mangadil itu kok :) enjoy Toraja!!! ^^v