Maros and all those limestone (explore South Celebes on 3 days!)

Day 3 
Kita nyampe di Maros pagi buta sekitar jam 04.00 wita, sambil ngumpulin nyawa kita langsung cari masjid (teteupp). Nemu deh masjid gede banget, bagus pula yha wes langsung bersih-bersih n nyolok ini itu, lanjut sholat subuh berjamaah, abis sholat gue sempet ngobrol sama ibu-ibu nanyain angkot ke Bantimurung dan beliuu dengan senang hati dan ramahnya ngasi tau :D. Btw, di Maros populasi muslimnya lebih banyak dibanding Tana Toraja, bisa diliat dari banyaknya masjid hehehehe.

Kita start perjalanan hari ini jam 6.00 biar agak terang, ngangkot ke Bantimurung Rp.3000,- si mang angkotnya nganter kita ampe masuk di Bantimurung setelah ibu-ibu nyuruh gitu “antar mreka ji!” (kata si Ibu, ada beberapa angkot yang cuman ampe gerbang Bantimurung doang. dan ada yang ampe dalem). Diperjalanan menuju Bantimurung gue liat plang gede banget “Situs Prasejarah Leang-Leang”, sip deh jadi udah tau dimana Leang-Leang gampang tinggal naek angkot yang sama pas dari Bantimurung. Kita nyampe di Bantimurung jam 07.00 wita dan tampak cuman kita pengunjungnya, tapi untungnya ni taman Nasional udah buka, kali mereka antisipasi traveler yang langsung dari Tana Toraja kayak kita (yakali) HTMnya Rp.15.000,-. 



kayaknya kita deh pengunjung pertama di hari itu

Kita kelilingin deh si Taman Nasional Bantimurung ini, dari aer terjunnya sampe ke Goa Batu yang jauuuhhh banget itu pas didatengin Goanya biasa aja,,, hahahaha, yang iyanya kita kesana pagi banget belom ada penjaganya, nih Goa gelap banget, senior gue ogah-ogah banget masuk lebih dalem jadinya cuman foto-foto ala kadarnya. Kelar dari Goa Batu mau ke Goa Mimpi tapi kata yang nyapu-nyapu disitu ga beda jauh ama Goa Batu dan jauh juga…. Berhubung udah males kita skip deh goa mimpi dan goa cermin. Kita sempet juga ke penangkaran kupu-kupu tapi tampak ga berpenghuni, hmmmm.

ada kolam renangnya dan masih sepi hehehe

kolam enteng jodoh ;p

perjalanan menuju Goa Batu

Danau Kassi Kebo yang katanya banyak makan korban hiyy...




Kelar dari Bantimurung kita lanjut ke Leang-Leang, untung ada angkot yang lagi mangkal deket pintu masuk jadi kita ga perlu repot-repot ke gerbang depan, uhuy!. Kita minta diturunin disimpang Leang-Leang, hasil dari nanya-nanya orang Leang-Leang itu jauuuuhhhhh banget jadi kudu naek ojeg, bedain mang2 ojeg sama warga biasa cukup diliat dari helmnya yang warna ijo wkwkkw, tariff ojeg Rp.5000,- (tapi berhubung jauh banget, gue ama senior gue ga tega,,, kita kasi Rp.10.000,-). Nah, menurut blog yang gue baca agak susah ojek dari Leang-Leang ini menuju simpang jalan utama (tempat jalur angkot) jadi senior gue inisiatif minta nomer hape si tukang ojeg dan bilang ntar nelepon minta jemput, hahaha good idea boss.


