Dadakan Ke Waerebo (LENGKAP itin + budgeting)

  



Seperti biasa gue ama travelmate abadi gue, Onta, suka ngayal dan dadakan mutusin sesuatu, padahal belom tentu cuti diapprove ahahahahha tapi kita udah muak banget ama kota kita pengen berpetualang, popotoan yang banyak ...cailah.
S
etelah drama sana sini (kapan sik kita ga dramaaaah) akhirnya kita putusin ke Waerebo EMPAT HARI SEBELUM JADWAL KEBERANGKATAN, daebak! Emang klo dadakan suka miracle hahahahahaha. Btw tadinya ada beberapa kandidat, Togean, Tanjung Puting, Gili Trawangn (lagi) or Bali (pffft) tapi satu dan lain hal kita kahirnya putusin ke Waerebo + Sailing Komodo (klo bisa)

BUNGKUS!
Rabu malem, 25 Januari 2017 kita cuss dari Jakarta ke Bali, nyampe di Bali jam 24.00 WITA dijemput sama temen tercinta dan kita bobo bobo cantik dikosannya selama beberapa jam, soalnya kebanyakan gosipin orang (maklum yah cewe) ngahahahahaa. Pagi paginya jam 6 kita cuss menuju bandar soalnya kita naek pesawat jam 8.00 pagi. Bye Bali

Sekitar jam 9.30 kita sampe Labuan Bajo, sempet tetot mo pipis soalnya aernya di flush nya ga ada (mewek) akhirnya kita tampung di kotak sampah gitu aer dari wastafel hahhahaa gue brasa emak emak lagi nimba sumur.



jam 10 kita udah cuss dan Pak Steven  udah nangkring di Bandara Komodo, IKLAN! aada mas mas ngajak gue ngobrol pake bahasa inggris ya gue ladenin trus ujung2nya dia ternyata dia orang indonesia conggg.. dan dia nyangka gue bule dari india HAHAHAHAH masnya adalah orang kesekian yang ngomong gitu. 

Dari Bandara gue ama Onta langung menuju Desa Denge (desa terakhir sebelum Waerebo), kita sempetin juga beli tjamilan plus bekel makan siang di Labuan Bajo (kita beli di RM Padang, sebelahnya mesjid depan Pelabuhan, SUMPAHNYA sambelnya maknyoss). Btw sepanjang perjalanan Labuan Bajo menuju Desa Denge jaraaaaang banget ada watung makanan, dan dari beberapa blog lain yang gue baca rata rata mreka pada nyaranin beli semua kebutuhan di Labuan Bajo. Jarak tempuh Labuan Bajo ke Denge sekitr 6-7 jam, panas noh bokong, tapi jalanannya muluss mulai jelek  pas udah keluar dari jalur linta utama flores (maap lupa nama simpangnya hahay) dan alhamdulillah sepanjang perjalanan tuh hujaaaaaan, ketar ketir kagak bisa naek langsung ke Desa Waerebo.

ready to hikingg woohooo


Kita nyampe Desa Denge jam 14.30 ketemuan sama pak blasius, haha hihi, trus siap siap mo naek (soalnya disana udah reda) tapiiiiiiiii pas kita lagi ambil2 barang BYURRRR ujan gede bangeeet T.T sedih, Pak Blasius langsung nyuruh kita masuk lagi dan kasi opsi mending kita pagi pagi aja naeknya, skenario berubah, deal2an mobil lagi + driver (untungnya Pak Steven baek banget masi kasi kitta harga yang MEMUASKAN). So kita bermalam di GuestHouse Pak Blasius, ketemu bule Jerman yang tadinya ga niat naek dan setelah ngobrol ngalor ngidul doi jadi mau ikutan juga nake ke Wae Rebo walopun kagak nginep, YESSSSSS!

jalan teros jangan kasi kendor


pagi pagi jam 7 kita udah siap banget noh bertiga naek ke Desa Waerebo, dianter ojek ampe Pos 1 dari pos satu kita start deh jalan kaki, hah heh hoh ngos ngosan naek turun, gw brasa lagi mapping, sempet foto fotoan di Pos 2, dan dari pos dua tracknya udah lumayan enak,,, banyak bonusnya (dataaaarrr)  daaaaaaaaaaaaan kita butuh waktu 1.5 jam buat nyampe ke Desa Waerebo. 
ada mata air gitu dan kita minum aernya, kek aer kulkas wooy


di Pos Dua,,istirahat sambil foto2

momen momen haru pas liat Desa Waerebo dari kejauhan (pos kentongan)


Sebelum masuk Desa Waerebo kita kudu bunyiin kentongan sebagain pertanda warga desa kalo ada tamu dateng, bunyiinnya sebanyak 3 kali, gue ama Onta pokoknya amaze sendiri pas liat desanya dari jauh, cooyy nyampe cooyyyy hahahahahhaah ilang sudah pegel pegel plus engap sepanjang perjalanan.

 Nah dari situ kita blom boleh foto foto, kita kudu mampir di rumah tetua Desa Waerebo (rumah yang paling gede) diterima secara adat, jangan lupa kasi uang seikhlasnya. Kita disambut sama bapak Rafael sebagai tetua adat, umurnya udah 79 tahun tapi masi sehat banget, kelar rangkaiaan adat kita cuss ke rumah yang dikhususkan buat tempat nginep para tamu.


sama Bapak dan Ibu Rafael yang udah nyambut kita
Disini kita isi buku tamu trus ngobrol bentar sama aktivis sana, yang bahasa inggrisnya cas cis cus banget, beliau dipanggil “pak guru” sama anak anak kicil disono. Kelar taro taro barang dan pastinya semua diassist sama porter TERBAEQ kita (namanya “Longinus” dia bawain barang, sabar nungguin Onta jawab pertanyaan ga penting si Onta, ngintilin kemanapun kita pergi, termasuk nyiapin tempat buat bobo hohohoho KUZUKA) kita langsung JARAMBAH ke berbagai sudut desa ini, bagian epicnya adalah cuman kiita berdua doang tamunya UWAAWWWW (si bule mah hilang entah kemana) tapi gitu gue ama Onta dateng kesana pas musim ujan jadi adegan adegan diatas sempet kepotong ama ujan segala, tapi teteup seru, kita dapet beberapa kali shoot ala ala disini, blom lagi anak anak waerebo kocak kocak.





