Tidak melupakan sekolah #PeopleAroundUs




Matahari masih malu-malu menampakkan sinarnya tetapi di dermaga pulau kecil ini sudah banyak orang berlalu lalang, menunggu kapal yang akan mengangkut mereka berangkat, termasuk saya. Hari ini jadwal off saya, saatnya ke kota, saatnya kembali ke peradaban setelah 6 minggu lamanya di remote area. Sambil menunggu keberangkatan kapal, saya menyempatkan diri berkeliling di sekitar dermaga menikmati udara pagi yang bebas polusi. Banyak rombongan anak-anak yang membawa joran dan tak lama mereka memilih lokasi yang dianggap strategis dan mulai memancing, melihat adegan mancing ini cukup seru, karena tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk menarik jorannya...banyak ikan menggelepar saya lihat dan mereka dengan telaten memasukkan ke ember penampungan. Saya sempat iseng melongok kedalam air, dan WOW air laut yang jernih ini memungkinkan kita melihat ikan-ikan berenang dengan santainya.

Tidak lama rombongan bocah-bocah tersebut berbenah menggulung kailnya, membereskan peralatan mancingnya, tak lupa ikan yang mereka dapat pagi ini dan bergegas meninggalkan dermaga, saya tampak bingung dan bertanya pada bapak-bapak di dekat saya "Mereka mau pindah lokasi macing dimana pak??" dan beliau menjawab "Tidak, mereka so mu sekolah,makanya pulang. Biasa memang anak-anak ini sebelum sekolah pigi mancing" . Spontan saya tersenyum senang mendengar penjelasan bapak tersebut, Alhamdulillaaaah di pulau terpencil tanpa listrik dan air bersih ini mereka masih menyadari pentingnya sekolah. 

Tanda kapal akan segera berangkat sudah berbunyi, saya bergegas naik ke kapal kayu yang akan mengangkut saya dan penumpang lain ke Pulau Bau-Bau dan saya meninggalkan dermaga yang sudah sepi hanya tinggal beberapa bapak-bapak yang masih memancing. Tuhan, berikanlah semangat yang luar biasa untuk para penerus bangsa ini, mudahkalah jalan mereka agar mereka lancar dalam menimba ilmu....



P.S
People Around Us day 6, can't believe i can make it... hahaha. Pulau yang gue ceritain ini adalah Pulau Talaga Kecil salah satu pulau terpencil di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, btw pantainya bagus lohhh.... hohohohoho.

Comments

Popular Posts