Taman Prasejarah Leang-Leang


Masuk ke Leang-Leang kita disuruh isi buku tamu dan biaya masuk sukarela, kita malah sempet nitip tas-tas, males berat-berat bawa keliling2. Di Leang-Leang kita ditunjukkin lukisan manusia purba di dalam goa. Ada dua goa yang terdapat lukisan manusia purba yaitu Leang Petakerre dan Leang Pettae. Leang Petakerre adalah tempat pertama ditemukannya lukisan manusia purba di taman prasejarah ini, agak susah kalo mau mendekat kes lukisan kudu manjat-manjat segala 9ga bisa bayangin bawa mama kesini hahaha) gambar yang ada di Leang Pettakere berupa dua babi hutan dan beberapa cap tangan, cap tangan ada yang jarinya 4 dan jarinya 5 yang berjari 4 artinya kedukaan dan berjari 5 kebahagiaan. Setelah Leang Pettakere kita ke Leang Pettae, nah kalo disini kagak pake acara manjat-manjat, gambarnya lebih sederhana dan lebih kecil masih berupa babi dan beberapa cap tangan malah ada cap tangan anak kecilnya (uwuwuwuwu).kita ditunjukkin museum benda –benda purbakala yang ditemukan di sekitaran Taman Prasejarah Leang-Leang, kelar dari sini udahan deh tur singkat kita ga lupa kasi tip buat pemandu. Kita sempetin buat foto-foto di batu karst yang ada di taman ini hehehehe….. bagus-bagus bentuknya.

Penjelasan Leang Pettakere

Lukisan Manusia Purba, 2 babi hutan dan beberapa cap tangan




 
jalan pintas menuju Leang Pettae dari Leang Pettakere

Leang Pettae

cap tangan di Leang Pettae

Kelar keliling-keliling kita nelefon si mang ojek minta jemput, hahahahaha. Sempet ngobrol sama penjaga sini, katanya jarang banget wisatawan lokal yang dateng kesini paling banyak malah bule di musim liburan juni-juli, selebihnya anak-anak sekolah yang lagi studi tur.
BTW kalo diperhatiin kanan kiri sepanjang jalan menuju Leang-Leang ini,kita bakal disuguhin sama singkapan batugamping brasa kayak di Vietnam atawa Raja Ampat tapi ini di darat, keren-keren deh, yaaaah klo inget-inget jaman kuliah dulunya si Maros ini adalah laut hohohoho.

bukit karts di Maros

Nyampe di jalan utama kita lanjut lagi naek angkot yang ke arah Maros, hasil nanya sama mbak-mabak sebelah yang ternyata lulusan Unpad juga (hwe!) ongkos tetep Rp.3000,- dan ntar bakal turun di depan Bandara, kata dia juga kadang si mang-manga angkot juga seenak udel ga nyampe bandara tapi klo tau ada penumpang yang menuju bandara dia bakal dengan senang hati lanjutin. Jalanan poros ini cukup macet lho soalnya ini jalur kendaraan gede seperti Bus dan truk yang menuju dan dari Makasar namanya juga jalan poros, semacam lintas Sumatra lah. Tarif angkot Rp.3000,- turun pas depannya Bandara Hasanuddin, kita nyampe jam 12.00 wita pas panas-panasnya banget! niatan jalan kaki dan foto di patung Hassanudin juga mendadak batal hahahaha (maklum kita-kita biasanya cuman transit doang, kagak pernah keluar bandara).


Halte Damri di pintu masuk Bandara Hassanudin

Bus damri dari gerbang menuju bandara gratis dan ada jam-jamnya keberangkatannya, banyak juga tukang ojeg yang nawarin jasa disini, jadi kalo ente-ente pada buru-buru bisa pake ojeg ataw taksi menuju ke dalem bandara.

Jadwal keberangkatan Shuttle Bus Bandara Hassanudin dari pintu masuk.

Di Bandara, kita langsung ambil tas yang dititipin, alhamdulillah laptop gue aman malah gue liat di rak-raknya banyak juga yang nitip tas laptop, puasss ama ni bandara. Kelar repacking, brasa mo jualan dipasar kaget kita bongkar-bongkar tas deket mushola bawah hahaha, kita langsung check in dan ketemu sama Pak Wijaya temen yang ketemu di TaTor hehehehe, ternyata Pak Wijaya balik hari ini juga. 


"shower room" Bandara Hassanudin

Berhubung jadwal gue ama senior gue beda, gue masi sempet mandi-mandi di Shower Roomnya Bandara Hassanudin yang ada di lantai 2 deket musholla, tinggal bilang aja sama petugasnya ntar dibukain deh pintunya, interiornya bagus lho… mayan deh gue mandi-mandi hahahaha secara udah seharian belom mandi kyaaaaa…..


Time to go home now... bye Makassar, wadda exhausted nonstop trip!

Comments

Post a Comment

Popular Posts