Percaya ga, kalo di usia sekolah (umur 7 tahun) anak anak Waerebu turun gunung dan hidup mandiri jauh dari orang tua UNTUK NIMBA ILMU? Wew, jadi mreka dititipin gitu ama sodara sodara meraka yang tinggal di desa terdekat. Gue terharu mreka segitu concernnya sama Pendidikan : (

awalnya jual mahal lama lama nemplok



Menuju magrib tetiba banyak traveler dateng, hujan hujanan, WEW kesian , mana udah gelap pula, jadi kelar upacara adat mereka langsung ke guesthouse, bebersih, trus mamam kagak poto2an (untung gue ama onta naeknya pagi yesss jadi ada waktu panjaaaaang banget buat explore waerebo , baca : FOTO2an) yihaw… so saran gue naeklah ke waerebo di pagi hari!.
Pas makan malem wuuuuu rame banget trus pada kalap hahahaha dingin si yaah jadi apa aja doyan hagshasghags,, tapi bukan Onta klo dia ga bawa popmie KEMANAPUN, jadi kita cepetin makan malemnya trus kita diajak Longinus ke dapur byuat nyeduh popmie + bikin kopi sachet torabika,beuhh anak kosan beud.


Paginyaaaa….. dan pastinya gagal dapet milky way, soalnya mendung, kita nikmatin pagi di Wae Rebo, ke sudut-sudut yang belom dijamah kemaren sore, ngobrol2 sama traveler lain (trus mreka amaze gue ama onta persiapan cuman 4 hari sebelum cuss dan tanpa travel agent- HA HA HA bangga). Kelar sarapan dan ga mandi (soalnya tadi malem udah mandi wew) kita jalan turun ke Denge, pamit pamit sama yang lain, mreka masi riweuh foto2an soalnya.
pagi pagi di Waerebo (sama Longinus)


Setengah perjalanan turun, anginnya rada kenceng dan dingin juga hahaha blom ada beberapa spot yang longsor dan kudu ekstra hati hati soalnya jalannya litjin,ketemu sama beberapa warga yang abis “belanja” di Denge, ada yang abwa ayam idup, beras, segala macem, DIPANGGUL, kebayang gaaaaaak. Trus yah mereka selalu menyempatkan buat nyapa kita, nanya plus ngobrol, ramah ramah banget guys. Nyampe dibawah kita langsung tuntasin bayar-bayaran sama Longinus, dikasi lebih juga soalnya dia beneran ngelayanin kita, gue kmaren sempet liat yang porternya rada ga peduli sama tamunya, bahkan si tamu ini akirnya kita bantu mintain selimut pas mo bobo, kalo Longinus mah sigappp, blom ngintilin kita mulu, baeklah pokona.


we will back kids.... someday


Nyampe Denge kita sempet nebeng mandi dan dikasi makan siang sama Pak Blasius yang lagi ada hajatan hahaha (adeknya lamaran), disana mah menunya mie goreng,, jarang ada mie rebus, hahahaha

Dan kita dadah dadah sama pak Blasius…. We will backkk!

Rincian budget :
Nginep di Pak Blasius
Rp. 200.000/org
Porter ke Waerebo
Rp. 200.000 (PP)
Ojek ke Pos 1
Rp. 25.000
Nginep di Waerebo
Rp. 325.000/org
Sewa mobil 2 hari 1 malem  (all in) + tour Labuan bajo .
Rp. 3.000.000,-



P.S
1. Tidak diperkenankan naek ke Desa Waerebo lebih dari jam 6, paling telat L kudu nyampe sono jam setengah 6 sore, so sooner better jangan terlalu siang naiknya. Trus yaah ga bonyeh foto2an sebelum diterima secara adat oleh tetua adat di rumah utama.
2. So far penginapan di wae rebo nyaman yah, dikasi selimut soalnya DINGIN abes disono, aer banyak, trus ada toilet duduk n jongkok, listrik tersedia dari jam 6 sampe jam 10 ajah, jadi pastiin bawa power bank gede aja buat jaga jaga ahahahaha.
3. Selagi lo mampu, pakailah jasa porter,, lumayan kan bantu perekonomian setempat, lagian mreka ga komersil kok, semuanya udah jelas ada harganya, harga PAS.
4. jangan lupa bawa buku bacaaan untuk anak anak di Desa waerebo, sama camilan plus permen. Anak anak disana jarang banget makan camilan mecin or manis manis ala anak kota, jadi bawain aja buat mreka dibagiin, or kasi via Pak Guru biar ga rusuh.
5. Contact pak Blasius (081339350775) 

anw you can find my trip video at here jangan lupa komen, subscribe ama di like *eaak ngelunjak























































Comments

  1. POKER899 adalah salah satu situs poker online terbaik dan terpercaya. salah satu kunci kesuksesan poker899 adalah pelayanan yang sangat baik kepada para membernya mulai dari keramahan dan kecepatan dalam proses menjadi salah satu pelaynaan spesial yang diberikan poker899. dan kami memberikan pelayanan bonus yang sangat menarik,buruan bergabung bersama POKER899 dan dapatkan bonusnya sekarang juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts